Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dasar pemberian upah untuk pekerja adalah.... proses berlangsungnya permintaan dan penawaran keterampilan yang dimiliki upah minimum regional kesepakatan pemberi kerja dan penerima kerja

Dasar pemberian upah untuk pekerja adalah....

  1. proses berlangsungnya permintaan dan penawaran
  2. keterampilan yang dimiliki
  3. upah minimum regional
  4. kesepakatan pemberi kerja dan penerima kerja space 
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benarspace 

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar space 

  3. 2 dan 4 SAJA yang benarspace 

  4. HANYA 4 yang benarspace 

  5. SEMUA pilihan benarspace 

Iklan

S. Sumiati

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar untuk soal terebut adalah E.

jawaban yang benar untuk soal terebut adalah E. space 

Iklan

Pembahasan

Jawaban yang benar untuk soal tersebut adalah E. Upah adalah imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada pekerja atas jasa kerja yang dilakukannya dalam melaksanakan pekerjaan tertentu di perusahaan. Upah yang berlaku di Indonesia beragam. Namun, sistem pembayaran upah tergantung pada kondisi permintaan dan penawaran tenaga kerja, hubungan pemberi kerja dan penerima kerja, serta upah minimum. Permintaan dan Penawaran Tenaga Kerja Secara umum, tingkat upah bisa dianalisis dengan hukum penawaran dan permintaan tenaga kerja. Jika penawaran lebih besar daripada permintaannya, tingkat upah cenderung turun. Begitu pula sebaliknya, dengan asumsi ceteris paribus . Kesepakatan Pemberi Kerja dan Penerima Kerja Permintaan dan penawaran tenaga kerja bertemu pada saat wawancara seleksi kerja. Dalam wawancara ini, pemberi kerja dan pencari kerja lazimnya melakukan tawar-menawar tentang jam kerja dan upahnya. Pada umumnya, pekerja di Indonesia memiliki posisi tawar yang rendah dalam kesepakatan tentang upah dan jam kerja, yang terkait dengan sangat melimpahnya penawaran kerja. Bahkan, ada di antara mereka yang bersedia menerima upah di bawah Upah Minimum Provinsi. Keterampilan yang dimiliki Adakalanya pencari kerja memiliki posisi tawar yang tinggi dan mendapatkan tingkat upah yang tinggi. Hal ini terkait dengan sumber daya unik yang mereka miliki. Dalam ilmu ekonomi, mengenal konsep kelangkaan. Semakin langka suatu sumber daya, semakin tinggi nilainya. Jadi, jika pekerja memiliki keterampilan berupa keahlian atau ilmu yang jarang dimiliki oleh orang lain, maka bisa menawar dan mendapatkan tingkat upah yang tinggi. Upah minimum Adanya Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 2000 Tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Propinsi sebagai Daerah Otonom, pemberlakuan upah minimum regional (UMR) berubah menjadi upah minimum provinsi (UMP) atau upah minimum kabupaten/kota. Dengan adanya peraturan baru ini, provinsi-provinsi di Indonesia mulai menyesuaikan upah minimum regional di daerah mereka. Oleh karena itu, jawaban yang benar untuk soal terebut adalah E.

Jawaban yang benar untuk soal tersebut adalah E.

Upah adalah imbalan yang diberikan oleh perusahaan kepada pekerja atas jasa kerja yang dilakukannya dalam melaksanakan pekerjaan tertentu di perusahaan. Upah yang berlaku di Indonesia beragam. Namun, sistem pembayaran upah tergantung pada kondisi permintaan dan penawaran tenaga kerja, hubungan pemberi kerja dan penerima kerja, serta upah minimum.

  1. Permintaan dan Penawaran Tenaga Kerja
    Secara umum, tingkat upah bisa dianalisis dengan hukum penawaran dan permintaan tenaga kerja. Jika penawaran lebih besar daripada permintaannya, tingkat upah cenderung turun. Begitu pula sebaliknya, dengan asumsi ceteris paribus.
  2. Kesepakatan Pemberi Kerja dan Penerima Kerja
    Permintaan dan penawaran tenaga kerja bertemu pada saat wawancara seleksi kerja. Dalam wawancara ini, pemberi kerja dan pencari kerja lazimnya melakukan tawar-menawar tentang jam kerja dan upahnya. Pada umumnya, pekerja di Indonesia memiliki posisi tawar yang rendah dalam kesepakatan tentang upah dan jam kerja, yang terkait dengan sangat melimpahnya penawaran kerja. Bahkan, ada di antara mereka yang bersedia menerima upah di bawah Upah Minimum Provinsi.
  3. Keterampilan yang dimiliki
    Adakalanya pencari kerja memiliki posisi tawar yang tinggi dan mendapatkan tingkat upah yang tinggi. Hal ini terkait dengan sumber daya unik yang mereka miliki. Dalam ilmu ekonomi,  mengenal konsep kelangkaan. Semakin langka suatu sumber daya, semakin tinggi nilainya. Jadi, jika pekerja memiliki keterampilan berupa keahlian atau ilmu yang jarang dimiliki oleh orang lain, maka bisa menawar dan mendapatkan tingkat upah yang tinggi.
  4. Upah minimum
    Adanya Peraturan Pemerintah No. 25 Tahun 2000 Tentang Kewenangan Pemerintah dan Kewenangan Propinsi sebagai Daerah Otonom, pemberlakuan upah minimum regional (UMR) berubah menjadi upah minimum provinsi (UMP) atau upah minimum kabupaten/kota. Dengan adanya peraturan baru ini, provinsi-provinsi di Indonesia mulai menyesuaikan upah minimum regional di daerah mereka.

Oleh karena itu, jawaban yang benar untuk soal terebut adalah E. space 

504

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan data berikut ini! Upah minimum. Jumlah tenaga kerja dalam perusahaan. Kondisi permintaan dan penawaran tenaga kerja. Kesepakatan pemberi kerja dan penerima kerja. Perminta...

12rb+

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia