Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dalam sisem manajemen bencana, sosialisasi untuk mengantisipasi dan mengurangi risiko akibat bencana merupakan kegiatan ....

Dalam sisem manajemen bencana, sosialisasi untuk mengantisipasi dan mengurangi risiko akibat bencana merupakan kegiatan ....

  1. pencegahan

  2. mitigasi

  3. kesiapsiagaan

  4. tanggap darurat

  5. rehabilitasi

Iklan

D. Tri

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Penyelenggaraan penanggulangan bencana terdiri atas 3 (tiga) tahap meliputi: prabencana, tanggap darurat, dan pascabencana . Berikut ini adalah penjelasannya: Prabencana mencakup kegiatan yang dapat dilakukan sebagai antisipasi sebelum datangnya bencana. Tahap inimeliputi: pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, danperingatan dini.Penjelasannya adalah sebagai berikut: Pencegahan: upaya untuk menghilangkan atau mengurangi kemungkinan timbulnya suatu ancaman. Misalnya: pembuatan bendungan untuk menghindari terjadinya banjir, pembuatan biopori, penanaman tanaman keras di lereng bukit untuk menghindari banjir. Mitigasi: upaya yang dilakukan untuk mengurangi dampak buruk dari suatu ancaman. Misalnya: penataan kembali lahan desa agar terjadinya banjir tidak menimbulkan kerugian besar. Kesiapsiagaan : yaitu persiapan rencana untuk bertindak ketika terjadi (atau kemungkinan akan terjadi) bencana. Perencanaan terdiri dari perkiraan terhadap kebutuhan-kebutuhan dalam keadaan darurat dan identifikasi atas sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tanggap darurat. Tahap ini berlangsung sesaat setalah terjadi bencana dan dimulai dengan mengumumkan kejadian bencana serta mengungsikan masyarakat. Pada tahap ini, rencana penanggulangan bencana segera dijalankan dan posko penanggulangan bencana segera didirikan. Dalam tahap ini, petugas penyelamat fokus pada pertolongan korban bencana dan antisipasi kerusakan akibat bencana. Pascabencana , yaitu upaya untuk mengembalikan kondisi masyarakat sehingga menjadi seperti semula. Pada tahap ini, fokus utama yang dilakukan petugas dan masyarakat adalah menyediakan tempat tinggal sementara bagi korban dan membangun kembali sarana dan prasarana yang rusak. Bedasarkan penjelasan di atas, sosialisasi untuk mengantisipasi dan mengurangi risiko akibat bencana merupakan bagian dari kegiatan mitigasi. Hal ini dikarenakan oleh tujuan sosialisasi kebencanaan yang mengandung maksud utama untuk mengantisipasi dan mengurangi risiko yang mungkin timbul saat terjadi bencana. yang Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Penyelenggaraan penanggulangan bencana terdiri atas 3 (tiga) tahap meliputi: prabencana, tanggap darurat, dan pascabencana. Berikut ini adalah penjelasannya:

  1. Prabencana mencakup kegiatan yang dapat dilakukan sebagai antisipasi sebelum datangnya bencana. Tahap ini meliputi: pencegahan, mitigasi, kesiapsiagaan, dan peringatan dini. Penjelasannya adalah sebagai berikut:
  • Pencegahan: upaya untuk menghilangkan atau mengurangi kemungkinan timbulnya suatu ancaman. Misalnya: pembuatan bendungan untuk menghindari terjadinya banjir, pembuatan biopori, penanaman tanaman keras di lereng bukit untuk menghindari banjir.
  • Mitigasi: upaya yang dilakukan untuk mengurangi dampak buruk dari suatu ancaman. Misalnya: penataan kembali lahan desa agar terjadinya banjir tidak menimbulkan kerugian besar.
  • Kesiapsiagaan: yaitu persiapan rencana untuk bertindak ketika terjadi (atau kemungkinan akan terjadi) bencana. Perencanaan terdiri dari perkiraan terhadap kebutuhan-kebutuhan dalam keadaan darurat dan identifikasi atas sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan tersebut.
  1. Tanggap darurat. Tahap ini berlangsung sesaat setalah terjadi bencana dan dimulai dengan mengumumkan kejadian bencana serta mengungsikan masyarakat. Pada tahap ini, rencana penanggulangan bencana segera dijalankan dan posko penanggulangan bencana segera didirikan. Dalam tahap ini, petugas penyelamat fokus pada pertolongan korban bencana dan antisipasi kerusakan akibat bencana.
  2. Pascabencana, yaitu upaya untuk mengembalikan kondisi masyarakat sehingga menjadi seperti semula. Pada tahap ini, fokus utama yang dilakukan petugas dan masyarakat adalah menyediakan tempat tinggal sementara bagi korban dan membangun kembali sarana dan prasarana yang rusak.

Bedasarkan penjelasan di atas, sosialisasi untuk mengantisipasi dan mengurangi risiko akibat bencana merupakan bagian dari kegiatan mitigasi. Hal ini dikarenakan oleh tujuan sosialisasi kebencanaan yang mengandung maksud utama untuk mengantisipasi dan mengurangi risiko yang mungkin timbul saat terjadi bencana. yang Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

39

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Optimasi kelembagaan, baik pemerintah maupun swasta, merupakan faktor penting dalam upaya mitigasi bencana. SEBAB Kerjasama antar lembaga dimaksudkan untuk dapat menentukan langkah-langkah yang ...

293

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia