Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dengan menerapkan Hukum II Kepler, Jelaskan mengapa matahari dikatakan memiliki gerak semu? Apakah penyebabnya dan bagaimanakah dampaknya terhadap kondisi di bumi?

Dengan menerapkan Hukum II Kepler, Jelaskan mengapa matahari dikatakan memiliki gerak semu? Apakah penyebabnya dan bagaimanakah dampaknya terhadap kondisi di bumi? 

  1. ... begin mathsize 14px style blank to the power of blank end style

  2. ... begin mathsize 14px style blank to the power of blank end style

Iklan

Y. Cahya

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Hukum kepler kedua berbunyi setiap planet bergerak sedemikian sehingga suatu garis khayal yang ditarik dari matahari ke planet tersebut mencakup daerah dengan luas yang sama dalam waktu yang sama. Akibatnya, matahari memiliki gerak semu tahunan.Gerak semu tahunan matahari adalah pergerakan semu matahari yang seolah-olah bergerak dari selatan ke utara dan kembali ke selatan setiap tahunnya. Hal ini terjadi karena Bumi mengelilingi matahari (revolusi) dengan poros yang miring sehingga yang condong ke matahari kadang kutub utara dan kadang kutub selatan Bumi. Fenomena ini menyebabkan matahari tidak terbit dan terbenam di posisi yang sama sepanjang tahun (bergeser dari utara ke selatan atau sebaliknya dari hari ke hari) serta pergantian musim di belahan Bumi utara dan selatan. Saat bagian utara Bumi condong ke matahari, bagian tersebut mendapat sinar lebih banyak dan siang lebih panjang sehingga terjadi musim panas di negeri empat musim. Sebaliknya, pada saat yang sama, terjadi musim dingin di bagian selatan Bumi.

Hukum kepler kedua berbunyi setiap planet bergerak sedemikian sehingga suatu garis khayal yang ditarik dari matahari ke planet tersebut mencakup daerah dengan luas yang sama dalam waktu yang sama. Akibatnya, matahari memiliki gerak semu tahunan. Gerak semu tahunan matahari adalah pergerakan semu matahari yang seolah-olah bergerak dari selatan ke utara dan kembali ke selatan setiap tahunnya. Hal ini terjadi karena Bumi mengelilingi matahari (revolusi) dengan poros yang miring sehingga yang condong ke matahari kadang kutub utara dan kadang kutub selatan Bumi. Fenomena ini menyebabkan matahari tidak terbit dan terbenam di posisi yang sama sepanjang tahun (bergeser dari utara ke selatan atau sebaliknya dari hari ke hari) serta pergantian musim di belahan Bumi utara dan selatan. Saat bagian utara Bumi condong ke matahari, bagian tersebut mendapat sinar lebih banyak dan siang lebih panjang sehingga terjadi musim panas di negeri empat musim. Sebaliknya, pada saat yang sama, terjadi musim dingin di bagian selatan Bumi.

Latihan Bab

Pendahuluan Gravitasi

Gaya Gravitasi Newton

Medan Gravitasi dan Percepatan Gravitasi

Hukum Pergerakan Planet

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

133

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berdasarkan hukum II Kepler, kelajuan planet mengorbit tidak selalu konstan, kelajuan planet terkecil berada di....

587

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia