Roboguru

Berapa tahun Indonesia dijajah oleh bangsa asing?

Pertanyaan

Berapa tahun Indonesia dijajah oleh bangsa asing?

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Berabad-abad lalu, bangsa-bangsa Eropa sudah menjalin hubungan dengan Indonesia. Hal ini disebabkan karena kekayaan alam Indonesia banyak diminati bangsa Eropa untuk dijadikan bahan perdagangan di negerinya. Hubungan itu diawali dengan perdagangan. Namun karena keinginan bangsa-bangsa Eropa untuk memperoleh keuntungan yang besar, maka hubungan terus berubah menjadi penguasaan atas sumber daya, baik sumber daya alam maupun manusia.

1. Portugis (1511-1575)

Bangsa Portugis merupakan bangsa asing pertama  yang menguasai Nusantara. Bermula dari tahun 1575, ketika bangsa Portugis berhasil menguasai Malaka, yang saat itu merupakan sebuah emporium (pusat perdagangan) yang menghubungkan perdagangan dari India dan Tiongkok. Penjajahan bangsa Portugis tidak bertahan lama. tahun 1575, Portugis memutuskan untuk pergi dari Nusantara untuk berdagang di Tiongkok. Hal itu dilakukan karena Portugis menganggap terlalu banyak persaingan dagang di Nusantara. 

2. Spanyol (1521-1529)

Bangsa Spanyol datang ke Indonesia tepatnya di Maluku pada 8 November 1521 dipimpin oleh Kapten yang bernaman Joan Sbastian El Cano. Namun kedatangan bangsa Spanyol saat itu tidak di senangi oleh Portugis yang saat itu sedang mengatasi perlawanan rakyat pribumi dikarenakan dianggap Spanyol menggangu Portugis untuk memonopoli perdagangan. Akhirnya sebelum terjadi peperangan besar antara Portugis dan Spanyol maka dilakukanlah perjanjian ulang yang mana memperjelas perjanjian sebelumnya yaitu perjanjian Saragosa pada 22 April 1529. Melalui perjanjian Saragosa, tahun 1529 akhirnya Spanyol meninggalkan Maluku dan kembali ke Filipina.

3. (VOC) pintu masuk Belanda

 

Sejak tahun 1800, Hindia Belanda berusaha melebarkan kekuasaannya di Nusantara lewat penjajahan setelah VOC bangkrut tahun 1799. Namun, tentu saja hal itu tidak mudah. Berbagai perlawanan memerangi Hindia Belanda banyak terjadi di Nusantara dari rentang tahun 1800 hingga 1912. Tahun 1912, Belanda baru benar-benar bisa menguasai seluruh wilayah yang kemudian menjadi wilayah Indonesia (kecuali Timor Timur karena kekuasaan ada Portugis.

 

4. Inggris (1811-1816)

 

Penjajahan Inggris di Indonesia dimulai saat Batavia dan daerah di sekitarnya jatuh ke tangan Inggris pada 26 Agustus 1811. Inggris di bawah pimpinan Thomas Stamford Raffles berhasil merebut seluruh kekuasaan Belanda di Indonesia yang ditandai dengan Perjanjian Tuntang pada 1811. Tahun 1816 kekuasaan Inggris berakhir di Indonesia sebagai akibat dari kekalahan Napoleon, sehingga menyebabkan Inggris terpaksa menyerahkan kekuasaannya di Indonesia kepada Belanda.

 

5. Jepang (1942-1945)

 

Penjajahan Jepang di Indonesia dimulai tahun 1942 dilatar belakangi terkait Perang Dunia II ditambah dengan semboyan 3A. Secara resmi Jepang telah menguasai Indonesia sejak tanggal 8 Maret 1942, ketika Panglima Tertinggi Pemerintah Hindia Belanda menyerah tanpa syarat di Kalijati, Bandung. Tahun 1945 adalah akhir kekuasaan Jepang di Indonesia setelah pasukan sekutu menghancurkan kota Hiroshima dan Nagasaki. Dua bom itu berhasil melumpuhkan kondisi politik dan ekonomi di Jepang. Sesudah Jepang menyerah tanpa syarat kepada Sekutu tanggal 14 Agustus 1945, Indonesia berada dalam keadaan Vacuum of Power (kekosongan kekuasaan).

 

Dengan demikian, bangsa-bangsa asing menjajah Indonesia dimulai oleh Portugis tahun 1511-1575, Spanyol 1521-1529, VOC pintu masuk Belanda, Inggris 1811-1816, Belanda kembali 1816-1942, dan Jepang 1942-1945.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Susilo

Terakhir diupdate 29 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bangsa Portugis sampai di Maluku pada tahun

0

Roboguru

Siapakah yang pertama kali menjajah negara Indonesia?

0

Roboguru

Di bawah pimpinan siapakah Portugis datang ke Indonesia?

0

Roboguru

Bangsa Portugis berhasil mendirikan kantor dagangnya pada tahun 1509 di...

0

Roboguru

Siapa bangsawan Portugis yang pertama kali mendarat di Indonesia?

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved