Roboguru

Bagan berikut ini merupakan potongan sistem periodik unsur yang tidak lengkap. Tentukanlah letak golongan dan periode dari unsur-unsur A, B, dan F. Berapa elektron tidak berpasangan yang terdapat pada atom-atom B, D, dan G? Atom manakah yang memiliki energi ionisasi terbesar? Atom manakah yang paling mudah menangkap elektron untuk membentuk ion negatif?

Pertanyaan

Bagan berikut ini merupakan potongan sistem periodik unsur yang tidak lengkap.space

  1. Tentukanlah letak golongan dan periode dari unsur-unsur A, B, dan F.
  2. Berapa elektron tidak berpasangan yang terdapat pada atom-atom B, D, dan G?
  3. Atom manakah yang memiliki energi ionisasi terbesar?
  4. Atom manakah yang paling mudah menangkap elektron untuk membentuk ion negatif?

Pembahasan Soal:

  1. Untuk mengetahui golongan dan periode unsur A, B dan F, diberi petunjuk unsur X dengan konfigurasi elektron open square brackets Ar close square brackets space 5 s squared space 4 d to the power of 10, sepertinya yang dimaksud adalah open square brackets Kr close square brackets space 5 s squared space 4 d to the power of 10. Karena konfigurasi elektronnya berakhir pada subkulit d, maka unsur X merupakan unsur golongan transisi (B) dengan nomor golongan 12 atau golongan IIB. Periode ditunjukkan dari kulit terbesar yang dimiliki unsur tersebut, yaitu 5. Maka unsur X berada pada golongan IIB, periode 5.

    Dengan demikian unsur A merupakan golongan IIIA (ingat susunan golongan-golongan pada tabel periodik unsur). Sedangkan unsur B berarti berada di golongan IB dan unsur F berada di golongan IVA. Periode unsur F sama dengan X, yaitu 5. Unsur B berada satu di atasnya, berarti periode 4, sedangkan A berada pada periode 3.
     
  2. Karena unsur B berada di golongan IB dan periode 4, maka konfigurasi elektronnya open square brackets Ar close square brackets space 4 s to the power of 1 space 3 d to the power of 10, jika digambarkan diagram orbitalnya:

    Berdasarkan diagram orbital tersebut, jumlah elektron tidak berpasangan pada atom B adalah 1.

    Unsur D berada pada golongan yang sama dengan A, yaitu IIIA dan periode yang sama dengan B, sehingga konfigurasi elektronnya open square brackets Ar close square brackets space 4 s squared space 3 d to the power of 10 space 4 p to the power of 1, jika diagram orbitalnya digambarkan,

    Berdasarkan diagram orbital tersebut, jumlah elektron tidak berpasangan pada atom D adalah 1.

    Unsur G berada pada periode yang sama dengan X, yaitu periode 5, dan golongan VA, sehingga konfigurasi elektronnya open square brackets Kr close square brackets space 5 s squared space 4 d to the power of 10 space 5 p cubed. Diagram orbitalnya digambarkan sebagai berikut:

    Berdasarkan diagram orbital tersebut, jumlah elektron tidak berpasangan pada atom G adalah 3.
     
  3. Energi ionisasi merupakan energi yang dibutuhkan untuk melepaskan satu elektron pada kulit terluar. Dalam satu periode dari kiri ke kanan dalam tabel periodik unsur, nilai energi ionisasi semakin besar, sedangkan dalam satu golongan dari atas ke bawah, energi ionisasinya semakin kecil. Dengan demikian, unsur yang posisinya paling kanan dan paling atas memiliki energi ionisasi paling besar, yaitu Q.
     
  4. Kecenderungan atom untuk menangkap elektron membentuk ion negatif disebut afinitas elektron, yang memiliki kecenderungan yang sama dengan energi ionisasi, yaitu dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin besar, sedangkan dalam satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil. Dengan demikian unsur yang posisinya paling kanan dan paling atas memiliki afinitas elektron paling besar, yaitu Q.

Jadi, golongan/periode unsur A, B, dan F berturut-turut adalah IIIA/3. IB/4, IVA/5; jumlah elektron tak berpasangan untuk atom B, D, dan G berturut-turut adalah 1, 1, dan 3; atom Q memiliki energi ionisasi dan afinitas elektron paling besar.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Lubis

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Diketahui konfigurasi elektron unsur berikut.  X:1s22s22p63s1Y:1s22s22p63s2  Perbedaan sifat periodik yang tepat dari kedua unsur tersebut adalah ....

1

Roboguru

Jelaskan pengertian istilah jari-jari atom, afinitas elektron, keelektronegatifan, dan energi ionisasi.

0

Roboguru

Di antara pernyataan berikut yang bukan merupakan sifat periodik unsur-unsur adalah ...

0

Roboguru

Diketahui empat macam unsur 8​A,16​B,17​C,18​D. Pernyataan yang benar tentang unsur-unsur tersebut adalah ... unsur B memiliki jari-jari atom terbesar. potensial ionisasi unsur D adalah yang terbe...

1

Roboguru

Diketahui empat macam unsur: 8​A,16​B,17​C,dan18​D. Pernyataan yang benar tentang unsur-unsur tersebut adalah ... unsur B memiliki jari-jari atom terbesar potensial ionisasi unsur D adalah yang te...

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved