Roboguru

Jika gas diatomik mengalami kenaikan suhu, maka yang dapat mengalami peningkatan adalah .... Energi dalam Energi Rotasi Energi Kintetik Translasi Energi Vibrasi

Pertanyaan

Jika gas diatomik mengalami kenaikan suhu, maka yang dapat mengalami peningkatan adalah ....

  1. Energi dalam
  2. Energi Rotasi
  3. Energi Kintetik Translasi
  4. Energi Vibrasi

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Menurut Teorema Ekipartisi Energi, Energi kinetik partikel gas dipengaruhi oleh temperatur gas dan derajat kebebasan partikel gas, yang dinyatakan ke dalam persamaan berikut ini:

E subscript k equals f times open parentheses 1 half times k times T close parentheses

adalah drajat kebebasan partikel gas yang menyatakan banyaknya cara partikel gas bergerak. Sedangkan adalah temperatur atau suhu gas. Persamaan itu menunjukkan bahwa suhu gas mempengaruhi energi kinetik partikel gas. Bentuk Energi kinetik yang dimiliki partikel gas ada beberapa macam, yaitu energi kinetik translasi, rotasi, dan vibrasi. Gas diatomik sendiri dapat bergerak secara translasi, rotasi, dan vibrasi seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Sehingga, ketika gas diatomik tersebut mengalami kenaikan suhu, maka ketika bentuk energi kinetik tersebut akan mengalami peningkatan, yaitu peningkatan energi kinetik translasi, energi rotasi, dan energi vibrasi. sehingga pernyataan 2, 3, dan 4 benar.

Energi dalam pada gas ideal atau sering diberikan notasi U, merupakan jumlah energi kinetik total dari seluruh molekul gas dalam suatu ruangan, yang dirumuskan sbb:

U equals N times stack E subscript k with bar on top 

Pada persaman itu terlihat bahwa Energi dalam gas sebanding dengan energi kinetik partikel gas. Sehingga, energi dalam gas diatomik tersebut juga akan meningkat karena energi kinetik partikel gas juga meningkat akibat kenaikan suhu gas. Sehingga, pernyataan 1 benar.

Jadi, pernyataan yang tepat adalah pernyataan nomor 1, 2, 3, dan 4.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Juli 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved