Iklan

Iklan

Pertanyaan

Daerah mana saja di Indonesia yang menjadi persinggahan Bangsa Portugis......

Daerah mana saja di Indonesia yang menjadi persinggahan Bangsa Portugis......

Iklan

F. Freelancer6

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

daerah persinggahan Bangsa Portugis di Indonesia antara lain daerah Malaka, Maluku, Hitu, Pulau Timor, Sumatra, dan Jawa pada daerah Pasuruan serta Blambangan.

daerah persinggahan Bangsa Portugis di Indonesia antara lain daerah Malaka, Maluku, Hitu, Pulau Timor, Sumatra, dan Jawa pada daerah Pasuruan serta Blambangan. spacespace

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Pada Juli 1497, bangsa Portugis melalui Vaco de Gama melakukan ekspedisi penjelajahan samudra yang dilakukan dengan melanjutkan jalur pelayaran sebelumnya oleh Bartholomeus Diaz dalam mencari daerah Timur. Pelayaran Vasco de Gama melalui Tanjung Harapan kemudian menelusuri pantai timur Afrika dan sampai di pantai barat India. Setelah beberapa tahun di India bangsa Portugis sadar bahwa India buka daerah penhasil rempah-rempah. Bangsa Portugis mulai mempersiapkan ekspedisi lainnya untuk mencari daerah penghasil rempah-rempah yang dilakukan oleh Alfonso de Albuquerque maka pada tahun 1511 Albuquerque sampai di Malaka dan menguasai perdagangan rempah-rempah. Pada tahun 1605, bangsa Portugis harus meninggalkan Maluku karena adanya perlawanan dari rakyat Ternate, selanjutnya bangsa Portugis menuju Pulau Timor. Bangsa Portugis juga memperluas pengaruhnya ke daerah Sumatra dan Jawa (Pasuruan dan Blambangan). Dengan demikian, daerah persinggahan Bangsa Portugis di Indonesia antara lain daerah Malaka, Maluku, Hitu, Pulau Timor, Sumatra, dan Jawa pada daerah Pasuruan serta Blambangan.

Pada Juli 1497, bangsa Portugis melalui Vaco de Gama melakukan ekspedisi penjelajahan samudra yang dilakukan dengan melanjutkan jalur pelayaran sebelumnya oleh Bartholomeus Diaz dalam mencari daerah Timur. 

Pelayaran Vasco de Gama melalui Tanjung Harapan kemudian menelusuri pantai timur Afrika dan sampai di pantai barat India. Setelah beberapa tahun di India bangsa Portugis sadar bahwa India buka daerah penhasil rempah-rempah. 

Bangsa Portugis mulai mempersiapkan ekspedisi lainnya untuk mencari daerah penghasil rempah-rempah yang dilakukan oleh Alfonso de Albuquerque maka pada tahun 1511 Albuquerque sampai di Malaka dan menguasai perdagangan rempah-rempah.

Pada tahun 1605, bangsa Portugis harus meninggalkan Maluku karena adanya perlawanan dari rakyat Ternate, selanjutnya bangsa Portugis menuju Pulau Timor. Bangsa Portugis juga memperluas pengaruhnya ke daerah Sumatra dan Jawa (Pasuruan dan Blambangan). 

Dengan demikian, daerah persinggahan Bangsa Portugis di Indonesia antara lain daerah Malaka, Maluku, Hitu, Pulau Timor, Sumatra, dan Jawa pada daerah Pasuruan serta Blambangan. spacespace

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

3

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Bangsa Portugis pertama kali mendarat di Indonesia di daerah ...

113

4.7

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia