Iklan

Iklan

Pertanyaan

Contoh sanksi pelanggaran norma sosial dalam masyarakat adalah .... cemoohan oleh masyarakat hukuman denda pengucilan oleh masyarakat hukuman penjara

Contoh sanksi pelanggaran norma sosial dalam masyarakat adalah ....

  1. cemoohan oleh masyarakat
  2. hukuman denda
  3. pengucilan oleh masyarakat
  4. hukuman penjaraspace space 
  1. jika jawaban 1, 2, dan 3 benarspace space 

  2. jika jawaban 1 dan 3 benarspace space 

  3. jika jawaban 2 dan 4 benarspace space 

  4. jika jawaban 4 saja yang benarspace space 

  5. jika semua jawaban benarspace space 

Iklan

R. Wahyu

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah E.

jawaban yang tepat adalah E.space space 

Iklan

Pembahasan

Norma sosial adalah kebiasaan umum yang menjadi patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat dan batasan wilayah tertentu. Keberadaan norma dalam masyarakat bersifat memaksa individu atau suatu kelompok agar bertindak sesuai dengan aturan sosial yang telah terbentuk. Norma juga merupakan aturan-aturan dengan sanksi-sanksi yang dimaksudkan untuk mendorong, bahkan menekan anggota masyarakat secara keseluruhan untuk membentuk keteraturan sosial di masyarakat. Sanksi yang terdapat dalam norma beragam bentuknya sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan anggota masyarakat. Misalnya, sanksi cemooh didapatkan individu/kelompok ketika terdapat anggota masyarakat yang berbohong atau menyebar fitnah. Pemberian sanksi berupa hukuman denda dan pengucilan dilakukan masyarakat ketika terdapat anggota masyarakat yang melanggar aturan adat tertentu. Adapun sanksi penjara diberikan kepada anggota masyarakat yang melanggar norma hukum. Sanksi-sanksi tersebut bertujuan agar menimbulkan efek jera bagi para pelanggar dan mengembalikan keadaan seperti semula (masyarakat kembali mengikuti norma sosial). Dengan demikian, semua pilihan jawaban yang ada merupakan contoh sanksi dari norma sosial yang ada di masyarakat. Jadi jawaban yang tepat adalah E.

Norma sosial adalah kebiasaan umum yang menjadi patokan perilaku dalam suatu kelompok masyarakat dan batasan wilayah tertentu. Keberadaan norma dalam masyarakat bersifat memaksa individu atau suatu kelompok agar bertindak sesuai dengan aturan sosial yang telah terbentuk. Norma juga merupakan aturan-aturan dengan sanksi-sanksi yang dimaksudkan untuk mendorong, bahkan menekan anggota masyarakat secara keseluruhan untuk membentuk keteraturan sosial di masyarakat.

Sanksi yang terdapat dalam norma beragam bentuknya sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan anggota masyarakat. Misalnya, sanksi cemooh didapatkan individu/kelompok ketika terdapat anggota masyarakat yang berbohong atau menyebar fitnah. Pemberian sanksi berupa hukuman denda dan pengucilan dilakukan masyarakat ketika terdapat anggota masyarakat yang melanggar aturan adat tertentu. Adapun sanksi penjara diberikan kepada anggota masyarakat yang melanggar norma hukum. Sanksi-sanksi tersebut bertujuan agar menimbulkan efek jera bagi para pelanggar dan mengembalikan keadaan seperti semula (masyarakat kembali mengikuti norma sosial). Dengan demikian, semua pilihan jawaban yang ada merupakan contoh sanksi dari norma sosial yang ada di masyarakat.

Jadi jawaban yang tepat adalah E.space space 

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

15

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pernyataan yang tepat menggambarkan perbedaan norma kesusilaan dan norma kesopanan adalah ....

22

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia