Roboguru

Dalam suatu campuran gas hidrogen, oksigen, nitrogen dan karbon dioksida pada suhu tertentu molekul dengan energi kinetik rerata yang paling besar adalah....

Pertanyaan

Dalam suatu campuran gas hidrogen, oksigen, nitrogen dan karbon dioksida pada suhu tertentu molekul dengan energi kinetik rerata yang paling besar adalah....

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Energi kinetik rerata molekul gas dirumuskan sebagai berikut:

top enclose E k end enclose equals 3 over 2 times k times T

Terlihat bahwa Energi kinetik rerata molekul berbanding lurus dengan temperatur gas (T). Oleh karena itu, jika terdapat campuran molekul gas yang berada pada temperatur atau suhu yang sama, maka molekul gas tersebut akan memiliki Energi kinetik rerata yang sama.

Sehingga tidak ada yang memiliki Energi kinetik rerata paling besar, karena setiap molekul gas berada pada temperatur yang sama, sehingga Energi kinetik reratanya sama besar.

Jadi, tidak ada dari keempat molekul gas tersebut yang memiliki energi kinetik rerata yang paling besar karena setiap molekul gas memiliki energi kinetik rerata yang sama.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebuah tabung berisi gas ideal. Menurut teori kinetik gas dan prinsip ekuipartisi energi diketahui:  molekul gas mengalami perubahan momentum ketika bertumbukan dengan dinding tabung, energi yang ...

Pembahasan Soal:

Sebuah tabung berisi gas ideal. Menurut teori kinetik gas dan prinsip ekuipartisi energi maka:

  1. Terjadi perubahan momentum dimana momentumnya menjadi lebih besar akibat bertumbukan dengan dinding begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell increment p end cell equals cell m v minus open parentheses negative m v close parentheses equals 2 m v end cell end table end style. Pernyataan 1 BENAR.
  2. Energi kinetik pada teori kinetik gas yaitu begin mathsize 14px style E subscript k equals bevelled 3 over 2 k T end stylesehingga energi akan berbanding lurus dengan suhunya. Pernyataan 2 BENAR.
  3. Secara umum energi kinetik dapat ditulis dalam bentuk begin mathsize 14px style E subscript k equals bevelled f over 2 k T end style,f menunjukan derajat kebebasan. Pernyataan 3 BENAR.
  4. Tumbukan yang terjadi antara partikel dan dinding adalah lenting sempurna sehingga berlaku hukum kekekalan energi. Pernyataan 4 SALAH.

Jadi jawaban yang tepat adalah C

 

1

Roboguru

Gas sebanyak 0,25 mol bervolume 100 liter. Jika Energi kinetic partikel gasnya 3 x10-23 J. Tekanan gas tersebut ....

Pembahasan Soal:

Diketahui:

 = 0,25 mol 

V  = 100 liter = 0,1 m3

Ek = 3 x10-23 

NA = 6,02 x1023 

Ditanya : Tekanan gas?

Penyelesaian :

Untuk mencari tekanan maka gunakan persamaan energi kinetik partikel gas ideal

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell E k end cell equals cell 3 over 2 fraction numerator P V over denominator N end fraction end cell row P equals cell 2 over 3 fraction numerator N times E k over denominator V end fraction end cell row P equals cell 2 over 3 fraction numerator n times N subscript A times E k over denominator V end fraction end cell row blank equals cell 2 over 3 fraction numerator 0 comma 25 times 6 comma 02 times 10 to the power of 23 times 3 times 10 to the power of negative 23 end exponent over denominator 0 comma 1 end fraction end cell row blank equals cell 30 comma 1 space Pa end cell end table end style

Dengan demikian, tekanan gas adalah 30,1 Pa.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A

0

Roboguru

Gas ideal berada dalam ruang tertutup bertekanan 4 atm suhu 127°C dan volume 3 L. Jika tekanan diturunkan menjadi 0,25 kali tekanan semula dan volume gas tetap, maka besar energi kinetik gas ideal men...

Pembahasan Soal:

Diketahui:

P1=4atmT=127CP2=0,25P1=1atmV1=V2=3L

Ditanya: Energi kinetik gas ideal akhir (EK2)?

Jawab:

Besar energi kentik sama dengan energi dalam sehingga

EK=U=23PV

Energi kinetik gas ideal akhir (EK2)

EK2EK1EK2EK1EK2EK1EK2=====23P2V23P1VP2P11441EK10,25EK1

Jadi, besar energi kentik gas adalah 0,25 kali semula.


Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah E. 

 

0

Roboguru

Energi internal gas diatomik sebesar 3,612 x 1029 joule. Dua mol gas diatomik memiliki energi kinetik rata-rata sebesar ... joule.

Pembahasan Soal:

Diketahui

U=3,612×1029Jn=2 

Ditanyakan

Energi kinetik rata-rata

Jawab

Energi dalam merupakan energi kinetik rata-rata gas, sehingga:

U=n×NA×EkEk=n×NAUEk=2×6,02×10233,612×1029Ek=3×105J 

Dengan demikian, energi kinetik rata-ratanya adalah sebesar 3 x 105 J.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Jika gas diatomik mengalami kenaikan suhu, maka yang dapat mengalami peningkatan adalah .... Energi dalam Energi Rotasi Energi Kintetik Translasi Energi Vibrasi

Pembahasan Soal:

Menurut Teorema Ekipartisi Energi, Energi kinetik partikel gas dipengaruhi oleh temperatur gas dan derajat kebebasan partikel gas, yang dinyatakan ke dalam persamaan berikut ini:

E subscript k equals f times open parentheses 1 half times k times T close parentheses

adalah drajat kebebasan partikel gas yang menyatakan banyaknya cara partikel gas bergerak. Sedangkan adalah temperatur atau suhu gas. Persamaan itu menunjukkan bahwa suhu gas mempengaruhi energi kinetik partikel gas. Bentuk Energi kinetik yang dimiliki partikel gas ada beberapa macam, yaitu energi kinetik translasi, rotasi, dan vibrasi. Gas diatomik sendiri dapat bergerak secara translasi, rotasi, dan vibrasi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Sehingga, ketika gas diatomik tersebut mengalami kenaikan suhu, maka ketika bentuk energi kinetik tersebut akan mengalami peningkatan, yaitu peningkatan energi kinetik translasi, energi rotasi, dan energi vibrasi. sehingga pernyataan 2, 3, dan 4 benar.

Energi dalam pada gas ideal atau sering diberikan notasi U, merupakan jumlah energi kinetik total dari seluruh molekul gas dalam suatu ruangan, yang dirumuskan sbb:

U equals N times stack E subscript k with bar on top 

Pada persaman itu terlihat bahwa Energi dalam gas sebanding dengan energi kinetik partikel gas. Sehingga, energi dalam gas diatomik tersebut juga akan meningkat karena energi kinetik partikel gas juga meningkat akibat kenaikan suhu gas. Sehingga, pernyataan 1 benar.

Jadi, pernyataan yang tepat adalah pernyataan nomor 1, 2, 3, dan 4.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved