Iklan

Iklan

Pertanyaan

Deskripsikan tentang organisasi Budi Utomo beserta tokoh pendirinya!

Deskripsikan tentang organisasi Budi Utomo beserta tokoh pendirinya!undefined 

Iklan

C. Sianturi

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

Budi Utomo adalah sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Gunawan Mangunkusumo dan Suradji pada tanggal 20 Mei 1908.

Budi Utomo adalah sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Gunawan Mangunkusumo dan Suradji pada tanggal 20 Mei 1908.space space 

Iklan

Pembahasan

Pembahasan

Budi Utomo adalah sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Gunawan Mangunkusumo dan Suradji pada tanggal 20 Mei 1908. Digagaskan oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo. Organisasi ini bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan tetapi tidak bersifat politik. Berdirinya Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia walaupun pada saat itu organisasi ini awalnya hanya ditujukan bagi golongan berpendidikan Jawa Saat ini tanggal berdirinya Budi Utomo, 20 Mei, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Pada hari Minggu, 20 Mei 1908, pada pukul sembilan pagi, bertempat di salah satu ruang belajar STOVIA, Soetomo menjelaskan gagasannya. Dia menyatakan bahwa hari depan bangsa dan Tanah Air ada di tangan mereka. Maka lahirlah Boedi Oetomo. Namun, para pemuda juga menyadari bahwa tugas mereka sebagai mahasiswa kedokteran masih banyak, di samping harus berorganisasi. Oleh karena itu, mereka berpendapat bahwa "kaum tua" yang harus memimpin Budi Utomo, sedangkan para pemuda sendiri akan menjadi motor yang akan menggerakkan organisasi itu. Sepuluh tahun pertama Budi Utomo mengalami beberapa kali pergantian pemimpin organisasi. Kebanyakan memang para pemimpin berasal kalangan "priayi" atau para bangsawan dari kalangan keraton, seperti Raden Adipati Tirtokoesoemo, mantan Bupati Karanganyar, dan Pangeran Ario Noto Dirodjo dari Keraton Pakualaman. Budi Utomo mengadakan Kongres Budi Utomo I pada 3-5 Oktober 1908 di gedung Kweekshool, Jetis, Yogyakarta (sekarang SMU 11 Yogyakarta). Ketua Kongres Budi Utomo pertama adalah Dr Wahidin Sudirohusodo. Setelah kongres pertama ditetapkan tujuan Budi Utomo adalah mengusahakan kemajuan yang selaras buat negeri dan bangsa. Terutama dengan memajukan pengajaran, pertanian dan peternakan, perdagangan, teknik, industri dan kebudayaan. Kemudian setelah kongres Budi Utomo 1932, tujuan Budi Utomo diubah secara radikal yaitu mencapai Indonesia merdeka. Setelah kongres terakhir Budi Utomo pada 24-16 Desember 1934, Budi Utomo menjadi cikal bakal Partai Indonesia Raya (PARINDRA). Dengan demikian Budi Utomo adalah sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Gunawan Mangunkusumo dan Suradji pada tanggal 20 Mei 1908.

Budi Utomo adalah sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Gunawan Mangunkusumo dan Suradji pada tanggal 20 Mei 1908. Digagaskan oleh Dr. Wahidin Sudirohusodo. Organisasi ini bersifat sosial, ekonomi, dan kebudayaan tetapi tidak bersifat politik. Berdirinya Budi Utomo menjadi awal gerakan yang bertujuan mencapai kemerdekaan Indonesia walaupun pada saat itu organisasi ini awalnya hanya ditujukan bagi golongan berpendidikan Jawa Saat ini tanggal berdirinya Budi Utomo, 20 Mei, diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional. Pada hari Minggu, 20 Mei 1908, pada pukul sembilan pagi, bertempat di salah satu ruang belajar STOVIA, Soetomo menjelaskan gagasannya. Dia menyatakan bahwa hari depan bangsa dan Tanah Air ada di tangan mereka. Maka lahirlah Boedi Oetomo. Namun, para pemuda juga menyadari bahwa tugas mereka sebagai mahasiswa kedokteran masih banyak, di samping harus berorganisasi. Oleh karena itu, mereka berpendapat bahwa "kaum tua" yang harus memimpin Budi Utomo, sedangkan para pemuda sendiri akan menjadi motor yang akan menggerakkan organisasi itu.  Sepuluh tahun pertama Budi Utomo mengalami beberapa kali pergantian pemimpin organisasi. Kebanyakan memang para pemimpin berasal kalangan "priayi" atau para bangsawan dari kalangan keraton, seperti Raden Adipati Tirtokoesoemo, mantan Bupati Karanganyar, dan Pangeran Ario Noto Dirodjo dari Keraton Pakualaman. Budi Utomo mengadakan Kongres Budi Utomo I pada 3-5 Oktober 1908 di gedung Kweekshool, Jetis, Yogyakarta (sekarang SMU 11 Yogyakarta). Ketua Kongres Budi Utomo pertama adalah Dr Wahidin Sudirohusodo. Setelah kongres pertama ditetapkan tujuan Budi Utomo adalah mengusahakan kemajuan yang selaras buat negeri dan bangsa. Terutama dengan memajukan pengajaran, pertanian dan peternakan, perdagangan, teknik, industri dan kebudayaan. Kemudian setelah kongres Budi Utomo 1932, tujuan Budi Utomo diubah secara radikal yaitu mencapai Indonesia merdeka. Setelah kongres terakhir Budi Utomo pada 24-16 Desember 1934, Budi Utomo menjadi cikal bakal Partai Indonesia Raya (PARINDRA).

Dengan demikian Budi Utomo adalah sebuah organisasi pemuda yang didirikan oleh Dr. Sutomo dan para mahasiswa STOVIA yaitu Gunawan Mangunkusumo dan Suradji pada tanggal 20 Mei 1908.space space 

Latihan Bab

Munculnya Golongan Elit di Indonesia

Tumbuhnya Kesadaran Awal Kebangsaan

Organisasi-organisasi Kebangsaan

Sumpah Pemuda

1rb+

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan berikut yang tidak tepat terkait dengan organisasi pergerakan Budi Utomo adalah . . . .

30rb+

4.1

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia