Roboguru

Dalam menjalani hidup saat ini, manusia perlu membuat ...

Pertanyaan

Dalam menjalani hidup saat ini, manusia perlu membuat ...

  1. Jadwal kegiatan sehari-hari

  2. Melakukan yang terbaik

  3. Perencanaan masa depan

  4. Kebaikan di dunia

  5. Anggaran keuangan pribadi

Pembahasan Soal:

Masa depan adalah masa yang akan datang, dengan segala sesuatu peristiwa belum terjadi. Segala sesuatu peristiwa yang dilakukan pada saat ini atau masa kini akan mempengaruhi di masa depan. Oleh sebab itu, manusia perlu membuat perencanaan akan masa depannya agar kehidupannya tetap terus berjalan

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dalam kehidupan hari ini, orang harus ....

Pembahasan Soal:

Masa kini merupakan produk dari perkembangan masa lalu (sejarah). Dengan mempelajari sejarah, kita dapat membuat perencanaan masa mendatang dengan lebih baik dan terhindar dari "jatuh ke dalam lubang yang sama". Menurut Sartono Kartodirjo, barang siapa lupa sama sekali akan masa lampaunya dapat diibaratkan seperti mereka yang sakit jiwa. Mereka kehilangan identitasnya dan membahayakan masyarakat sekitarnya. 

Dengan demikian dalam kehidupan hari ini, orang harus belajar dari sejarah agar tidak mengulangi kesalahan yang sama di masa yang akan datang.

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Kutipan kalimat dalam gambar tersebut memilki penafsiran bahwa . . . .

Pembahasan Soal:

Jas Merah adalah istilah yang populer di negeri ini. Semua kita pasti mengetahui makna singkatan nya yaitu Jangan Sekali-kali Melupakan Sejarah dan juga Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah. Istilah ini di populer kan oleh Presiden pertama Republik Indonesia, Ir Soekarno. Indonesia sebagai bangsa yang besar perlu menghayati dan memahami sejarah perjuangan bangsa ketika para pejuang rela mengorbankan jiwa dan raga merebut kemerdekaan dari kaum penjajah. Tanpa jasa mereka itu kita tidak akan menikmati suasana kemerdekaan saat ini. Jas Merah menjadi istilah yang memotivasi kita untuk mengisi kemerdekaan dengan membangun bangsa dan negara serta jangan melupakan dan meninggalkan hakikat dasar perjuangan yang sudah diletakkan dalam komitmen yang termaktub dalam filosofi Pancasila, UUD 1945 dalam bingkai Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Jas Merah ini selalu mengingatkan bangsa kita akan komitmen nasional tetap memelihara semangat persatuan dan kesatuan bangsa. Setiap upaya pihak tertentu untuk melakukan tindakan memecah belah bangsa akan selalu di tentang dan tidak boleh dikembangtumbuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat di negeri ini. Selain itu, Jas Merah juga bermakna bahwa sejarah adalah guru terbaik dan dapat dijadikan sebagai ilmu

Jadi, jawaban yang tepat adalah B

0

Roboguru

Nilai dan makna sejarah yang berharga terletak pada kenyataan, bahwa sejarah mengajarkan kepada kita ...

Pembahasan Soal:

Nilai dan makna sejarah yang berharga terletak pada kenyataan, hal ini menjadi dasar pentingnya sejarah dalam kehidupan manusia. Manusia mempelajari apa yang telah terjadi di masa lampau atau dapat kita simpulkan manusia belajar dari apa yang telah mereka lakukan ataupun yang telah pendahulu mereka lakukan. Hal ini menjadikan manusia memiliki kemampuan untuk melakukan perenungan dan pencerminan diri agar tidak melakukan kekeliruan seperti yang telah mereka lakukan di masa lalu. sebagai contoh, misalnya orang tua kita menanam sebuah bibit pohon bersama kita para anaknya, kita yang merawat dan memeliharanya, sementara anak dan cucu kita yang nantinya akan menikmati buah atau hasil dari apa yang telah kita tanam tadi.

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka jawaban yang benar adalah B

0

Roboguru

Bacalah informasi berikut dengan seksama. Peristiwa sejarah pada dasarnya merupakan perubahan yang terjadi pada masa lalu manusia itu sendiri yang mempengaruhi kehidupan manusia pada masa kini. Denga...

Pembahasan Soal:

Sejarah adalah peristiwa-peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Meskipun demikian, kondisi masa lampau sangat berpengaruh pada kondisi saat ini. Adapaun peran penting peristiwa sejarah bagi kehidupan manusia di masa kini ialah sebagai  berikut:

  1. Memberikan pelajaran yang baik agar manusia tidak mengulang kesalahan yang telah terjadi di masa lalu
  2. Memperkokoh rasa kebangsaan
  3. Memberi ketegasan identitas nasional/ kepribadian bangsa
  4. Menjadi sumber inspirasi bagi manusia menjalani kehidupan masa kini bahkan untuk hidup selanjutnya.

Dengan demikian, peran penting peristiwa sejarah bagi kehidupan manusia di masa kini manusia diantaranya sebagai sarana pembelajaran, menumbuhkan semangat nasionalisme, memperkuat identitas bangsa dan menjadi sumber inspirasi manusia menjalani hidupnya kini bahkan masa selanjutnya.

1

Roboguru

Mengingat jauhnya jarak waktu masa pra-aksara dengan kita sekarang, maka apa perlunya kita belajar tentang zaman pra-aksara yang sudah lama ditinggalkan oleh manusia modern?

Pembahasan Soal:

Mengingat jauhnya jarak waktu masa pra-aksara dengan kita sekarang, maka tidak jarang orang mempersoalkan apa perlunya kita belajar tentang zaman pra-aksara yang sudah lama ditinggalkan oleh manusia modern. Tetapi pandangan seperti ini sungguh tidak benar, sebab tentu ada hubungannya masa pra aksara dengan masa kini. Beberapa di antaranya seperti gambaran kehidupan masyarakat pra-aksara ternyata masih berlangsung sampai sekarang. Entah itu pola hunian, pola pertanian subsistensi, teknologi tradisional dan konsepsi kepercayaan tentang hubungan harmoni antara manusia dan alam, bahkan kebiasaan memiara hewan seperti anjing dan kucing di lingkungan manusia modern perkotaan. Demikian pula kebiasaan bertani merambah hutan dengan motode ‘tebang lalu bakar’ (slash and burn) untuk memenuhi kebutuhan secukupnya masih ada hingga kini. Namun, kebiasaan merambah hutan dan hidup berpindah-pindah pada masa lampau tidak menimbulkan malapetaka asap yang mengganggu penerbangan domestik. Selain itu, juga mengganggu bandara negara tetangga Singapura dan Malaysia seperti yang sering terjadi akhir-akhir ini. Teknologi manusia modernlah yang mampu melakukan perambahan hutan secara besar-besaran, entah itu untuk perkebunan atau pertambangan, dan permukiman real estate sehingga menimbulkan malapetaka kabut asap dan kerusakan lingkungan.

Berdasarkan penjelasan diatas maka sangat perlu kita belajar mengenai masa pra aksara karena tanpa kita sadari banyak sekali hal-hal yang kita lakukan saat ini mempunyai kemiripan atau bahkan gambaran kehidupan masyarakat pra-aksara ternyata justru masih berlangsung sampai sekarang. Seperti pola hunian, pola pertanian subsistensi, teknologi tradisional dan konsepsi kepercayaan tentang hubungan harmoni antara manusia dan alam, bahkan kebiasaan memiara hewan seperti anjing dan kucing di lingkungan manusia modern perkotaan. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved