Roboguru

Dalam menjawab permasalahan tentang asal-usul, kehidupan, eksperimen siapakah yang cara pelaksanaannya cermat jika ditinjau dari metode ilmiah. . .

Pertanyaan

Dalam menjawab permasalahan tentang asal-usul, kehidupan, eksperimen siapakah yang cara pelaksanaannya cermat jika ditinjau dari metode ilmiah. . .space space 

  1. Harold Ureyspace space 

  2. Stanley Millerspace space 

  3. Francesco Redispace space 

  4. Lazarro Spallanzanispace space  

  5. Louis Pasteurspace space 

Pembahasan Soal:

Dalam Teori Evolusi Biokimia Harold Urey menyatakan bahwa atmosfer bumi purba terdiri atas gas-gas metana (CH4), amonia (NH3), uap air (H2O), dan gas hidrogen (H2). Dengan adanya energi alam (berupa halilintar dan sinar kosmis), campuran gas-gas tersebut membentuk asam amino. Teori ini didukung oleh percobaan yang dilakukan bersama mahasiswanya Stanley Miller. Cara kerja percobaan Stanley Miller sebagai berikut :

  1. Gas - gas berupa CH4, NH3, H2 dan H2O dimasukkan ke dalam tabung alat percobaan.Kemudian tabung dipanasi.
  2. Untuk mengganti energi listrik halilintar ke dalam alat tersebut dilewatkan listrik bertegangan sekitar 75.000 volt. Semua itu dimaksudkan untuk meniru kondisi permukaan bumi pada waktu terjadi pembentukan zat organik secara spontan.
  3. Akibat lecutan listrik, terjadilah reaksi - reaksi di dalam tabung membentuk zat-zat baru. Zat-zat yang terbentuk didinginkan dan ditampung.Hasil reaksi itu dianalisis, ternyata didalamnya terbentuk zat organik sederhana misalnya asam amino, gula sederhana seperti ribosa, dan adenin. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Gustinawati

Mahasiswa/Alumni Universitas Gadjah Mada

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut ini! Coba jelaskan Teori Harold Urey menggunakan gambar alat percobaan di atas!

Pembahasan Soal:

Asal usul sebuah kehidupan menurut para ahli kimia salah satunya yaitu Harold-Urey menyatakan bahwa kehidupan dimulai ketika keadaan atmosfer bumi pada masa lampau yang kaya dengan senyawa anorganik seperti metana (begin mathsize 14px style C H subscript 4 end style), amonia (begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style), uap air (begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style), dan karbondioksida (begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style). Proses pembentukan makhluk hidup berdasarkan Teori Harold Urey menggunakan gambar alat percobaan di atas dapat dijelaskan sebagai berikut:

  1. Terlebih dahulu alat percobaan dikosongkan menggunakan pompa hampa udara. Lalu, gas-gas berupa begin mathsize 14px style C H subscript 4 end style, begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style, begin mathsize 14px style H subscript 2 O end style, dan begin mathsize 14px style C O subscript 2 end style  (semua dalam bentuk gas) dimasukkan ke dalam wadah nomor 1 pada alat percobaan.
  2. Tabung berisi air dipanaskan sampai mendidih sehingga timbul uap air yang akan naik dan bersama dengan gas-gas tadi mengalir di dalam saluran pipa nomor 2 dari wadah nomor 1 menuju ke wadah nomor 3.
  3. Di dalam wadah nomor 3 dipasang elektrode yang dialiri listrik dari sumber listrik bertegangan tinggi, sehingga di dalam wadah nomor 3 terjadi loncatan api listrik. Di tempat itulah terjadi reaksi kimia dari campuran gas kimia sebelumnya tadi.
  4. Hasil dari reaksi kimia tersebut kemudian turun menuju ke saluran nomor 4. Pada saluran tersebut terdapat alat pendingin sehingga hasil reaksi mengalami kondensasi (pendinginan) dan akhirnya terbentuklah embun dan hasil senyawa kimia yang terbentuk akan mengalir melalui keran lalu masuk ke wadah nomor 5.
  5. Hasil senyawa kimia yang terbentuk tersebut kemudian diamati dan dari hasil pengamatan menunjukkan bahwa senyawa yang terbentuk adalah senyawa asam amino.space space 
Roboguru

Stanley Miller melakukan percobaan tentang teori Evolusi Kimia dengan menggunakan senyawa yang analog dengan senyawa atmosfer purba pada alat percobaanna. Kesimpulan dari hasil percobaannya adalah...

Pembahasan Soal:

Dalam percobaannya, Miller memasukkan 4 gas senyawa anorganik (gas hidrogen, metana, amoniak, dan uap air) ke dalam alat percobaannya. Kemudian senyawa organik tersebut diberi loncatan listrik bertegangan tinggi.

Akibat loncatan listrik tersebut, keempat gas tersebut bereaksi membentuk zat baru. Ternyata zat baru tersebut mengandung senyawa organik sederhana, seperti asam amino, adenin, dan gula sederhana.
Jadi, kesimpulan dari hasil percobaan Stanley Miller adalah senyawa organik sederhana dapat terbentuk dari senyawa anorganik dengan energi tinggi (A).

Roboguru

Bagian yang berlabel X mengandung ....

Pembahasan Soal:

Di awal tahun 1950-an, ahli biokimia Stanley miller menirukan reaksi diusulkan terjadi di atmosfer primitif. Kedalam alat yang diciptakannya, Miller memasukan gas Hidrogen, Metana, Amonia, dan Air. Alat tersebut juga dipanasi selama seminggu, sehingga gas-gas tersebut dapat bercampur didalamnya. Sebagai pengganti energi aliran listrik halilintar, Miller mengaliri perangkat alat tersebut dengan loncatan listrik bertegangan tinggi. Adanya aliran listrik bertegangan tinggi tersebut menyebabkan gas-gas dalam alat Miller bereaksi membentuk suatu zat baru. Kedalam perangkat juga dilakukan pendingin, sehingga gas-gas hasil reaksi dapat mengembun. 

Pada akhir minggu, hasil pemeriksaan terhadap air yang tertampung dalam perangkap embun dianalisis secar kosmografi. Ternyata air tersebut mengandung senyawa organik sederhana, seperti asam amino, adenine, dan gula sederhana seperti ribosa

Jadi, bagian yang berlabel X adalah air yang tertampung dalam perangkap embun yang mengandung senyawa organik sederhana, seperti asam amino, adenine, dan gula sederhana seperti ribosa.

Roboguru

Senyawa yang ada pada atmosfir purba yang menjadi bahan untuk substansi dasar kehidupan menurut teori biokimia adalah . . . .

Pembahasan Soal:

 

Berawal dari Hipotesis Harold Urey yang menyatakan bahwa atmosfir bumi purba kaya dengan senyawaN H subscript 3, C H subscript 4, H subscript 2 dan H subscript 2 O. Dengan bantuan sinar kosmis, senyawa-senyawa tersebut menjadi suatu kehidupan seperti virus. Hipotesis Harold Urey dibuktikan oleh muridnya yang bernama Stanley Miller. Dengan membuat model percobaannya, Stanley Miller mereaksikan senyawa N H subscript 3, C H subscript 4, H subscript 2 dan H subscript 2 O dengan bantuan listrik bertegangan tinggi, senyawa –senyawa tersebut membentuk asam amino. Selanjutnya Stanley Miller mengatakan bahwa asam amino merupakan substansi dasar kehidupan.space space

Roboguru

Stanley Miller berhasil membuktikan bahwa kalau ke dalam tabung dialirkan uap air, amoniak dan metana diberi bunga api listrik bertegangan tinggi, maka akan terbentuk. . . .  Letupan yang kuat Asa...

Pembahasan Soal:

Percobaan Stanley Miller membuktikan Teori Evolusi Biokimia berhasil menunjukkan bahwa kalau ke dalam tabung dialirkan uap air, amoniak dan metana diberi bunga api listrik bertegangan tinggi, maka akan terbentuk substansi kehidupan berupa protoplasma yang mengandung molekul karbon, hidrogen, oksigen, dan nitrogen.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.space space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved