Roboguru

Demak pernah menyerang Portugis di Malaka pada 1513 yang dipimpin oleh ...

Pertanyaan

Demak pernah menyerang Portugis di Malaka pada 1513 yang dipimpin oleh ...

  1. Pati Unus 

  2. Trenggono

  3. Sutawijaya

  4. Sekar Sede Lepen

  5. Arya Penangsang

Pembahasan Soal:

Kepulauan Nusantara pada masanya dulu merupakan wilayah dengan aktivitas perdagangan tingkat dunia. Lokasi yang strategis dalam arti suatu wilayah yang menjadi titik transit para pedagang dari Arab, India, Eropa ke Tiongkok atau juga sebaliknya, di samping juga di dalam kepulauan ini terdapat sentra penghasil rempah seperti Maluku, adalah hal-hal penting yang membuat Nusantara turut andil dalam aktivitas perdagangan dunia. Oleh sebab itu, pada masanya banyak terdapat titik wilayah seperti Malaka, Banten, Pantai utara Jawa yang menjadi pelabuhan-pelabuhan penting dalam mendukung aktivitas perdagangan laut. 
Akan tetapi, pada tahun 1511, ketika Malaka jatuh ke tangan Portugis dan mulai memonopoli perdagangan, akhirnya membuat salah satu Kesultanan di Nusantara, yakni Demak, khawatir atas dominasi yang dilakukan oleh Portugis. Oleh karenanya, pada antara tahun 1512-1513, Demak melakukan serangan ke sana di bawah pimpinan Adipati Unus. 
Serangan yang berbekal seratus kapal dan dan lebih kurang sepuluh ribu prajurit dilibatkan dalam serangan itu. Meski mengalami kegagalan karena tidak seimbangnya teknologi perang, keberanian yang ditujukan oleh Adipati Unus kelak memberikannya gelar sebagai Pangeran Sabrang Lor, artinya Pangeran yang menyerang ke Utara, dalam hal ini dominasi Portugis atas Malaka. 

Jadi, opsi jawaban benar adalah A.   

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 03 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved