Roboguru

Di antara sifat-sifat berikut : i. nonlogam ii. keelektronegatifan tinggi iii. energi ionisasi rendah iv. afinitas elektron rendah yang merupakan sifat dari unsur-unsur alkali adalah....

Pertanyaan

Di antara sifat-sifat berikut :

i. nonlogam

ii. keelektronegatifan tinggi

iii. energi ionisasi rendah

iv. afinitas elektron rendah

yang merupakan sifat dari unsur-unsur alkali adalah....

  1. i dan ii

  2. i dan iii

  3. ii dan iii

  4. ii dan iv

  5. iii dan iv

Pembahasan Soal:

Secara bahasa, alkali berasal dari bahasa "arab" yang berarti “abu”. Penyebutan ini terjadi karena abu bersifat basa dan unsur alkali termasuk logam yang bersifat basa. Pada tabel periodik, alkali terletak pada golongan IA.

Dari sifat kimia, logam alkali merupakan golongan logam yang paling reaktif. Artinya, semakin reaktif suatu logam, maka semakin mudah logam itu melepaskan elektron. Sehingga jika diurutkan dari atas ke bawah pada tabel periodik, sifat keelektronegatifan, energi ionisasi, titik leleh, dan titik didihnya akan semakin kecil. Sedangkan jari-jari atomnya semakin besar.

Jadi, jawaban yang tepat adalah  E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Lubis

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan tabel periodik unsur berikut. Tuliskan lambang unsur golongan alkali, alkali tanah, halogen, dan gas mulia dalam gambar tersebut. Tulis sifat istimewa dari setiap golongan unsur terse...

Pembahasan Soal:

Sistem periodik unsur

  1. Lambang unsur golongan alkali, alkali tanah, halogen, dan gas mulia

    alkali = H, Li, Na, K, Rb, Cs, Fr
    alkali tanah = Be, Mg, Ca, Sr, Ba, Ra
    halogen = F, Cl, Br, I, At
    gas mulia = He, Ne, Ar, Kr, Xe, Rn
     
  2. Sifat istimewa dari setiap golongan

    Alkali = mempunyai elektron valensi 1, EI kecil, mudah melepas elektron, mudah dioksidasi, reduktor kuat, tidak ditemukan dalam keadaan bebas di alam.

    Alkali tanah = mempunyai elektron valensi 2, EI kecil, mudah melepas elektron, reduktor kuat , sangat reaktif/mudah bereaksi, bersifat ionik dan mudah larut di air.

    Halogen = memiliki elektron valensi 7, keelektronegatifan besar, mudah menangkap elektron, mudah direduksi, oksidator kuat, sangat reaktif, tidak ditemukan dalam keadaan bebasnya (berbentuk diatomik).

    Gas mulia = memiliki elektron valensi 8 ( kecuali He mempunyai 2 elektron valensi), konfigurasi elektron stabil, EI besar, kelektronegatifan besar, sangat sukar bereaksi, memiliki bentuk atom tunggal (monoatomik).
     
  3. Batas logam dan nonlogam


    Logam = golongan IA (kecuali H), IIA, IIIA (kecuali B), dan golongan transisi.
    Non logam = golongan IVA (hanya C), VA (hanya N dan P), VIA (hanya O, S, dan Se), dan VIIA (F, Cl, Br, I).
     
  4. Letak unsur transisi dan transisi dalam

    Unsur transisi terletak diantara golongan IIA dan IIIA. Sedangkan unusr transisi dalam terletak di bagian bawah tabel periodik (lantanida dan aktinida).

Jadi, kesimpulan jawabannya seperti jawaban diatas.space 

0

Roboguru

Unsur-unsur radioaktif pada sistem berkala unsur ditemukan di bagian....

Pembahasan Soal:

Radioaktif merupakan unsur yang secara tiba-tiba memancarkan radiasi. Pada umumnya unsur-unsur ini memiliki nomor atom yang tinggi sehingga unsur radioaktif ini ditemukan di bagian bawah pada sistem periodik. Beberapa contoh unsur radiaoktif :

  1. Uranium (U)
  2. Plutonium (Pu)
  3. Thorium (Th)
  4. Curium (Cu)
  5. Radon (Rn)
  6. dsb

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Bagan berikut ini merupakan potongan sistem periodik unsur yang tidak lengkap. Tentukanlah letak golongan dan periode dari unsur-unsur A, B, dan F. Berapa elektron tidak berpasangan yang terdapa...

Pembahasan Soal:

  1. Untuk mengetahui golongan dan periode unsur A, B dan F, diberi petunjuk unsur X dengan konfigurasi elektron open square brackets Ar close square brackets space 5 s squared space 4 d to the power of 10, sepertinya yang dimaksud adalah open square brackets Kr close square brackets space 5 s squared space 4 d to the power of 10. Karena konfigurasi elektronnya berakhir pada subkulit d, maka unsur X merupakan unsur golongan transisi (B) dengan nomor golongan 12 atau golongan IIB. Periode ditunjukkan dari kulit terbesar yang dimiliki unsur tersebut, yaitu 5. Maka unsur X berada pada golongan IIB, periode 5.

    Dengan demikian unsur A merupakan golongan IIIA (ingat susunan golongan-golongan pada tabel periodik unsur). Sedangkan unsur B berarti berada di golongan IB dan unsur F berada di golongan IVA. Periode unsur F sama dengan X, yaitu 5. Unsur B berada satu di atasnya, berarti periode 4, sedangkan A berada pada periode 3.
     
  2. Karena unsur B berada di golongan IB dan periode 4, maka konfigurasi elektronnya open square brackets Ar close square brackets space 4 s to the power of 1 space 3 d to the power of 10, jika digambarkan diagram orbitalnya:

    Berdasarkan diagram orbital tersebut, jumlah elektron tidak berpasangan pada atom B adalah 1.

    Unsur D berada pada golongan yang sama dengan A, yaitu IIIA dan periode yang sama dengan B, sehingga konfigurasi elektronnya open square brackets Ar close square brackets space 4 s squared space 3 d to the power of 10 space 4 p to the power of 1, jika diagram orbitalnya digambarkan,

    Berdasarkan diagram orbital tersebut, jumlah elektron tidak berpasangan pada atom D adalah 1.

    Unsur G berada pada periode yang sama dengan X, yaitu periode 5, dan golongan VA, sehingga konfigurasi elektronnya open square brackets Kr close square brackets space 5 s squared space 4 d to the power of 10 space 5 p cubed. Diagram orbitalnya digambarkan sebagai berikut:

    Berdasarkan diagram orbital tersebut, jumlah elektron tidak berpasangan pada atom G adalah 3.
     
  3. Energi ionisasi merupakan energi yang dibutuhkan untuk melepaskan satu elektron pada kulit terluar. Dalam satu periode dari kiri ke kanan dalam tabel periodik unsur, nilai energi ionisasi semakin besar, sedangkan dalam satu golongan dari atas ke bawah, energi ionisasinya semakin kecil. Dengan demikian, unsur yang posisinya paling kanan dan paling atas memiliki energi ionisasi paling besar, yaitu Q.
     
  4. Kecenderungan atom untuk menangkap elektron membentuk ion negatif disebut afinitas elektron, yang memiliki kecenderungan yang sama dengan energi ionisasi, yaitu dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin besar, sedangkan dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil. Dengan demikian unsur yang posisinya paling kanan dan paling atas memiliki afinitas elektron paling besar, yaitu Q.

Jadi, golongan/periode unsur A, B, dan F berturut-turut adalah IIIA/3. IB/4, IVA/5; jumlah elektron tak berpasangan untuk atom B, D, dan G berturut-turut adalah 1, 1, dan 3; atom Q memiliki energi ionisasi dan afinitas elektron paling besar.

0

Roboguru

Unsur-unsur yang terletak dalam satu periode akan memiliki kecenderungan....

Pembahasan Soal:

Dalam teori sistem periodik unsur, dikenal beberapa sifat periodik unsur, seperti jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron serta keelektronegatifan. Berikut penjelasan terkait sifat keperiodikan:

  1. Jari-jari atom: dalam satu periode dari kiri ke kanan (semakin besar nomor atom), jari-jari atom semakin kecil.
  2. Energi ionisasi: dalam satu periode dari kiri ke kanan (semakin besar nomor atom), energi ionisasi akan semakin besar.
  3. Afinitas elektron: dalam satu periode dari kiri ke kanan (semakin besar nomor atom), afinitas elektron semakin besar.
  4. Keelektronegatifan: dalam satu periode dari kiri ke kanan (semakin besar nomor atom), keelektronegatifan semakin besar.

Dari penjelasan di atas, pilihan jawaban yang tepat adalah C, yaitu jari-jari atom berkurang dengan bertambahnya nomor atom. Hal ini menandakan bahwa dengan bertambahnya nomor atom (semakin ke kanan dalam satu periode), jari-jarinya akan semakin kecil. 

Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Diberikan lima buah unsur sebagai berikut!  ,  ,  ,  , dan   Tentukan unsur yang paling mudah membentuk ion negatif!

Pembahasan Soal:

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved