Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dalam wadah tertutup pada suhu 750 ∘ C , terdapat kesetimbangan reaksi, CoO ( s ) + H 2 ​ ( g ) ⇌ Co ( s ) + H 2 ​ O ( g ) Dengan K p ​ = 85. Bila ke dalam sistem ditambahkan serbuk logam Co maka ... Reaksi bergeser ke kiri untuk mencapai keadaan kesetimbangan baru Perbandingan konsentrasi gas H 2 ​ terhadap H 2 ​ O tidak berubah Tekanan total dalam wadah meningkat Pada suhu 750 ∘ C , nilai K p ​ tetap 85

Dalam wadah tertutup pada suhu , terdapat kesetimbangan reaksi,
 

space


Dengan = 85. Bila ke dalam sistem ditambahkan serbuk logam Co maka ...

  1. Reaksi bergeser ke kiri untuk mencapai keadaan kesetimbangan baru
  2. Perbandingan konsentrasi gas terhadap tidak berubah
  3. Tekanan total dalam wadah meningkat
  4. Pada suhu , nilai tetap 85space
  1. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar

  2. 1 dan 3 SAJA yang benar

  3. 2 dan 4 SAJA yang benar

  4. HANYA 4 yang benar

  5. SEMUA pilihan benar

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pernyataan yang benar adalah perbandingan konsentrasi gas H 2 terhadap H 2 Otidak berubah dan pada suhu 750 o C, nilai K p tetap 85 .

pernyataan yang benar adalah perbandingan konsentrasi gas H2 terhadap H2O tidak berubah dan pada suhu 750oC, nilai Kp tetap 85.space

Iklan

Pembahasan

Bila ke dalam sistem ditambahkan serbuk logam Co makaperbandingan konsentrasi gas H 2 terhadap H 2 O tidak berubah dan pada suhu 750 o C, nilai Kp tetap 85. Reaksi kesetimbangan atau reaksi reversibel adalah reaksi kimia dimana pada saat reaktan sudah semakin berkurang, saat itu juga produk akan membentuk reaktan kembali. Reaksi kesetimbangan dikatakan berjalan dua arah karena laju pembentukan produk sama dengan laju pembentukan reaktan. ika dalam keadaan setimbang diberikan suatu pengaruh dari luar (misalnya konsentrasi atau suhu) maka sistem akan melakukan respon dengan menggeser kesetimbangan. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesetimbangan : Konsentrasi :Penambahan konsentrasi menyebabkan kesetimbangan akan bergeser ke arah produk dan sebaliknya. Suhu : Semakin besar suhu maka semakin besar pula energi kinetik zatnya sehingga laju reaksi berjalan semakin cepat. Volume : Jika volume diperbesar maka kesetimbangan akan bergeser ke jumlah koefisien atau mol yang besar dan sebaliknya. Tekanan : Tekanan dan volume berbanding terbalik, artinya apabila volume diperbesar maka tekanan diperkecil dan sebaliknya. Katalis : Katalis berfungsi menurunkan energi aktivasi agar waktu yang diperlukan untuk bereaksi lebih singkat. Persamaan reaksi: CoO ( s ) + H 2 ​ ( g ) ⇌ Co ( s ) + H 2 ​ O ( g ) Karena yang ditambahkan adalah serbuk logam Co yang memiliki fase solid (s), maka tidak memengaruhi pergeseran kesetimbangan. Sehingga pernyataan yang benar adalah perbandingan konsentrasi gas H 2 terhadap H 2 Otidak berubah dan pada suhu 750 o C, nilai K p tetap 85 .

Bila ke dalam sistem ditambahkan serbuk logam Co maka perbandingan konsentrasi gas H2 terhadap H2O tidak berubah dan pada suhu 750oC, nilai Kp tetap 85.

Reaksi kesetimbangan atau reaksi reversibel adalah reaksi kimia dimana pada saat reaktan sudah semakin berkurang, saat itu juga produk akan membentuk reaktan kembali. Reaksi kesetimbangan dikatakan berjalan dua arah karena laju pembentukan produk sama dengan laju pembentukan reaktan. ika dalam keadaan setimbang diberikan suatu pengaruh dari luar (misalnya konsentrasi atau suhu) maka sistem akan melakukan respon dengan menggeser kesetimbangan. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kesetimbangan :

  1. Konsentrasi :Penambahan konsentrasi menyebabkan kesetimbangan akan bergeser ke arah produk dan sebaliknya.
  2. Suhu : Semakin besar suhu maka semakin besar pula energi kinetik zatnya sehingga laju reaksi berjalan semakin cepat.
  3. Volume : Jika volume diperbesar maka kesetimbangan akan bergeser ke jumlah koefisien atau mol yang besar dan sebaliknya.
  4. Tekanan : Tekanan dan volume berbanding terbalik, artinya apabila volume diperbesar maka tekanan diperkecil dan sebaliknya.
  5. Katalis : Katalis berfungsi menurunkan energi aktivasi agar waktu yang diperlukan untuk bereaksi lebih singkat.

Persamaan reaksi:

space

Karena yang ditambahkan adalah serbuk logam Co yang memiliki fase solid (s), maka tidak memengaruhi pergeseran kesetimbangan. Sehingga pernyataan yang benar adalah perbandingan konsentrasi gas H2 terhadap H2O tidak berubah dan pada suhu 750oC, nilai Kp tetap 85.space

Latihan Bab

Konsep Kilat Kesetimbangan Kimia (NEW!)

Bedah Tipe Soal Kesetimbangan Kimia (NEW!)

Konsep Kilat Pergeseran Kesetimbangan Kimia (NEW!)

Bedah Tipe Soal Pergeseran Kesetimbangan Kimia (NEW!)

59

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Penurunan temperatur pada reaksi kesetimbangan: N 2 ​ O 4 ​ ( g ) ⇌ 2 NO 2 ​ ( g ) △ H = + 57 , 9...

281

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia