Roboguru

Di daerah yang penduduknya padat memiliki tingkat kemacetan tinggi, sedangkan di daerah yang jarang penduduk fenomena itu sangat jarang dijumpai. Prinsip geografi yang digunakan untuk memahami hal it

Di daerah yang penduduknya padat memiliki tingkat kemacetan tinggi, sedangkan di daerah yang jarang penduduk fenomena itu sangat jarang dijumpai.

Prinsip geografi yang digunakan untuk memahami hal itu adalah ….

  1. prinsip korologi

  2. prinsip persebaran

  3. prinsip interelasi

  4. prinsip keruangan

  5. prinsip deskripsi

Jawaban:

Ada empat prinsip Geografi yang kita harus ketahui. Masing-masing prinsip memiliki perbedaan yang sangat terlihat, berikut pengertiannya masing-masing:

  1. Prinsip Distribusi, adalah prinsip yang menjelaskan persebaran fenomena alam. Contohnya: Hutan hujan tropis tersebar di Indonesia bagian Barat.
  2. Prinsip Deskripsi, adalah prinsip yang hanya menjelaskan suatu fenomena tertentu, dengan berbagai jenis data. Contohnya: Hutan hujan tropis adalah jenis hutan heterogen, yang ditumbuhi oleh tanaman yang memiliki daun yang lebat dan tinggi, Oleh karena itu keadaan tanahnya sangat lembab karena sinar matahari tidak tembus sampai ke permukaan tanah, dan hutan hujan tropis banyak ditemukan di seluruh indonesia bagian barat.
  3. Prinsip Interelasi, adalah prinsip yang menjelaskan hubungan sebab akibat dari fenomena alam yang terjadi, Oleh karena itu mengakibatkan fenomena yang lain. Contohnya Di NTB banyak padang rumput, Oleh karena itu di NTB komoditi masyarakatnya ialah Peternakan.
  4. Prinsip Korologi, adalah prinsip yang menjelaskan gabungan dari ketiga prinsip diatas, dan penjelasan ilustrasinya sangat panjang dan jelas.

Ilustrasi yang tergambar di soal adalah kemacetan yang diakibatkan karena kepadatan penduduk, serta membandingkan dengan wilayah yang penduduknya jarang. Dua hal tersebut adalah hubungan sebab jumlah penduduk yang padat mengakibatkan kemacetan, oleh karena itu jawaban yang tepat adalah prinsip interelasi.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved