Iklan

Iklan

Pertanyaan

Tuliskan sejarah singkat dalam pembentukan Sumpah Pemuda!

Tuliskan sejarah singkat dalam pembentukan Sumpah Pemuda!

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Sumpah Pemuda merupakan hasil dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928 di Jakarta dan diikuti oleh berbagai organisasi pemuda dan tokoh-tokoh pemuda Indonesia pada saat itu.

Sumpah Pemuda merupakan hasil dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928 di Jakarta dan diikuti oleh berbagai organisasi pemuda dan tokoh-tokoh pemuda Indonesia pada saat itu.

Iklan

Pembahasan

Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober merupakan hasil dari Kongres Pemuda II. Kongres ini diselenggarakan di Batavia (Jakarta) pada 28 Oktober 1928 dan dimotori oleh para tokoh pemuda dan pemudi Indonesia. Kongres Pemuda II diadakan selama dua hari pada Sabtu dan Minggu tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di Batavia atau yang kini dikenal sebagai Jakarta. Kongres Pemuda II hari pertama menempati Gedung Katholikee Jongelingen Bond atau Gedung Pemuda Katolik, sedangkan kongres di hari kedua diadakan di Gedung Oost Java (sekarang di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat). Tujuan digelarnya Kongres Pemuda II antara lain. Melahirkan cita cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia. Membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia. Memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia. Setelah melalui rangkaian kongres selama 2 hari, maka pada hari Minggu tanggal 28 Oktober 1928, para peserta Kongres Pemuda II bersepakat merumuskan tiga janji yang kemudian disebut sebagai Sumpah Pemuda. Dengan demikian, Sumpah Pemuda merupakan hasil dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928 di Jakarta dan diikuti oleh berbagai organisasi pemuda dan tokoh-tokoh pemuda Indonesia pada saat itu.

Sumpah Pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober merupakan hasil dari Kongres Pemuda II. Kongres ini diselenggarakan di Batavia (Jakarta) pada 28 Oktober 1928 dan dimotori oleh para tokoh pemuda dan pemudi Indonesia. Kongres Pemuda II diadakan selama dua hari pada Sabtu dan Minggu tanggal 27 dan 28 Oktober 1928 di Batavia atau yang kini dikenal sebagai Jakarta. Kongres Pemuda II hari pertama menempati Gedung Katholikee Jongelingen Bond atau Gedung Pemuda Katolik, sedangkan kongres di hari kedua diadakan di Gedung Oost Java (sekarang di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat). Tujuan digelarnya Kongres Pemuda II antara lain.

  1. Melahirkan cita cita semua perkumpulan pemuda pemuda Indonesia.
  2. Membicarakan beberapa masalah pergerakan pemuda Indonesia.
  3. Memperkuat kesadaran kebangsaan dan memperteguh persatuan Indonesia.

Setelah melalui rangkaian kongres selama 2 hari, maka pada hari Minggu tanggal 28 Oktober 1928, para peserta Kongres Pemuda II bersepakat merumuskan tiga janji yang kemudian disebut sebagai Sumpah Pemuda.

Dengan demikian, Sumpah Pemuda merupakan hasil dari Kongres Pemuda II yang dilaksanakan pada 27-28 Oktober 1928 di Jakarta dan diikuti oleh berbagai organisasi pemuda dan tokoh-tokoh pemuda Indonesia pada saat itu.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

2rb+

Gisela Anastasya

Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jelaskan sejarah perumusan Sumpah Pemuda!

7rb+

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia