Roboguru

Dalam struktur candi yang ditemukan di Indonesia, terdapat ciri budaya Indonesia yang menjadi bentuk akulturasi dari budaya Hindu-Buddha adalah ....

Pertanyaan

Dalam struktur candi yang ditemukan di Indonesia, terdapat ciri budaya Indonesia yang menjadi bentuk akulturasi dari budaya Hindu-Buddha adalah .... 

  1. relief pintu masuk candi

  2. tubuh candi

  3. atap candi

  4. punden berundak

  5. bagian dalam candi 

Pembahasan Soal:

Dasar bangunan candi itu merupakan hasil pembangunan bangsa Indonesia dari zaman Megalitikum, yaitu bangunan punden berundak-undak. Punden berundak-undak ini mendapat pengaruh Hindu-Budha, sehingga menjadi wujud sebuah candi, seperti Candi Borobudur.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut merupakan pengaruh agama dan kebudayaan Hindu-Buddha bagi masyarakat Indonesia, kecuali…..

Pembahasan Soal:

Masuknya agama Hindu-Buddha membawa pengaruh bagi kebudayaan di Indonesia. Pengaruh dari adanya perkembangan ajaran Hindu Buddha di Indonesia, tidak lepas dari beberapa hal penting berikut ini: 

Beberapa contoh pengaruh agama dan kebudayaan Hindu-Buddha sebagai berikut.

  1. Politik : sebelum masuknya Hindu-Budha, masyarakat mengenal sistem pemerintahan sederhana yang dipilih berdasarkan kelebihannya. Bisa karena umur, bijaksana, berwibawa atau memiliki kekuatan gaib. Setelah pengaruh India masuk, pemimpin tadi diubah jadi raja dan wilayahnya disebut kerajaan. Contohnya adalah kerajaan Kutai.
  2. Sosial : pengaruh Hindu-Buddha dalam bidang sosial ditandai dengan munculnya pembedaan yang tegas antar kelompok masyarakat. Dalam masyarakat Hindu, pembedaan ini disebut dengan sistem kasta. Adanya pembagian masyarakat berdasarkan kasta berdampak pada perbedaan hak-hak antara golongan-golongan kasta yang berlainan, terutama dalam hal pewarisan harta, pemberian sanksi dan kedudukan dalam pemerintahan.
  3. Arsitektur : sebelum masuknya pengaruh India, bangunan untuk melakukan pemujaan roh nenek moyang adalah punden berundak. Setelah terkena pengaruh India, masyarakat mulai mengenal teknik pembangunan candi. Meskipun begitu, terdapat perbedaan antara India dan Indonesia. Contohnya Candi Budha di India hanya berbentuk stupa, sedangkan di Indonesia stupa merupakan ciri khas atap candi-candi agama Budha.
  4. Sastra : pada pengaruh bahasa dan aksara, orang-orang Indonesia mengenal bahasa Sansekerta dan huruf pallawa. Sedangkan pada bidang sastra berkembang karya-karya seperti cerita Mahabarata dan Ramayana.

Dengan demikian, masuknya agama Hindu-Buddha membawa pengaruh bagi kebudayaan di Indonesia dalam bidang politik, sosial, arsitektur dan sastra.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Berikut merupakan wujud pengaruh agama dan kebudayaan Hindu-Buddha bagi masyarakat Indonesia, kecuali...

Pembahasan Soal:

Akulturasi kebudayaan yaitu suatu proses percampuran antara unsur-unsur kebudayaan yang satu dengan kebudayaan yang lain, sehingga membentuk kebudayaan baru. Kebudayaan baru yang merupakan hasil percampuran itu masing-masing tidak kehilangan kepribadian/ciri khasnya. Oleh karena itu, untuk dapat berakulturasi, masing-masing kebudayaan harus seimbang.  Begitu juga untuk kebudayaan Hindu-Buddha dari India dengan kebudayaan Indonesia asli. Contoh hasil akulturasi antara kebudayaan Hindu-Buddha dengan kebudayaan Indonesia asli sebagai berikut: berkembangnya teknologi pembuatan candi, mulai dikenalnya aksara dan kesusastraan, mulai dikenalnya konsep raja dan kerajaan, dikenalnya sistem kasta pada masyarakat Hindu.

Dengan demikian, akulturasi antara kebudayaan lokal dengan Hindu-Budha nampak dalam berbagai bidang yaitu dalam seni bangunan, bahasa dan sastra, sistem pemerintahan, strata sosial dalam masyarakat Hindu dll.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

Roboguru

Meskipun masyarakat Indonesia sudah menganut agama Hindu, tetapi masih nampak pengaruh unsur kebudayaan asli Indonesia, yaitu berupa Yupa yang menyerupai pendirian ....

Pembahasan Soal:

Menhir adalah batu tunggal, biasanya berukuran besar, yang ditatah seperlunya sehingga berbentuk tugu dan biasanya diletakkan berdiri tegak di atas tanah. Istilah menhir diambil dari bahasa Keltik, dari kata men (batu) dan hir (panjang). Jadi,artinya adalah batu panjang.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Bukti kejayaan kerajaan Budha di nusantara di masa lalu yang masih terus memberikan inspirasi bangsa Indonesia hingga saat ini adalah ....

Pembahasan Soal:

Dengan berdiri dan berkembangnya kerajaan-kerajaan yang tersebar di wilayah Nusantara, ajaran Hindu-Buddha di Nusantara meninggalkan pengaruh dalam kehidupan sosial masyarakat. Peninggalan-peninggalan paling populer sejarah Hindu-Buddha seperti kuil dan berbagai prasasti. Candi adalah bangunan kuno yang dibuat dari batu (sebagai tempat pemujaan, penyimpanan abu jenazah raja-raja, pendeta-pendeta Hindu dan Buddha pada zaman dulu). Istilah candi berasal dari salah satu nama untuk Dewi Durgha (dewi maut) yaitu Candika. Di mana itu ada kaitannya dengan fungsi candi sebagai tempat untuk memuliakan raja yang tela meninggal. Salah satu peninggalan kebudayaan Budha di Indonesia adalah candi Borobudur, candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia, sekaligus salah satu monumen Buddha terbesar di dunia. Atas upaya Pemerintah Republik Indonesia dan UNESCO, kemudian situs bersejarah ini masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia.undefined

Dengan demikian, bukti kejayaan kerajaan Budha di nusantara di masa lalu yang masih terus memberikan inspirasi bangsa Indonesia hingga saat ini adalah candi Borobudur.

 

Roboguru

Temukanlah pengaruh budaya Hindu-Buddha yang masih ada hingga saat ini ...

Pembahasan Soal:

Datangnya Hindu-Buddha ke Nusantara pada abad ke-5 masehi yang ditandai dengan ditemukannya Prasasti Yupa di Kerajaan Kutai, Kalimantan Timur, tentu memberikan pengaruh lain dalam berbagai segi kehidupan di masyarakat Nusantara (Indonesia), bahkan hingga kini. Salah satu pengaruh tersebut yang masih bisa ditemukan hingga kini misalnya dapat dilihat dari arsitektur candi. 

Candi yang merupakan peninggalan benda Masa Kerajaan Hindu-Buddha, pada awalnya digunakan sebagai medium peribadatan dan tempat akhir bagi para raja-raja Hindu Buddha. Akan tetapi, di masa kini tentu fungsi tersebut sudah berubah objek wisata dan warisan sejarah yang dapat dinikmati. Beberapa candi tersebut adalah Candi Borobudur, Prambanan, Gedong Songo, dan sebagainya. Selain itu, dari segi akulturasi atau percampuran dua budaya dalam bidang bangunan, beberapa Masjid seperti Agung Demak menunjukkan akulturasi tersebut dengan atapnya yang tumpang berjumlah ganjil seperti pura Hindu. 

Jadi, pengaruh Hindu Buddha yang masih bisa dirasakan hingga kini adalah dari segi bangunan (arsitektur).

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved