Roboguru

Daya tarik kutipan teks tersebut adalah ....

Pertanyaan

Daya tarik kutipan teks tersebut adalah ....space

  1. tokoh yang menawan space

  2. penggambaran tokoh space 

  3. kekuatan tema space 

  4. alur yang rumit space

Pembahasan Soal:

Daya tarik adalah sesuatu yang memiliki keunikan dalam sebuah teks. Daya tarik membuat pembaca memberi perhatian khusus terhadap teks. Keunikan tersebut dapat diketahui setelah membaca teks secara keseluruhan.
Berdasarkan teks di soal, daya tarik kutipan tersebut adalah penggambaran tokoh. Hal itu karena keberadaan tokoh ibu dan anak dimulai dari penggambaran situasi dari segi waktu dan tempat. Keberadaan tokoh digambarkan saat pagi yang berkabut. Cahaya matahari yang berlahan muncul dari malam yang dingin. Tokoh ibu dan anak juga digambarkan sedang di dapur rumah sederhana yang berlantai tanah. Tokoh ibu dan anak tersebut sedang mengolah sayuran.
Dengan demikian, daya tarik kutipan teks tersebut adalah penggambaran tokoh.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah B.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hal yang dominan dibahas pada cerpen tersebut adalah....

Pembahasan Soal:

Cerpen adalah salah satu jenis karya sastra berbentuk prosa yang habis dibaca sekali duduk berisi peristiwa yang dialami tokohnya. Secara umum, cerpen dibangun oleh dua unsur, yakni unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang membangun cerpen dari dalam, sedangkan unsur ekstrinsik sebaliknya.

Unsur intrinsik biasanya dapat dilihat secara langsung dalam cerpen. Unsur yang paling dominan dari cuplikan cerpen tersebut adalah latar karena mendeskripsikan rumah yang ditempati tokoh "aku".

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Bacalah teks berikut!  Kupu-Kupu Ibu      Aku melihatnya. Aku melihat perempuan yang pernah kau ceritakan. Sepulang sekolah tadi, di dekat taman, aku melihat sepasang kupu-kupu berputar salingmeli...

Pembahasan Soal:

d. Ide pokok cerita pendek di atas adalah tentang kerinduan seorang anak perempuan yang digambarkan oleh tokoh Aku (Ning) terhadap kehadiran ibunya.

e. Identifikasi cerita berupa lukisan pada awal cerita (paragraf pertama)
Yang satu berwarna hitam dengan bintik biru bercahaya seperti mutiara. Yang lain bersayap putih jernih, sebening sepatu kaca Cinderella, dengan serat tipis kehijauan melintang di tepi sayapnya. (kalimat keenam dan ketujuh)

Identifikasi berupa waktu pada awal cerita (paragraf pertama)
Sepulang sekolah tadi, di dekat taman, …. (kalimat kedua)

Identifikasi berupa tempat pada awal cerita (paragraf pertama)
Sepulang sekolah tadi, di dekat taman, …. (kalimat kedua)

Identifikasi kejadian pada awal cerita (paragraf pertama)
…. aku melihat sepasang kupu-kupu berputar saling melingkar. (kalimat ketiga)

Berdasarkan pembahasan di atas, ide cerita pendek tersebut adalah tentang kerinduan seorang anak perempuan kepada ibunya. Selanjutnya, identifikasi berupa lukisan pada awal cerita tergambar di paragraf pertama kalimat keenam dan ketujuh. Identifikasi waktu dan tempat pada awal cerita tergambar di paragraf pertama kalimat kedua. Identifikasi kejadian pada awal cerita tergambar di paragraf pertama kalimat ketiga.space space  
 

0

Roboguru

Carilah unsur-unsur teks fiksi pada cerpen di atas kemudian jelaskan!

Pembahasan Soal:

Unsur-Unsur Cerita Fiksi

Berikut ini unsur intrinsik yang membangun cerita fiksi dimana unsur ini ada di dalam cerita pendek.

  1. Tema, yaitu gagasan dasar umum yang menopang sebuah karya sastra dan yang terkandung di dalam teks.
  2. Tokoh, yaitu pelaku dalam karya sastra. Karya sastra dari segi peranan dibagi menjadi 2, yakni tokoh utama dan tokoh tambahan.
  3. Alur/Plot, yaitu cerita yang berisi urutan kejadian, namun tiap kejadian itu hanya dihubungkan secara sebab akibat, peristiwa yang satu disebabkan atau menyebabkan peristiwa yang lain.
  4. Latar, yaitu tempat, waktu, dan lingkungan sosial tempat terjadinya peristiwa-peristiwa yang diceritakan.
  5. Amanat, yaitu pemecahan yang diberikan pengarang terhadap persoalan di dalam sebuah karya sastra.
  6. Sudut pandang, yaitu cara pandang pengarang sebagai sarana untuk menyajikan tokoh, tindakan, latar, dan berbagai peristiwa yang membentuk cerita dalam sebuah karya fiksi kepada pembaca.
  7. Penokohan, yaitu teknik atau cara-cara menampilkan tokoh.

Unsur-unsur teks fiksi yang terdapat pada cerpen di atas adalah:

  1. Tokoh, tokoh pada cerpen di atas adalah Nono.
  2. Penokohan, penokohan diungkapkan secara langsung dari pengarang (tertulis), tepatnya dijelaskan pada frasa "Berkat kegigihannya".
  3. Latar, pada cerpen di atas dijelaskan secara tersurat bahwa tokoh Nono sedang berada di dunia misteri dengan suasana yang mencekam.
  4. Sudut pandang, dengan penyebutan nama tokoh, yakni Nono, maka dapat diketahui bahwa sudut pandang cerpen di atas menggunakan sudut pandang orang ketiga. 

Dengan demikian, unsur-unsur teks fiksi yang terdapat pada cerpen di atas adalah:

  1. Tokoh, tokoh pada cerpen di atas adalah Nono.
  2. Penokohan, penokohan diungkapkan secara langsung dari pengarang (tertulis), tepatnya dijelaskan pada frasa "Berkat kegigihannya".
  3. Latar, pada cerpen di atas dijelaskan secara tersurat bahwa tokoh Nono sedang berada di dunia misteri dengan suasana yang mencekam.
  4. Sudut pandang, dengan penyebutan nama tokoh, yakni Nono, maka dapat diketahui bahwa sudut pandang cerpen di atas menggunakan sudut pandang orang ketiga.space 

0

Roboguru

Tema dalam kutipan cerpen di atas adalah ...

Pembahasan Soal:

Cerita pendek atau cerpen merupakan suatu karya sastra dalam bentuk tulisan yang dikemas secara pendek, jelas dan ringkas. Cerpen biasanya hanya mengisahkan cerita pendek tentang permasalahan yang dialami satu tokoh saja. Cerpen memiliki unsur pembentuk, salah satunya yaitu unsur intrinsik. Berikut beberapa unsur intrinsik:

  1. Tema
    Sebuah cerpen harus memiliki tema cerita yang menjadi unsur utama yang ingin disampaikan penulis pada kisah ceritanya.
  2. Alur atau plot
    Alur atau plot merupakan urutan peristiwa atau jalan cerita pada sebuah cerpen. Pada umumnya alur pada cerpen diawali dengan perkenalan, konflik masalah, lalu penyelesaian. Namun ada beberapa jenis alur cerita yaitu alur maju, alur mundur, dan alur campuran.
  3. Setting
    Setting merupakan penjelasan mengenai latar atau tempat, waktu, dan suasana yang terjadi dalam cerpen tersebut.
  4. Tokoh dan penokohan
    Tokoh merupakan pemeran yang diceritakan dalam sebuah cerpen. Penokohan merupakan gambaran sifat dari para pemeran.
  5. Sudut pandang
    Sudut pandang merupakan cara pandang pengarang saat menceritakan kisah pada sebuah cerpen. Sudut pandang dibagi menjadi dua bentuk yaitu sudut pandang orang pertama yang terdiri dari pelaku utama (“aku” merupakan tokoh utama) dan pelaku sampingan (“aku" menceritakan orang lain). Sedangkan sudut pandang orang ketiga (menjadi tokoh utama dan pengamat).
  6. Amanat
    Amanat merupakan pesan moral atau pelajaran yang disampaikan oleh penulis kepada pembaca.

Teks cerpen di atas berisi tentang seorang ayah (Pak Reno) yang pekerjaannya berdagang. Suatu hari, Pak Reno berjumpa dengan seorang nenek yang kehabisan uang dalam perjalanan. Nenek itu meminta tolong kepada Pak Reno untuk memberinya uang dan Pak Reno dengan ikhlas memberi nenek itu uang supaya nenek itu bisa pulang ke rumahnya. Pak Reno yang hidupnya juga pas-pasan percaya bahwa rezeki ada di tangan Tuhan. Ketika Pak Reno kembali ke pasar untuk berdagang, seorang pembeli memborong dagangannya hingga habis. Di saat itulah Pak Reno semakin yakin bersedekah memang dapat melancarkan rezeki.

Dengan demikian, tema yang tepat untuk cerpen di atas adalah bersyukur dan bersedekah.space 

0

Roboguru

Kesimpulan secara menyeluruh berdasarkan intisari setiap bagian struktur yang membangun cerita!

Pembahasan Soal:

Berikut kesimpulan secara menyeluruh berdasarkan intisari setiap bagian struktur yang membangun cerita.

  1. Tahap Perkenalan: Tepat pada hari Pearl Harbour diserang lepang. Kusno dibelikan ayahnya sebuah celana pendek, yaitu celana kepar 1001.
  2. Komplikasi: Saat umurnya empat belas tahun, Pak Kusno mencari kerja sebagai juru tulis, tetapi tidak ada satupun kantor yang menerimanya, hingga akhirnya dia menerima pekerjaan sebagai opas yang hanya bergaji sepuluh rupiah perbulannya.
  3. Klimaks: Seiring berjalannya waktu celana pemberian dari ayahnya sudah rusak dan tidak layak untuk dipakai, hingga akhirnya ia meminta untuk diberikan kepada bosnya, dan responnya pun tidak mengenakan. dari situ pak Kusno merasa malu dan memutuskan untuk tidak bekerja kembali. Selepas dia tidak memiliki pekerjaan, hidupnya sengsara bahkan sampai mempunyai pikiran untuk menjual celana satu-satunya juga berniat untuk mecuri.
  4. Tahap penyelesaian: Setelah memiliki pikiran untuk mencuri barang orang, dia pun berpikir bahwa Tuhan melarangnya untuk mencuri dan keluarganya pun sangat tahkut kepada Tuhan. dari situ Kusno tidak pantang menyerah untuk terus hidup dan berpegang teguh dengan perintah Tuihan.

Dengan demikian, kesimpulan dari cerpen yang berjudul ”Kisah Sebuah Celana Pendek” ini adalah suatu cerpen yang berkisah tentang Kusno dengan celana pendek pemberian dari ayahnya. Celana itu adalah satu-satunya yang dia miliki. Kusno adalah seorang pemuda usia 14 tahun yang baru saja lulus sekolah rakyat dan hendak mencari kerja. Namun berkali-kali dia melamar selalu ditolak. Dan akhirnya dia berhasil menjadi opas, sama seperti pekerjaan ayah nya. Tapi dengan gaji seorang opas, Kusno tidak mampu lagi membeli celana. Uang yang ada untuk makan saja tidak mencukupi. Makin lama celana itu makin lusuh, warnanya makin pudar, dan benangnya mulai lepas. Ketika akan meminta celana kepada sepnya dia malah dibentak. Kusno akhirnya memilih keluar dari pekerjaannya. Dia kemudian sakit karena kelaparan. Ingin rasanya dia menjual celananya untuk makan, tetapi niatnya itu diurungkannya karena jika dia menjual celana nya, ia tidak mempunyai celana lagi untuk dipakainya. Ia akhirnya memilih hidup dengan memakan daun-daun kayu daripada harus menjual celana pemberian ayahnya satu-satunya. Walaupun Kusno hidup serba kekurangan ia tak pernah mencoba untuk melakukan hal buruk seperti mencuri, karena ia oleh keluarganya secara turun temurun takut kepada Tuhan, meskipun mereka belum pernah melihatNya.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved