Roboguru

Dalam air sadah terdapat kandungan kapur yang bereaksi dengan sabun. Akibatnya, air sukar berbuih dan mencuci menjadi tidak optimal. Kesadahan air terbagi menjadi dua, yaitu kesadahan sementara dan kesadahan tetap. Kesadahan sementara mengandung ion bikarbonat dan dapat dihilangkan dengan pemanasan. Pemanasan air dengan kesadahan sementara menghasilkan endapan senyawa kalsium karbonat, gas karbon dioksida, dan uap air. Tuliskan reaksi pemanasan air dengan kesadahan sementara tersebut!

Pertanyaan

Dalam air sadah terdapat kandungan kapur yang bereaksi dengan sabun. Akibatnya, air sukar berbuih dan mencuci menjadi tidak optimal. Kesadahan air terbagi menjadi dua, yaitu kesadahan sementara dan kesadahan tetap. Kesadahan sementara mengandung ion bikarbonat dan dapat dihilangkan dengan pemanasan. Pemanasan air dengan kesadahan sementara menghasilkan endapan senyawa kalsium karbonat, gas karbon dioksida, dan uap air.

Tuliskan reaksi pemanasan air dengan kesadahan sementara tersebut! undefined

Pembahasan Soal:

Kesadahan sementara adalah suatu kondisi dimana air mengandung garam bikarbonat (begin mathsize 14px style H C O subscript 3 to the power of minus sign end style), dapat berupa begin mathsize 14px style Ca open parentheses H C O subscript 3 close parentheses subscript 2 end style dan atau Mg open parentheses H C O subscript 3 close parentheses subscript 2. Kesadahan sementara dapat dihilangkan dengan cara pemanasan garam bikarbonat tersebut. Persamaan reaksi setara pemanasan garam bikarbonat sebagai berikut.

Error converting from MathML to accessible text. 


Jadi, reaksi pemanasan garam bikarbonat pada kesadahan sementara akan menghasilkan padatan Ca C O subscript bold 3, gas C O subscript bold 2, dan air.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 12 Juni 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved