Roboguru

Dalam pengenalan objek pada citra selalu menggunakan unsur-unsur interpretasi. Apabila seorang geograf mengenali objek lapangan sepak bola berdasarkan kenampakan gawang, maka ia memakai unsur interpretasi .....

Pertanyaan

Dalam pengenalan objek pada citra selalu menggunakan unsur-unsur interpretasi. Apabila seorang geograf mengenali objek lapangan sepak bola berdasarkan kenampakan gawang, maka ia memakai unsur interpretasi .....

  1. asosiasi

  2. rona

  3. pola

  4. ukuran

  5. situs

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Unsur interpretasi yang digunakan dalam kasus tersebut adalah unsur asosiasi. Asosiasi adalah keterkaitan antara satu obyek dengan obyek lainnya. Dengan adanya keterkaitan tersebut. Kemudian objek utama dalam citra dapat dikenali dan diinterpretasikan. Contoh dari adanya unsur interpretasi asosiasi yaitu sebuah objek lapangan sepak bola berdasarkan kenampakan gawang. Jadi, salah satu keterkaitan terutama dari objek lapangan sepak bola adalah adanya kenampakan pada gawang.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hubungan antara banyaknya perumahan yang padat dengan perkotaan, adalah salah satu unsur interpretasi citra yaitu berupa….

Pembahasan Soal:

Asosiasi adalah salah satu unsur interpretasi citra penginderaan jauh. Asosiasi merupakan keterkaitan antara satu obyek dengan obyek lainnya. Dengan adanya keterkaitan tersebut, kemudian obyek utama dalam citra dapat dikenali dan diinterpretasi kan.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.

0

Roboguru

Ketertarikan antara satu objek dengan objek lainnya, sehingga dapat dijadikan sebagai kunci pengamatan disebut ....

Pembahasan Soal:

Beberapa unsur-unsur interpretasi citra, yaitu rona atau warna, bentuk, ukuran, tekstur, pola, bayangan, situs dan asosiasi. Asosiasi merupakan unsur interpretasi citra yang berkaitan antara objek yang satu dengan objek yang lain. Keterkaitan ini merupakan petunjuk pada foto udara dengan adanya objek lain. Sebagai contoh, stasiun kereta api berasosiasi dengan rel kereta api dan deretan gerbang kereta api.

Pada pertanyaan di atas dapat disimpulkan bahwa ketertarikan antara satu objek dengan objek lainnya, sehingga dapat dijadikan sebagai kunci pengamatan disebut asosiasi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Contoh penggunaan unsur asosiasi untuk mengidentifikasi suatu obyek pada citra adalah....

Pembahasan Soal:

Asosiasi adalah salah satu unsur interpretasi citra penginderaan jauh. Asosiasi merupakan keterkaitan antara satu obyek dengan obyek lainnya. Dengan adanya keterkaitan tersebut, kemudian obyek utama dalam citra dapat dikenali dan diinterpretasi kan. Berdasarkan pilihan jawaban, contoh penggunaan unsur asosiasi untuk mengidentifikasi suatu obyek pada citra adalah lapangan sepakbola selalu memiliki mistar gawang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

1

Roboguru

Daud merupakan seorang mahasiswa kehutanan yang diberikan tugas proyek penelitian untuk mencari sebuah objek berupa hutan alami dan hutan tanaman produksi melalui citra satelit beresolusi tinggi, Quic...

Pembahasan Soal:

Hutan alami dan hutan tanaman produksi merupakan bentuk objek pada permukaan bumi yang dapat dibedakan dengan ciri spasial. Secara umum, ciri spektral (rona dan warna) pada kedua jenis hutan tersebut hampir sama. Oleh sebab itu, upaya yang dapat dilakukan oleh Daud untuk membedakan kedua jenis hutan tersebut adalah dengan mengidentifikasi ciri spasial berupa tekstur, asosiasi, dan pola.

  • Hutan tanaman produksi memiliki tekstur yang halus karena biasanya hanya memiliki satu jenis tanaman yang homogen dan ditanam hampir bersamaan. Hal ini menjadikan ketinggian tanaman pada hutan tersebut sama dan memberi kesan halus pada hasil citra. Sementara itu, hutan alami bertekstur kasar karena ketinggian dan jenis pohon yang heterogen. 
  • Hutan tanaman produksi juga berasosiasi dengan sistem saluran irigasi teknis yang bersudut-sudut karena dibuat oleh manusia. Sementara itu, hutan alami berasosiasi dengan sungai meander yang berkelak-kelok.
  • Hutan tanaman produksi biasanya memiliki pola teratur karena pohonnya diatur dan ditanam dengan jarak tertentu. Sementara itu, hutan alami biasanya memiliki pola tidak teratur atau tersebar. space  

Jadi, jawaban yang tepat adalah E. 

0

Roboguru

Objek pada sebuah citra berupa persegi maupun persegi panjang yang tidak beraturan. Objek ini terletak di sepanjang dua garis sejajar yang terlihat gelap dan pada persimpangannya bersudut tumpul. Hasi...

Pembahasan Soal:

Ciri spasial, yakni ciri citra yang berkaitan dengan keruangan, yang dapat dibedakan menjadi sebagai berikut.

  1. Bentuk, merupakan kerangka suatu objek, misalnya bulat, segitiga, segi empat, bintang, bangunan berbentuk L, U, T, dan I.
  2. Ukuran, merupakan atribut objek yang berkaitan dengan panjang, luas, lebar, volume, tinggi, dan kemiringan lereng.
  3. Bayangan, merupakan petunjuk tentang bentuk dan ukuran suatu objek agar lebih mudah dikenali, misalnya cerobong asap, menara, lereng, dan tembok stadion.
  4. Pola, merupakan susunan keruangan suatu objek yang berulang-ulang, misalnya memanjang, memusat, melebar, menyebar, dan petak-petak.
  5. Tekstur, berkaitan dengan tingkat kehalusan dan kekasaran objek yang tergambar dalam citra. Misalnya rumput bertekstur halus, tanaman jagung bertekstur sedang, dan pohon beringin bertekstur kasar.
  6. Situs, merupakan keterkaitan letak suatu objek terhadap objek yang lain. Misalnya, situs kebun kopi biasanya di daerah miring karena tanaman kopi memerlukan pengaturan air yang baik.
  7. Asosiasi, merupakan keterkaitan langsung antara objek yang satu dan yang lainnya sehingga objek mudah dikenali. 
  8. Rona, menunjukkan nilai pantulan objek.

Berdasarkan penyataan diatas maka unsur yang digunakan untuk mengidentifikasi objek tersebut adalah bentuk, pola dan situs.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved