Roboguru

Dalam tajuk tersebut penulis berpihak kepada ...

Pertanyaan

Dalam tajuk tersebut penulis berpihak kepada ...undefined 

Pembahasan Soal:

Penulis berpihak kepada masyarakat, terutama masyarakat kelas bawah yang keperluannya tidak hanya beras, tetapi mereka perlu lauk-pauk, kebutuhan sandang, papan, pendidikan, kesehatan, dll. Sedangkan pemerintah tidak banyak membantu.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Masalah yang dibahas dalam paragraf tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Paragraf tersebut membahas peristiwa kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di tahun 2015, 2017, 2018, dan 2019 di kalimat pertama dan kedua. Di kalimat keempat dan kelima, disebutkan dampak yang terjadi akibat karhutla yang terjadi tahun 2019. Oleh karena itu,  masalah yang dibahas dalam paragraf tersebut adalah laporan kerusakan lahan dan kerugian ekonomi akibat karhutla.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A. laporan kerusakan lahan dan kerugian ekonomi akibat karhutla

0

Roboguru

Perhatikan tajuk rencana berikut!       Banjir yang menggenangi sebagian wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) yang menjadi penanda memasuki 2020 ternyata juga ikut mengg...

Pembahasan Soal:

Masalah utama yang dibahas dalam teks di atas adalah banjir yang terjadi di Jabodetabek yang menyebabkan beberapa masalah, di antaranya penurunan pengunjung pusat perbelanjaan serta bisnis ritel dan logistik mengalami penurunan penjualan. Hal ini dapat terlihat dari inti paragraf satu dan dua. Pada paragraf ketiga, dibahas pula mengenai solusi penanganan banjir yang belum berjalan sebagaimana mestinya. space 

 

0

Roboguru

Pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf ketiga teks tajuk rencana tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Paragraf ketiga dalam teks tersebut adalah

"Dalam dua hari ini beberapa kawasan di Provinsi Jawa Barat, DKI, dan banten masih terdampak banjir dan longsor. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memetakan ada 169 titik banjir yang terjadi di Jawa Barat, DKI dan Banten. Tercatat ada 97 titik banjir di Jawa Barat, 63 titik di DKI, dan 9 titik di Banten. Antisipasi dampak bencana susulan harus dipersiapkan dengan cermat. Apalagi curah hujan pada awal tahun 2020 sangat ekstrem. Penanganan bencana tidak hanya menjadi tanggung jawab mutlak pemerintah, tetapi juga diperlukan partisipasi serta kesadaran dari masyarakat."

Kalimat terakhir dalam paragraf tersebut menyebutkan bahwa penanganan bencana bukan hanya tanggung jawab pemerintah, melainkan masyarakat. Jadi, pernyataan yang sesuai dengan isi paragraf ketiga teks tajuk rencana tersebut adalah penanganan bencana tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga masyarakat.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.undefined 

0

Roboguru

Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi kutipan tajuk rencana tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Pernyataan yang tidak sesuai dengan isi kutipan tajuk rencana tersebut adalah dalam undang-undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, masyarakat diperbolehkan untuk membakar lahan seluas satu hektare per kepala keluarga (KK). Peraturan yang benar adalah masyarakat diperbolehkan untuk membakar lahan seluas dua hektare per kepala keluarga (KK). 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E. Dalam undang-undang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, masyarakat diperbolehkan untuk membakar lahan seluas satu hektare per kepala keluarga (KK).undefined 

0

Roboguru

Pernyataan yang sesuai dengan teks editorial tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Teks editorial adalah teks yang berisi pendapat pribadi dari redaksi terhadap suatu isu/masalah aktual. Isu bisa meliputi masalah politik, masalah sosial, juga masalah ekonomi. Dalam penulisan teks editorial terdapat pokok informasi/isi yang terkandung. Pokok informasi ini dapat diketahui melalui hal-hal penting dan ide pokok yang terdapat dalam teks editorial.

Pernyataan yang sesuai dengan teks ialah penyelidik membutuhkan dua alat bukti untuk melanjutkan penyelidikan. Adapun pilihan A tidak tepat karena pemberantasan korupsi baru dilakukan secara transparan saat masa Firli Bahuri. Pilihan B salah karena periode 2019-2023 bukan merupakan periode terberat yang dialami KPK melainkan periode keterbukaan. Pilihan C salah karena periode keterbukaan baru dimulai pada masa Firli Bahuri. Pilihan E salah karena kasus yang dihentikan sebanyak 36 kasus.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved