Roboguru

Dalam sidang PPKI kedua, ditetapkan 12 kementerian dan 4 menteri negara. Tokoh yang menjabat Menteri Pengajaran, Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pertama adalah

Pertanyaan

Dalam sidang PPKI kedua, ditetapkan 12 kementerian dan 4 menteri negara. Tokoh yang menjabat Menteri Pengajaran, Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia pertama adalah

  1. Ahmad Soebardjo

  2. Soepomo

  3. Ki Hajar Dewantara

  4. Wahid Hasyim

Pembahasan Soal:

Hasil sidang PPKI ke-II, di samping mencetuskan pembagian provinsi dan pemilihan gubernur pertama, dalam sidang PPKI juga membahas pembentukan kabinet yang pertama. Sebelum sidang PPKI secara resmi dimulai, Sukarno sempat meminta Ahmad Subardjo membentuk panitia kecil lainnya yang bertugas membuat usulan daftar departemen tanpa personalia. Usulan Ahmad Subardjo kemudian disetujui anggota sidang dan menghasilkan 12 departemen dalam sebuah kabinet presidensial. Berikut ini adalah 12 Departemen dan 4 kementrian negara untuk membantu presiden, yaitu.

  1. Departemen Dalam Negeri : Wiranata Kusumah.
  2. Departemen Luar Negeri : Ahmad Subardjo.
  3. Departemen Kehakiman : Dr. Soepomo.
  4. Departemen Keuangan : A.A Maramis.
  5. Departemen Kemakmuran : Ir. Surachman Tjokrodisuryo.
  6. Departemen Pengajaran : Ki Hajar Dewantara.
  7. Departemen Penerangan : Amir Syarifudin.
  8. Departemen Sosial : Iwa Kusumasumantri.
  9. Departemen Pertahanan : Supriyadi.
  10. Departemen Kesehatan : Boentaran Martoatmodjo.
  11. Departemen Perhubungan : Abikusno Tjokrosujoso.
  12. Departemen Pekerjaan Umum : Abikusno Tjokrosujoso.
  13. Menteri Negara : Wachid Hasyim.
  14. Menteri Negara : R.M Sartono.
  15. Menteri Negara : M. Amir.
  16. Menteri Negara : R. Otto Iskandardinata.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 01 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan dua lembaga yang dibentuk pemerintah pada awal kemerdekaan ...

Pembahasan Soal:

Pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus 1945, sebagai negara yang telah menyatakan kedaulatan dan kemerdekaannya, banyak hal yang masih harus dilakukan terutama berkaitan untuk memenuhi perangkat-perangkat kenegaraan. Dalam rangka mendukung proses itu, PPKI menggelar tiga kali sidang, tepatnya di tanggal 18, 19 dan 22 Agustus 1945. Diantara sidang PPKI yang membahas lembaga kenegaraan, terjadi pada sidang ke-3 tanggal 22 Agustus 1945.
Pada sidang ke-3, PPKI membahas pembentukan Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) sebagai lembaga yang diserahi tugas legislatif, mengingat DPR dan MPR belum terbentuk ketika itu. KNIP sendiri diresmikan pada 29 Agustus 1945, dengan beranggotakan 137 orang dan diketuai oleh Mr. Kasman Singodimejo. 
Selain KNIP, pada sidang ke-3, PPKI pun membahas Badan Keamanan Rakyat (BKR) yang bertugas memelihara keamanan dan wilayah Indonesia. BKR sendiri diresmikan pada 23 Agustus 1945, dan mengangkat Arudji Kartawinata sebagai Komandan untuk pasukan BKR yang terdiri dari para pemuda bekas PETA dan KNIL. 

Jadi, dua lembaga yang dibentuk pada awal kemerdekaan adalah KNIP dan BKR. 
 

0

Roboguru

Awal pemerintahan Indonesia setelah proklamasi kemerdekaan, Indonesia bagaikan bayi yang baru Iahir, oleh karena itu PPKI melakukan sidang-sidang. Bandingkan hasil sidang PPKI yang pertama dengan yang...

Pembahasan Soal:

PPKI atau Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia bertugas untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Sejarahnya, PPKI pernah menggelar tiga kali sidang. Sidang PPKI pertama dilaksanakan pada tanggal 18 Agustus 1945. Hasil sidang PPKI pertama antara lain: mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945, memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden, pembentukan Komite nasional untuk membantu tugas presiden sementara sebelum dibentuknya MPR dan DPR. Sidang PPKI kedua dilaksanakan pada tanggal 19 Agustus 1945 dengan hasil senagai berikut: pembagian wilayah terdiri atas 8 provinsi, membentuk Komite Nasional (daerah), menetapkan 12 departemen dengan menterinya yang mengepalai departemen dan 4 menteri agama. Sidang PPKI ketiga pada 21 Agustus 1945 dengan hasil sebagai berikut: pembentukan Komite Nasional, membentuk Partai Nasional Indonesia dan Pembentukan Badan Keamanan Rakyat.

Dengan demikian,  perbandingkan hasil sidang PPKI yang pertama dengan yang kedua hasil sidang PPKI antaralain hasil sidang PPKI pertama antara lain: mengesahkan Undang-Undang Dasar 1945, memilih Ir. Soekarno sebagai Presiden dan Drs. Mohammad Hatta sebagai Wakil Presiden, pembentukan Komite nasional untuk membantu tugas presiden sementara sebelum dibentuknya MPR dan DPR. Hasil sidang kedua PPKI: pembagian wilayah terdiri atas 8 provinsi, membentuk Komite Nasional (daerah), menetapkan 12 departemen dengan menterinya yang mengepalai departemen dan 4 menteri agama.

1

Roboguru

Salah satu syarat pembentukan suatu negara adalah berdirinya pemerintahan. Pemerintahan pertama Republik Indonesia ditetapkan dalam sidang-sidang PPKI. Sidang kedua PPKI menghasilkan keputusan antara ...

Pembahasan Soal:

Sidang PPKI kedua dilaksakan pada tanggal 19 Agustus 1945 dengan hasil sebagai berikut.

  1. Pembagian wilayah terdiri dari 8 provinsi.
  2. Membentuk komite nasional di daerah.
  3. Menetapkan 12 departemen dengan menterinya yang mengepalai departemen dan 4 menteri agama.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Peran Ki Hajar Dewantara dalam pembentukan pemerintahan Indonesia adalah ....

Pembahasan Soal:

Ki Hadjar Dewantara merupakan tokoh pergerakan yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889. Ki Hadjar Dewantara memulai aktivitas politik dan perjuangannya dengan mendirikan Indische Partij bersama dengan E.F.E. Douwes Dekker dan dr. Cipto Mangunkusumo. Selain itu, kiprah Ki Hadjar Dewantara dalam perjuangan (terutama di bidang pendidikan) adalah dengan mendirikan sekolah Taman Siswa di Yogyakarta. Pasca Indonesia diproklamirkan sebagai negara merdeka, Ki Hadjar Dewantara juga mempunyai peran dalam pembentukan pemerintahan awal Republik Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan diangkatnya Ki Hadjar Dewantara sebagai Menteri Pengajaran pertama Republik Indonesia yang selanjutnya juga merumuskan pemikiran-pemikirannya dalam kebijakan pendidikan nasional.

Dengan demikian, peran Ki Hadjar Dewantara berperan sebagai Menteri Pengajaran.

0

Roboguru

Sebutkan hasil keputusan rapat PPKI yang kedua 19 Agustus 1945!

Pembahasan Soal:

PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) merupakan salah satu lembaga yang dibentuk pada masa penjajahan Jepang. Organisasi yang didirikan pada 7 Agustus 1945 tersebut memiliki anggota awal berjumlah 21 orang. Pasca kemerdekaan, organisasi tersebut melakukan tiga kali sidang terkait pembentukan pemerintahan di Indonesia yakni tanggal 18, 19, dan 22 Agustus 1945. Berikut ini hasil sidang PPKI yang kedua yakni 19 Agustus 1945.

  1. Menetapkan 12 Kementerian yang bertugas membantu Presiden.
  2. Membagi wilayah Indonesia ke dalam delapan provinsi beserta menunjuk para gubernurnya.
  3. Membentuk Komite Nasional (Daerah).

Dengan demikian, sidang PPKI yang kedua fokus pembahasannya untuk menyusun pemerintahan pusat dan daerah.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved