Iklan

Iklan

Pertanyaan

Dalam komunikasi nyata di masyarakat, keberterimaan bahasa Indonesia baku menghadapi problema. Aturan baku yang telah disusun dan disahkan tidak sepenuhnya dianut oleh masyarakat. Anggota masyarakat kurang peduli pada aturan baku sehingga bahasa yang diujarkan menyimpang dari aturan yang telah disepakati. Penyimpangan aturan ini disebabkan oleh gengsi dan anggapan negatif terhadap bahasa yang dimilikinya. akibatnya, beban pengajaran bahasa menjadi berat. Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi bacaan di atas adalah ....

Dalam komunikasi nyata di masyarakat, keberterimaan bahasa Indonesia baku menghadapi problema. Aturan baku yang telah disusun dan disahkan tidak sepenuhnya dianut oleh masyarakat. Anggota masyarakat kurang peduli pada aturan baku sehingga bahasa yang diujarkan menyimpang dari aturan yang telah disepakati. Penyimpangan aturan ini disebabkan oleh gengsi dan anggapan negatif terhadap bahasa yang dimilikinya. akibatnya, beban pengajaran bahasa menjadi berat.

 

Pernyataan berikut yang sesuai dengan isi bacaan di atas adalah ....

  1. Keberterimaan bahasa Indonesia baku tidak mengalami masalah.

  2. Tidak semua anggota masyarakat mematuhi aturan bahasa Indonesia baku.

  3. Seluruh penutur bahasa Indonesia kurang peduli pada aturan baku.

  4. Bahasa Indonesia yang diajarkan tidak banyak menyinggung aturan baku.

  5. Penyimpangan aturan baku bahasa Indonesia memberatkan guru bahasa Indonesia.

Iklan

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

jawaban yang tepat adalah B.

Iklan

Pembahasan

Pernyataan B sesuai dengan kalimat 2 yang berbunyi “Aturan baku yang telah disusun dan disahkan tidak sepenuhnya dianut oleh masyarakat”. Pernyataan tersebut mengandung makna bahwa tidak semua anggota masyarakat mematuhi aturan kebakuan bahasa Indonesia. Pilihan jawaban A bertentangan dengan kalimat pertama. Pilihan jawaban C bertentangan dengan kalimat kedua yang menyatakan bahwa tidak semua anggota masyarakat kurang peduli pada aturan kebakuan bahasa Indonesia. Pilihan jawaban D tidak disinggung dalam teks. Pilihan jawaban E tidak sesuai dengan pernyataan pada kalimat (3). Yang menyimpang adalah para penutur bahasa, bukan aturannya. Selain itu, dalam kalimat (4) disebutkan bahwa penyimpangan tersebut memberatkan pengajaran bahasa, bukan memberatkan guru bahasa karena pengajaran bahasa bukan hanya tugas guru bahasa. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pernyataan B sesuai dengan kalimat 2 yang berbunyi “Aturan baku yang telah disusun dan disahkan tidak sepenuhnya dianut oleh masyarakat”. Pernyataan tersebut mengandung makna bahwa tidak semua anggota masyarakat mematuhi aturan kebakuan bahasa Indonesia.

Pilihan jawaban A bertentangan dengan kalimat pertama.

Pilihan jawaban C bertentangan dengan kalimat kedua yang menyatakan bahwa tidak semua anggota masyarakat kurang peduli pada aturan kebakuan bahasa Indonesia.

Pilihan jawaban D tidak disinggung dalam teks.

Pilihan jawaban E tidak sesuai dengan pernyataan pada kalimat (3). Yang menyimpang adalah para penutur bahasa, bukan aturannya. Selain itu, dalam kalimat (4) disebutkan bahwa penyimpangan tersebut memberatkan pengajaran bahasa, bukan memberatkan guru bahasa karena pengajaran bahasa bukan hanya tugas guru bahasa. Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Jika di Desa Sukamaju ada panen raya, ibu-ibu berkumpul memasak kue tradisional untuk seluruh warga desa. Di Desa Sukamaju ada panen raya. Simpulan yang tepat adalah .......

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia