Roboguru

Pertanyaan

Dalam peristiwa efek Doppler, apakah terjadi perubahan frekuensi gelombang bunyi? Apakah panjang gelombang bunyi juga berubah? Apakah kecepatan gelombang juga berubah?undefined 

Y. Maghfirah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

dalam peristiwa efek Doppler terjadi perubahan frekuensi gelombang bunyi dan panjang gelombang. Sedangkan kecepatan gelombang tidak ikut berubah.

Pembahasan

Iya, terjadi perubahan frekuensi gelombang bunyi. Efek Doppler menjelaskan fenomena yang berkaitan dengan pergerakan sumber bunyi terhadap pendengar yang relatif satu sama lain dan menyebabkan frekuensi yang didengar berbeda dari frekuensi yang dihasilkan sumber bunyi.

Pada efek Doppler juga terjadi perubahan panjang gelombang. Gelombang bunyi membentuk rapatan dan renggangan, ketika sumber bunyi atau pendengar bergerak, terjadi  perubahan panjang gelombang bunyi. Pada gelombang bunyi dengan frekuensi lebih tinggi, maka panjang gelombangnya lebih pendek.

Kecepatan gelombang tidak ikut berubah karena kecepatan gelombang hanya bergantung pada medium dimana ia merambat, dan tidak bergantung dari kecepatan sumber atau pengamat. Tetapi efek Doppler timbul karena adanya perubahan kecepatan relatif antara sumber bunyi dan pengamat.

Jadi, dalam peristiwa efek Doppler terjadi perubahan frekuensi gelombang bunyi dan panjang gelombang. Sedangkan kecepatan gelombang tidak ikut berubah.

47

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Gambar berikut menunjukkan mobil polisi mengejar seorang penjahat bermotor: Mobil polisi sambil membunyikan sirine yang berfrekuensi 930 Hz mengejar motor penjahat yang melarikan diri dengan kecepa...

413

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia