Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dalam suatu sampel berisi anion tunggal berikut: NO 2 − ​ ; SO 3 2 − ​ ; I − Bagaimana mengidentifikasiadanya anion tersebut?

Dalam suatu sampel berisi anion tunggal berikut:

 

Bagaimana mengidentifikasi adanya anion tersebut?

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar anion diidentifikasi dengangaram amonium/asam sulfamit; anion dapat diidentifikasi dengan HCl atau ; dan anion diidentifikasi dengan .

jawaban yang benar anion N O subscript 2 to the power of minus sign diidentifikasi dengan garam amonium/asam sulfamit; anion S O subscript 3 to the power of 2 minus sign end exponent dapat diidentifikasi dengan HCl atau H subscript 2 S O subscript 4; dan anion I to the power of minus sign diidentifikasi dengan K N O subscript 2.

Iklan

Pembahasan

Anion merupakan ion yang bermuatan negatif. Pada identifikasi anion dikenal dengan analisa pendahuluan yang meiputi analisa kering dan analisa basah. Analisa kering meliputi pemeriksaan organoleptis (warna, bau, dan rasa) dan pemanasan. Analisa basah meliputi pemeriksaan kelarutan dalam air, reaksi pengendapanfiltrasi atau penyaringan, dan penyucian endapan. Makacara untuk mengidentifikasi anion berikut adalah: Anion dapat diidentifikasi dengan garam amonium/asam sulfamit yang akan menghasilkan gas . Anion dapat diidentifikasi dengan HCl atau yang akan menghasilkan gas . Anion dapat diidentifikasi dengan yang akan menghasilkan larutan berwarna kuning/orange. Jadi, jawaban yang benar anion diidentifikasi dengangaram amonium/asam sulfamit; anion dapat diidentifikasi dengan HCl atau ; dan anion diidentifikasi dengan .

Anion merupakan ion yang bermuatan negatif. Pada identifikasi anion dikenal dengan analisa pendahuluan yang meiputi analisa kering dan analisa basah. Analisa kering meliputi pemeriksaan organoleptis (warna, bau, dan rasa) dan pemanasan. Analisa basah meliputi pemeriksaan kelarutan dalam air, reaksi pengendapan filtrasi atau penyaringan, dan penyucian endapan. Maka cara untuk mengidentifikasi anion berikut adalah:

  1. Anion N O subscript 2 to the power of minus sign dapat diidentifikasi dengan garam amonium/asam sulfamit yang akan menghasilkan gas N subscript 2.
  2. Anion S O subscript 3 to the power of 2 minus sign end exponent dapat diidentifikasi dengan HCl atau H subscript 2 S O subscript 4 yang akan menghasilkan gas S O subscript 2.
  3. Anion I to the power of minus sign dapat diidentifikasi dengan K N O subscript 2 yang akan menghasilkan larutan berwarna kuning/orange.

Jadi, jawaban yang benar anion N O subscript 2 to the power of minus sign diidentifikasi dengan garam amonium/asam sulfamit; anion S O subscript 3 to the power of 2 minus sign end exponent dapat diidentifikasi dengan HCl atau H subscript 2 S O subscript 4; dan anion I to the power of minus sign diidentifikasi dengan K N O subscript 2.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

1

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Nama senyawa Fe ( NO 3 ​ ) 2 ​ adalah ....

99

4.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia