Roboguru

Jelaskan tentang makna akulturasi kebudayaan Hindu-Buddha dan Islam!

Pertanyaan

Jelaskan tentang makna akulturasi kebudayaan Hindu-Buddha dan Islam!

Pembahasan Soal:

Bersamaan dengan masuk dan berkembangnya agama Islam, berkembang pula kebudayaan Islam di Indonesia. Unsur kebudayaan Islam itu lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan Indonesia tanpa menghilangkan kepribadian Indonesia, sehingga lahirlah kebudayaan baru yang merupakan akulturasi kebudayaan Indonesia dan Islam. Akulturasi kebudayaan Indonesia dan Islam itu juga mencakup unsur kebudayaan Hindu-Budha. Perpaduan kebudayaan Indonesia dan Islam, antara lain dapat dilihat sebagai berikut :

  1. Seni bangunan, misalnya bangunan makam. Makam sebagai hasil kebudayaan zaman Islam mempunyai ciri ciri perpaduan antara unsur budaya Islam dan unsur budaya sebelumnya. Pada makam Islam sering kita jumpai bangunan kijing atau jirat (bangunan makam yang terbuat dari tembok batu bata) yang disertai bangunan rumah (cungkup) di atasnya. Dalam Islam tidak ada aturan tentang adanya kijing atau cungkup. Adanya bangunan tersebut merupakan ciri bangunan candi dalam ajaran agama Hindu-Budha.
  2. Penempatan makam, dalam penempatan makampun terjadi akulturasi antara kebudayaan lokal, Hindu-Budha dan Islam. Contohnya, makam terletak di tempat yang lebih tinggi dan dekat dengan masjid. Misalnya, makam raja-raja Mataram yang terletak di bukit Imogiri dan makam para wali yang berdekatan dengan masjid.
  3. Seni rupa, wujud akulturasi dari kebudayaan Indonesia dan islam pada seni rupa dapat dilihat pada ukiran bangunan sebuah makam. Hiasan pada jirat (batu kubur) yang berupa susunan bingkai meniru bingkai candi. Pada dinding rumah, makam dan gapura terdapat corak dan hiasan yang mirip dengan corak dan hiasan yang terdapat pada Pura Ulu Watu dan Pura Sakenan Duwur di Tuban (Jawa Timur). Salah satu cabang seni rupa yang berkembang pada awal penyebaran agama Islam di Indonesia adalah seni kaligrafi. Kaligrafi biasanya digunakan untuk menghias bangunan sebuah makam atau masjid.
  4. Aksara, akulturasi kebudayaan Indonesia dan Islam dalam hal aksara diwujudkan dengan berkembangnya tulisan Arab Melayu di Indonesia, yaitu tulisan Arab yang dipakai untuk menulis dalam bahasa Melayu. Tulisan Arab Melayu tidak menggunakan tanda a, i, u seperti lazimnya tulisan Arab. Tulisan Arab Melayu disebut dengan istilah Arab gundul.
  5. Seni Sastra, kesusastraan pada zaman Islam banyak berkembang di daerah sekitar selat Malaka dan Jawa. Pengaruh yang kuat dalam karya sastra pada zaman Islam berasal dari Persia. Misalnya, Hikayat Amir Hamzah, Hikayat Bayan Budiman, dn Cerita 1001 Malam. Selain itu, pengaruh budaya Hindu-Budha juga terlihat dalam karya sastra Indonesia. Misalnya, Hikayat Pandawa Lima, Hikayat Sri Rama, Hikayat Kuda Semirang, dan Syair Panji Semirang.
  6. Sistem Pemerintahan, pengaruh agama Islam di Indonesia juga terjadi dalam pemerintahan sehingga terjadi akulturasi antara kebudayaan Islam dan kebudyaan pra-Islam. Sebelum masuknya agama Islam, di nusantara telah berkembang sistem pemerintahan dalam bentuk kerajaan. Raja mempunyai kekuasaan besar dan bersifat turun-temurun. Dengan  masuknya pengaruh Islam mengakibatkan perubahan struktur pemerintahan dalam penyebutan raja. Raja tidak lagi dipanggil maharaja, tetapi diganti dengan julukan sultan atau sunan (susuhunan), panembahan, dan maulana. Pada umumnya nama raja pun disesuaikan dengan nama Islam (Arab).

Dengan demikian, maknaya kita dapat mengetahui hasil akulturasi dan dapat hidup damai dalam bermasyarakat, beberapa hasil akulturasi kebudayaan yaitu seni bangunan, penempatan makam, seni rupa, aksara, seni sastra, dan sistem pemerintahan.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang tidak termasuk bidang- bidang yang dipelajari masyarakat Indonesia pada masa kerajaan bercorak Hindu-Buddha adalah.....

Pembahasan Soal:

Jawaban: d. militer

Pembahasan:

Pengaruh masuknya ajaran agama dan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia ada pada beberapa bidang yang menjadikan masayarakat Indonesia pada waktu itu menjadi maju seperti bidang keagamaan yang sebelumnya hanya mengenal kepercayaan leluhur (Animisme dan Dinamisme) menjadi agama Hindu-Buddha. Bidang  bahasa dan kesusastraan adalah dikenal dan digunakannya bahasa Sanskerta dan huruf Pallawa oleh masyarakat Indonesia. Sistem pemerintahan kerajaan dikenalkan oleh orang-orang India. Dalam sistem ini, kelompok-kelompok kecil masyarakat bersatu dengan kepemilikan  wilayah  yang luas. Kepala suku yang terbaik dan terkuat berhak atas tampuk kekuasaan kerajaan

0

Roboguru

Contoh perpaduan (akultulasi) budaya Hindu-Buddha dengan budaya asli Indonesia dalam bentuk seni rupa dan seni bangunan...

Pembahasan Soal:

Akulturasi atau perpaduan kebudayaan lokal dengan kebudayaan asing yang lambat laun diterima oleh kebudayaan lokal tanpa menghilangkan unsur kebudayaan lokal tersebut. Salah satu bentuk akulturasi budaya di Indonesia adalah pada seni rupa dan seni bangunan seperti candi. Bentuk bangunan candi di Indonesia pada umumnya merupakan akulturasi antara unsur budaya Hindu-Buddha dengan budaya lokal Indonesia. Bangunan yang megah, patung-patung perwujudan dewa/ Buddha, stupa dan candi, serta ukiran yang dipahat pada relief candi merupakan unsur dari India (Hindu-Buddha),  berpadu dengan unsur lokal Indonesia yakni punden berundak. Salah satu contoh bangunan dengan akulturasi budaya tersebut adalah Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Singasari, dll. 

Dengan demikian, contoh perpaduan (akulturasi) budaya Hindu-Buddha dengan budaya asli Indonesia dalam bentuk seni rupa dan seni bangunan dapat dilihat pada candi di Indonesia di mana memadukan budaya India yakni kemegahan bangunan, seni rupa berupa pembuatan patung dewa/ Buddha, stupa dan candi, serta berbagai ukiran yang dipahat pada relief candi dengan unsur budaya asli Indonesia yakni punden berundak.

0

Roboguru

Tuliskan contoh hasil akulturasi antara kebudayaan Hindu dan Budha!

Pembahasan Soal:

Contoh dari hasil akulturasi antara kebudayaan Hindu dan Budha ada beberapa macam, salah satunya adalah seni bangunan di Indonesia. Pada umumnya, bangunan candi merupakan bentuk akulturasi antara unsur budaya Hindu-Buddha dan unsur budaya Indonesia asli. Bangunan yang megah, patung-patung perwujudan dewa atau buddha, serta bagian-bagian candi dan stupa adalah unsur-unsur dari India.

Kemudian seni rupa dan seni ukir. Masuknya pengaruh India juga membawa perkembangan dalam bidang seni rupa, seni pahat, dan seni ukir. Hal tersebut dapat dilihat pada relief atau seni ukir yang dipahatkan pada bagian dinding-dinding candi. Contohnya adalah relief yang dipahatkan pada dinding pagar.

Jadi, jawabannya adalah seni bangunan, seni rupa, dan seni ukur.

3

Roboguru

Setelah kamu memahami kehidupan masyarakat awal Hindu-Buddha, coba amati dan perhatikanlah daerah di sekitar tempat tinggal kamu. Apakah masih ada pengaruh-pengaruh budaya masa Hindu-Buddha yang masih...

Pembahasan Soal:

Pendukung budaya Hindu-Buddha saat ini adalah para brahmana atau para pemuka agama Hindu dan umatnya, dan juga oleh para biksu agama Buddha yang menetap di Indonesia bersama umatnya. Selain itu, akulturasi atau percampuran budaya Hindu-Buddha dengan Nusantara yang masih ada seiring perkembangannya didukung atau dilestarikan pula oleh masyarakat lokal atau masyarakat setempat di mana budaya itu ada. Contohnya, Candi Borobudur yang juga menjadi kebanggaan Nusantara dan tetap dilestarikan bukan hanya oleh umat Buddha saja, bahkan tercatat menjadi warisan budaya oleh UNESCO. 

Dengan demikian, pendukung budaya Hindu-Buddha di Indonesia adalah para pemuka agama dan umat Hindu-Buddha khususnya, serta juga dukungan dari masyarakat lokal yang ikut merasa memiliki budaya Hindu-Buddha yang berakulturasi dengan budaya setempat.

0

Roboguru

Salah satu bentuk akulturasi yang terdapat pada bangunan candi antara budaya Indonesia dengan budaya India adalah ...

Pembahasan Soal:

Akulturasi pada dasarnya adalah perpaduan dua unsur kebudayaan tanpa menghilangkan keunikan dari masing-masing kebudayaan. Hal tersebut pun nampak dalam akulturasi antara kebudayaan India dengan kebudayaan Indonesia, terutama dalam bidang arsitektur yaitu candi.
Salah satu bentuk akulturasinya adalah stupa dari India dengan punden berundak yang merupakan pola bangunan khas dari kebudayaan Indonesia. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah opsi D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved