Roboguru

Dalam percobaan tabung sinar katoda, ternyata sinar yang dikeluarkan oleh tabung katode ditarik oleh kutub positif. Yang dimaksud dengan elektron pada percobaan diatas adalah ....

Pertanyaan

Dalam percobaan tabung sinar katoda, ternyata sinar yang dikeluarkan oleh tabung katode ditarik oleh kutub positif. Yang dimaksud dengan elektron pada percobaan diatas adalah ....

  1. Partikel sinar alfa

  2. Inti atom hidrogen

  3. Inti atom helium

  4. Partikel yang bermuatan positif

  5. Partikel sinar katode

Pembahasan Soal:

Percobaan sinar katode adalah percobaan yang melibatkan elektron dari suatu gas yang dialirkan dari katoda menuju anoda sehingga elektron yang dimaksud adalah partikel yang keluar dari katoda menuju anoda.

Oleh karena itu, elektron yang dimaksud pada pecobaan sinar katoda adalah elektron yang keluar dari katoda.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Rohmawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Terakhir diupdate 21 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Soal terdiri atas 3 bagian, yaitu PERNYATAAN; kata SEBAB; dan ALASAN yang disusun berurutan. Sinar katode pada dasarnya merupakan partikel yang bergerak cepat. SEBAB Fakta percobaan dengan tabung ...

Pembahasan Soal:

Bermula dengan ditemukannya tabung sinar katode oleh Karl Ferdinand Braun, yang terbuat dari tabung hampa dari kaca yang dialiri arus listrik searah dari kutub positif yang disebut anode dan dari kutub negatif yang disebut katode. Bila tabung tersebut dialiri arus listrik yang cukup kuat, akan terjadi aliran radiasi yang tidak tampak dari kutub negatif menuju kutub positif. Inilah yang disebut dengan sinar katode.

Sifat-sifat sinar katode dapat diketahui setelah penyempurnaan tabung sinar katode yang dilakukan oleh Sir William Crookes. Sifat-sifat sinar katode tersebut adalah sebagai berikut:

  • Begerak cepat dan merambat lurus dari kutub negatif (katode) menuju ke kutub positif (anode),
  • Dibelokkan oleh medan magnet dan medan listrik menuju ke kutub positif,
  • Sifat sinar katode tidak dipengaruhi oleh jenis kawat elektrode yang dipakai, jenis gas dalam tabung, dan bahan yang digunakan untuk menghasilkan arus listrik.

Setelah William Crookes menemukan tabung katode yang lebih baik pada tahun 1879, maka penelitian tentang sinar katode dilanjutkan oleh J.J. Thomson yang mendapati bahwa sinar katode memiliki massa. Hal ini dapat dilihat dengan memutarnya baling-baling yang dipasang pada jalannya berkas sinar katode.

Pernyataan pada soal di atas adalah benar, karena menurut William Crookes salah satu sifat sinar katode adalah bergerak cepat dan merambat lurus. Kalimat alasan pada soal di atas juga benar bahwa sinar katode dapat memutar baling-baling yang dipasang pada tabung Crookes, tetapi jika dihubungkan dengan pernyataannya maka keduanya tidak saling berhubungan. Sebab dari sinar katode dapat memutar baling-baling yang dipasang pada tabung Crookes bukanlah karena sinar katode yang merupakan partikel yang bergerak cepat, tetapi karena sinar katode memiliki massa.

Dengan demikian, maka pernyataan di atas benar, alasan benar, tetapi keduanya tidak menunjukkan hubungan sebab dan akibat.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Di bawah ini yang bukan sifat sinar katode adalah ....

Pembahasan Soal:

Percobaan tabung sinar katoda adalah percobaan yang dilakuakn oleh J.J Thomson untuk menilit lebih lanjut mengenai sinar katoda. Sinar katoda memiliki beberapa sifat yakni:

  • Merambat tegak lurus dari permukaan katode menuju anode
  • Sinar ini sifatnya sama walaupun elektroda yang digunakan diganti dengan elektroda lain.
  • Bermuatan listrik negatif sehingga dibelokkan ke kutub listrik positif
  • Dapat memendarkan berbagai jenis zat, termasuk gelas

Oleh karena itu, yang bukan sifat sinar katode adalah dibelokkan ke arah kutub negatif

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Eksperimen J.J. Thomson dengan tabung sinar katode menunjukkan bahwa sinar katode dibelokkan ke arah medan bermuatan positif dan identik untuk semua katode dari bahan logam berbeda-beda. Dari fakta in...

Pembahasan Soal:

Tabung sinar katode adalah tabung kaca hampa udara yang memiliki logam sebagai elektrode pada kedua ujung tabung. Jika tegangan listrik yang cukup tinggi diberikan pada elektrode, sinar katode mengalir dari elektrode negatif (katode) ke ujung elektrode positif (anode). Percobaan-percobaan ini menunjukkan bahwa sinar katode, yang bergerak menurut garis lurus, dapat dibelokkan oleh medan magnet dan tertarik ke arah plat bermuatan positif. Sehingga disimpulkan sinar katode bermuatan negatif.

Ketika dicoba pada katode dari bahan gas dan logam berbeda-beda, ternyata memberikan hasil yang sama. Hal ini menunjukkan sinar katode tidak dipengaruhi oleh jenis elektrode dan terdapat dalam semua materi.

Sehingga dari fakta ini dapat disimpulkan bahwa sinar katode bermuatan negatif dan terdapat dalam semua materi.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Apa alasan J. J. Thomson meyakini bahwa sinar katode bukan sinar biasa tetapi merupakan partikel ...

Pembahasan Soal:

Alasan J. J. Thomson meyakini bahwa sinar katode bukan sinar biasa tetapi merupakan partikel adalah :

  1. Thomson menggunakan magnet dan piring yang bermuatan untuk membelokkan sinar katoda. Hasilnya menunjukkan bahwa sinar katoda dibelokkan oleh medan magnet yang diketahui bermuatan negatif. Selain itu, sinar katoda dibelokkan menjauh dari piring logam bermuatan negatif dan menuju pelat bermuatan positif.
  2. Joseph John Thomson mendapati bahwa sinar katode sebenarnya adalah materi yang ukurannya sangat kecil karena dapat memutar baling-baling yang dipasang di antara anode dan katode.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa alasan J. J. Thomson meyakini bahwa sinar katode bukan sinar biasa tetapi merupakan partikel adalah sinar katoda dibelokkan menjauh dari piring logam bermuatan negatif dan menuju pelat bermuatan positif serta mendapati bahwa sinar katode sebenarnya adalah materi yang ukurannya sangat kecil karena dapat memutar baling-baling yang dipasang di antara anode dan katode.space

2

Roboguru

Sinar katode merupakan radiasi partikel elektron. Berdasarkan penemuan sinar katode, jawablah pertanyaan berikut. a. Siapakah penemu elektron? b. Ceritakan percobaan penemuan elektron. c. Sebutkan sif...

Pembahasan Soal:

a. Penemu elektron adalah J.J. Thomson.

b. Berdasarkan hasil eksperimen yang dilakukan J.J. Thomson, sinar katode tidak bergantung pada jenis gas dan logam yang digunakan untuk elektrode. Dengan kata lain, semua benda terdiri atas partikel yang sama. Partikel itu merupakan partikel dasar penyusun materi. Selanjutnya, partikel sinar katode itu disebut elektron.

c. Beberapa sifat sinar katode adalah sebagai berikut.
a) Merambat tegak lurus dari permukaan katode menuju ke anode.
b) Dapat memutar kincir yang dipasang di antara katode dan anode. Hal itu membuktikan bahwa sinar katode merupakan partikel kecil yang tidak dapat dilihat.
c) Dibelokkan mendekati muatan positif dalam medan listrik dan medan magnet. Hal itu membuktikan bahwa sinar katode bermuatan listrik, tepatnya bermuatan negatif.
d) Dapat memendarkan berbagai zat. Maksudnya, sinar katode dapat menyebabkan benda yang dikenainya memancarkan cahaya. Sifat ini dimanfaatkan untuk membuat tabung pesawat televisi.

Jadi, elektron ditemukan melalui percobaan sinar katode oleh J.J. Thomson. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved