Roboguru
SD

Di bawah ini disajikan teks "Bahaya Covid-19 pada Lansia & Generasi Muda" yang susunannya belum urut, tugas kalian adalah menyusun paragraf berikut sehingga menjadi sebuah teks yang balk! (Tulis susunan angkanya saja) Hal itu bisa kita Iihat dari data statistik jumlah korban WHO. Menurut data yang telah dihimpun WHO sebanyak 8 dari 10 orang rneninggal disebabkan virus ini yang berada pada pasien 65 tahun ke atas. Sehingga bisa kita simpulkan jika covid-19 sangat berbahaya khususnya pada usia lanjut 2.   Kasus itu juga telah diberitakan pada koran New York Times dengan isian peringatan WHO terkait bahaya virus corona pada pemuda. Dalam berita itu disebutkan jika covid-19 juga sangat berbahaya untuk anak muda khususnya untuk anak yang diketahui sudah mempunyal riwayat penyakit atau kesehatan yang kurang baik. Contohnya penyakit bawaan lahir hingga obesitas.   Covid-19 merupakan suatu penyakit yang dikarenakan adanya virus corona. Virus itu bisa menyebar secara cepat lewat cairan yang dikeluarkan oleh pengidapnya baik melalui lendir dari hidung ataupun ludah. Penyakit satu ini sangat berbahaya khususnya untuk kalangan lanjut usia.   Walaupun kita tidak masuk ke dalam dua kategori yang rentan pada covid-19, kita tetap harus waspada serta senantiasa mengikuti protokol kesehatan pemerintah guna menghindari serta mengurangi angka penularannya. Apabila kita kuat bukan berarti kita tidak harus takut, namun takutlah Jika kita menularkannya kepada orang-orang yang rentan pada covid-19. Bisa jadi orang tersebut merupakan orang terdekat, termasuk orang tua.   Virus satu ini diketahui bisa menyerang paru-paru secara cepat untuk pengidap berusia lanjut. Hal itu dikarenakan rentannya daya tahan tubuh pada kaum lansia. Pada saat virus ini berhasil dalam melumpuhkan paru-paru maka pengidapnya mempunyai kemungkinan yang kecil untuk sembuh.   Pada akhirnya nanti kita semua harus berhati-hati serta waspada pada covid-19. Tldak hanya melihat batas usia, kesehatan serta daya tahan tubuh kita juga harus diperhatikan. Bersama kita lawan virus satu ini dengan menjaga jarak, kesehatan, kebersihan serta mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.   Tetapi bukan berarti jika virus satu ini juga tidak berbahaya untuk para pemuda. Nyatanya ada beberapa orang yang relatif masih berusia muda namun juga tidak berhasil pulih. Di kota New York ada seorang pemuda dengan usia 15 tahun yang meninggal dunia sebab kompilasi Covid-19.

Pertanyaan

Di bawah ini disajikan teks "Bahaya Covid-19 pada Lansia & Generasi Muda" yang susunannya belum urut, tugas kalian adalah menyusun paragraf berikut sehingga menjadi sebuah teks yang balk! (Tulis susunan angkanya saja)

  1. Hal itu bisa kita Iihat dari data statistik jumlah korban WHO. Menurut data yang telah dihimpun WHO sebanyak 8 dari 10 orang rneninggal disebabkan virus ini yang berada pada pasien 65 tahun ke atas. Sehingga bisa kita simpulkan jika covid-19 sangat berbahaya khususnya pada usia lanjut 2.
     
  2. Kasus itu juga telah diberitakan pada koran New York Times dengan isian peringatan WHO terkait bahaya virus corona pada pemuda. Dalam berita itu disebutkan jika covid-19 juga sangat berbahaya untuk anak muda khususnya untuk anak yang diketahui sudah mempunyal riwayat penyakit atau kesehatan yang kurang baik. Contohnya penyakit bawaan lahir hingga obesitas.
     
  3. Covid-19 merupakan suatu penyakit yang dikarenakan adanya virus corona. Virus itu bisa menyebar secara cepat lewat cairan yang dikeluarkan oleh pengidapnya baik melalui lendir dari hidung ataupun ludah. Penyakit satu ini sangat berbahaya khususnya untuk kalangan lanjut usia.
     
  4. Walaupun kita tidak masuk ke dalam dua kategori yang rentan pada covid-19, kita tetap harus waspada serta senantiasa mengikuti protokol kesehatan pemerintah guna menghindari serta mengurangi angka penularannya. Apabila kita kuat bukan berarti kita tidak harus takut, namun takutlah Jika kita menularkannya kepada orang-orang yang rentan pada covid-19. Bisa jadi orang tersebut merupakan orang terdekat, termasuk orang tua.
     
  5. Virus satu ini diketahui bisa menyerang paru-paru secara cepat untuk pengidap berusia lanjut. Hal itu dikarenakan rentannya daya tahan tubuh pada kaum lansia. Pada saat virus ini berhasil dalam melumpuhkan paru-paru maka pengidapnya mempunyai kemungkinan yang kecil untuk sembuh.
     
  6. Pada akhirnya nanti kita semua harus berhati-hati serta waspada pada covid-19. Tldak hanya melihat batas usia, kesehatan serta daya tahan tubuh kita juga harus diperhatikan. Bersama kita lawan virus satu ini dengan menjaga jarak, kesehatan, kebersihan serta mengikuti protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.
     
  7. Tetapi bukan berarti jika virus satu ini juga tidak berbahaya untuk para pemuda. Nyatanya ada beberapa orang yang relatif masih berusia muda namun juga tidak berhasil pulih. Di kota New York ada seorang pemuda dengan usia 15 tahun yang meninggal dunia sebab kompilasi Covid-19.undefined 

N. Laillia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

susunan paragraf yang tepat adalah 3-5-1-7-2-4-6.undefined 

Pembahasan

Teks eksplanasi adalah teks mengenai proses yang berkaitan dengan fenomena-fenomena alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya.

Paragraf acak adalah paragraf yang tidak teratur urutannya, untuk mengubah menjadi teks eksplanasi yang padu dapat dilakukan dengan menyusun kalimat utama terlebih dahulu kemudian diikuti kalimat penjelas yang disusun secara logis, runtun, dan saling berhubungan.

Langkah-langkah menyusun paragraf acak menjadi teks yang padu adalah sebagai berikut.

  1. Bacalah teks eksplanasi dengan cermat dan teliti.
  2. Tentukan tema dan kalimat utama yang dibahas dalam kalimat acak tersebut.
  3. Perhatikan konjungsi atau kata hubung seperti kemudian, lalu, akhirnya, dan tetapi.
  4. Susun kalimat acak dimulai dengan kalimat utama yang kemudian diikuti oleh beberapa kalimat penjelas. Kalimat acak juga dapat disusun berdasarkan urutan logis antar kalimat dengan memperhatikan konjungsi yang ada.
  5. Baca keseluruhan teks yang sudah disusun. Perbaiki apabila ada kalimat yang belum padu

Berdasarkan penjelasan di atas, kalimat utama dari teks tersebut berada pada paragraf nomor 3, yaitu Covid-19 merupakan suatu penyakit yang dikarenakan adanya virus corona. Kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas dengan urutan yang logis dan saling berhubungan.


Dengan demikian, susunan paragraf yang tepat adalah 3-5-1-7-2-4-6.undefined 

263

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kerangka teks eksplanasi berikut!   Proses terjadinya gempa bumi Penyebab terjadinya gempa bumi Definisi gempa bumi Akibat gempa bumi Simpulan terjadinya gempa bumi Jika dikemban...

29rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia