RoboguruRoboguru
SD

Cuaca di Jakarta masih dikuasai mendung yang dengan setia mengiringi hujan ketika matahari melebihi setengah hari. Delta berdiri di depan jendela kamar yang masih terbuka. Dia menatap langit yang telah menyusur airnya ke bumi, memberikan wajahnya terkena tempias hujan. Kekuatan ibunya menghadapi hidup atas nama cinta untuk anak-anaknya meninggalkan begitu saja membuat Delta meyakini bahwa ibunya sumber cintanya, teladan bagi hidupnya.   Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah ….

Pertanyaan

Cuaca di Jakarta masih dikuasai mendung yang dengan setia mengiringi hujan ketika matahari melebihi setengah hari. Delta berdiri di depan jendela kamar yang masih terbuka. Dia menatap langit yang telah menyusur airnya ke bumi, memberikan wajahnya terkena tempias hujan. Kekuatan ibunya menghadapi hidup atas nama cinta untuk anak-anaknya meninggalkan begitu saja membuat Delta meyakini bahwa ibunya sumber cintanya, teladan bagi hidupnya.

 

Latar pada kutipan cerpen tersebut adalah ….

  1. pagi hari di jendela

  2. siang hari di kamar

  3. sore hari di jendela

  4. siang hari di rumah

N. Febriyanti

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah C.

Pembahasan

Latar merupakan salah satu unsur intrinsik dalam karya sastra. Latar terdiri dari latar tempat, waktu, dan suasana. Pada kutipan di atas, latar yang tergambar ialah latar tempat dan waktu. Latar waktu dalam penggalan cerpen tersebut adalah sore hari. Hal tersebut dibuktikan pada kalimat "...ketika matahari melebihi setengah hati". Latar tempat dalam penggalan cerpen tersebut adalah di jendela. Hal tersebut dibuktikan pada kalimat "Delta berdiri di depan jendela kamar yang masih terbuka". Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.

175

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks berikut ini! Rumah tua itu terletak di Jalan Pahlawan Rimbo Bujang. Bangunan itu sudah tua karena peninggalan zaman Belanda, namun masih terawat dengan rapi. Rumah tersebut ki...

42

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia