Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di mana bapak Sukarno lahir?

Di mana bapak Sukarno lahir?

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Ir. Sukarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur. Awalnya, ia lahir dengan nama Kusno Sosrodiharjo. Namun, karena ia sering sakit-sakitan kemudian namanya diganti menjadi Sukarno. Sukarno yang lebih akrab sapa Bung Karno ini memiliki peran yang banyak, terlebih dalam bidang politik sejak masa pergerakan nasional hingga Orde Lama. Sukarno pernah menempuh sekolah ELS ( Europeesche Lagere School ), kemudian dilanjutkan di HBS ( Hogere Burger School ) di Surabaya. Pada masa mudanya ia aktif dalam organisasi pemuda Tri Koro Darmo yang kemudian berganti nama menjadi Jong Java . Selain itu, Sukarno juga ikut aktif menulis di harian Oetoesan Hindia (Utusan Hindia) yang dipimpin oleh H.O.S. Cokroaminoto. Sukarno muda merupakan pencetus ajaran Marhaenisme. Oleh karena itu, ia kemudian membentuk Partai Nasional Indonesia (PNI) pada tanggal 4 Juli 1927. Tujuan dari ajaran Marhaenisme dan pembentukan PNI adalah untuk menentang penjajahan Belanda dan memerdekakan Indonesia. Perjuangannya dalam memerdekakan Indonesia juga dilakukan pada masa pendudukan Jepang. Berbeda dari masa sebelumnya, pada masa pendudukan Jepang, perjuangan kemerdekaan dilakukan secara kooperatif melalui keikutsertaan dalam organisasi-organisasi buatan Jepang seperti BPUPKI. Peran Sukarno cukup besar dalam organisasi BPUPKI dengan mencetuskan gagasannya, yaitu Pancasila. Sukarno juga menyusun naskah proklamasi bersama dengan Moh. Hatta dan Ahmad Soebardjo di kediaman Laksamana Tadashi Maeda. Sukarno dan Hatta juga menandatangani teks proklamasi, kemudian membacakannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Setelah Indonesia merdeka, sidang PPKI dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 1945 yang secara aklamasi memilih Sukarno sebagai Presiden pertama.Sukarno wafat pada tanggal 21 Juni 1970. Beliau dikukuhkan sebagai Pahlawan Proklamator berdasarkan Keputusan Presiden No. 081/TK/1986 tanggal 23 Oktober 1986. Di tahun 2012 Sukarno juga dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden No. 83/2012. Berdasarkan penjelasan di atas, maka Sukarno lahir di Surabaya, Jawa Timur.

Ir. Sukarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur. Awalnya, ia lahir dengan nama Kusno Sosrodiharjo. Namun, karena ia sering sakit-sakitan kemudian namanya diganti menjadi Sukarno. Sukarno yang lebih akrab sapa Bung Karno ini memiliki peran yang banyak, terlebih dalam bidang politik sejak masa pergerakan nasional hingga Orde Lama.

Sukarno pernah menempuh sekolah ELS (Europeesche Lagere School), kemudian dilanjutkan di HBS (Hogere Burger School) di Surabaya. Pada masa mudanya ia aktif dalam organisasi pemuda Tri Koro Darmo yang kemudian berganti nama menjadi Jong Java. Selain itu, Sukarno juga ikut aktif menulis di harian Oetoesan Hindia (Utusan Hindia) yang dipimpin oleh H.O.S. Cokroaminoto. Sukarno muda merupakan pencetus ajaran Marhaenisme. Oleh karena itu, ia kemudian membentuk Partai Nasional Indonesia (PNI) pada tanggal 4 Juli 1927. Tujuan dari ajaran Marhaenisme dan pembentukan PNI adalah untuk menentang penjajahan Belanda dan memerdekakan Indonesia.

Perjuangannya dalam memerdekakan Indonesia juga dilakukan pada masa pendudukan Jepang. Berbeda dari masa sebelumnya, pada masa pendudukan Jepang, perjuangan kemerdekaan dilakukan secara kooperatif melalui keikutsertaan dalam organisasi-organisasi buatan Jepang seperti BPUPKI. Peran Sukarno cukup besar dalam organisasi BPUPKI dengan mencetuskan gagasannya, yaitu Pancasila. Sukarno juga menyusun naskah proklamasi bersama dengan Moh. Hatta dan Ahmad Soebardjo di kediaman Laksamana Tadashi Maeda. Sukarno dan Hatta juga menandatangani teks proklamasi, kemudian membacakannya pada tanggal 17 Agustus 1945. Setelah Indonesia merdeka, sidang PPKI dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 1945 yang secara aklamasi memilih Sukarno sebagai Presiden pertama. Sukarno wafat pada tanggal 21 Juni 1970. Beliau dikukuhkan sebagai Pahlawan Proklamator berdasarkan Keputusan Presiden No. 081/TK/1986 tanggal 23 Oktober 1986. Di tahun 2012 Sukarno juga dikukuhkan sebagai Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden No. 83/2012.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka Sukarno lahir di Surabaya, Jawa Timur.

22

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Siapa istri terakhir Presiden Soekarno ...

13

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia