Iklan

Iklan

Pertanyaan

Sebanyak 1 liter larutan yang mengandung ion Ca 2 + , Sr 2 + dan Ba 2 + masing-masing 0,1 M ditetesi dengan larutan K 2 ​ CrO 4 ​ 1 M sedikit demi sedikit. Tentukan konsentrasi Sr 2 + dan dalam larutan ketika CaCrO 4 ​ mulai mengendap. (Ksp CaCrO 4 ​ , SrCrO 4 ​ , dan BaCrO 4 ​ secara acak adalah 1 x 1 0 − 10 , 4 x 1 0 − 5 dan 7 x 1 0 − 7 )

Sebanyak 1 liter larutan yang mengandung ion dan masing-masing 0,1 M ditetesi dengan larutan 1 M sedikit demi sedikit.

Tentukan konsentrasi dan undefined dalam larutan ketika mulai mengendap.

(Ksp secara acak adalah )

Iklan

S. Lubis

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Sumatera Utara

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Reaksi peruraian ketiga zat: Karena ketiganya terionisasi dengan jumlah ion yang sama, kita dapat membandingkan nilai Kspsecara langsung untuk melihat mana yang lebih mudah larut. Karena maka akan mudah larut dengan kata lain akan membentuk endapan belakangan. Berapakah ketika mulai mengendap dan ? Suatu larutan akan mulai membentuk endapan jika nilai Ksp= Hkki (Hasil kali kelarutan ion–ion) Dengan tersebut mulai mengendap, ketika itu pula sudah mengendap, karena mengendap lebih dahulu. Maka dapat dihitung Ini adalah konsentrasi yang masih ada dalam larutan. Ini adalah konsentrasi yang masih ada dalam larutan.

Reaksi peruraian ketiga zat:

Error converting from MathML to accessible text.

Karena ketiganya terionisasi dengan jumlah ion yang sama, kita dapat membandingkan nilai Ksp secara langsung untuk melihat mana yang lebih mudah larut. Karena size 14px Ksp size 14px space Ca Cr O subscript size 14px 4 size 14px greater than size 14px Ksp size 14px space Sr Cr O subscript size 14px 4 size 14px space end subscript size 14px greater than size 14px Ksp size 14px space Ba Cr O subscript size 14px 4 maka undefined akan mudah larut dengan kata lain undefined akan membentuk endapan belakangan. 

Berapakah begin mathsize 14px style Cr O subscript 4 to the power of 2 minus sign end exponent end style ketika begin mathsize 14px style Ca Cr O subscript 4 end style mulai mengendap dan begin mathsize 14px style open square brackets Ca to the power of 2 plus sign close square brackets equals 0 comma 1 M end style ?

Suatu larutan akan mulai membentuk endapan jika nilai Ksp = Hkki (Hasil kali kelarutan ion–ion)
 

Error converting from MathML to accessible text.

Dengan undefined tersebut mulai mengendap, ketika itu pula begin mathsize 14px style Sr Cr O subscript 4 space dan space Ba Cr O subscript 4 end style sudah mengendap, karena Sr Cr O subscript size 14px 4 size 14px space size 14px dan size 14px space Ba Cr O subscript size 14px 4 mengendap lebih dahulu. Maka begin mathsize 14px style open square brackets Sr to the power of 2 plus sign close square brackets space dan space open square brackets Ba to the power of 2 plus sign close square brackets end style dapat dihitung

Error converting from MathML to accessible text.

Ini adalah konsentrasi undefined yang masih ada dalam larutan.

Error converting from MathML to accessible text.


Ini adalah konsentrasi begin mathsize 14px style Ba to the power of 2 plus sign end style yang masih ada dalam larutan.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

12

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Unsur X tergolong unsur logam alkali tanah yang memiliki sifat sebagai berikut. (i) hidroksidanya bersifat amfoter (ii) tidak dapat bereaksi dengan air Unsur X tersebut adalah ....

8

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia