Roboguru

Contoh manfaat bioteknologi dalam bidang pertanian adalah ….

Pertanyaan

Contoh manfaat bioteknologi dalam bidang pertanian adalah ….undefined

Pembahasan Soal:

Contoh bioteknologi pertanian yaitu kultur jaringan, insektisida dari bakteri, pembastaran, dan teknologi nuklir. Kultur jaringan (tissue culture) berarti membudidayakan suatu jaringan makhluk hidup menjadi individu baru yang mempunyai sifat sama seperti induknya. Insektisida dari bakteri Bacillus thuringiensis dikulturkan (dikembangbiakkan) dalam tangki fermenter. Lalu, ICP yang dihasilkan oleh bakteri tersebut ditampung dan dicampur dengan cairan yang lengket. Pembastaran atau persilangan merupakan perkawinan antara dua individu tanaman yang berbeda varietas, tetapi masih dalam satu spesies. Teknologi nuklir digunakan untuk mendapatkan varietas unggul melalu mutasi tanaman.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Beras hasil transgenik yang memiliki kandungan zat besi dan vitamin A lebih tinggi disebut

Pembahasan Soal:

Tanaman yang diproduksi dengan teknik rekayasa genetik disebut dengan tanaman transgenik. Salah satu tanaman transgenik yang diproduksi adalah yang tanaman yang memiliki nilai gizi tambahan. Misalnya saja ada beras emas (Golden rice) yang mengandung begin mathsize 14px style beta bond karoten end style dan provitamin A dari Filipina dan pisang yang mengandung protein bersifat vaksin.

Dengan demikian, jenis beras yang mengandung gizi tambahan berupa begin mathsize 14px style italic beta bold minus sign bold karoten end style dan provitamin A adalah jenis beras golden rice.undefined

0

Roboguru

Contoh peran bioteknologi dalam bidang pertanian adalah pembuatan. . . .

Pembahasan Soal:

Bioteknologi juga memberikan keuntungan bagi bidang pertanian. Penerapan bioteknologi di bidang pertanian telah banyak dilakukan secara modern, antara lain pembuatan tanaman transgenik seperti golden rice. Gen - gen yang mengode pembentukan beta karoten dimasukkan ke dalam tanaman padi sehingga tanaman padi itu mengandung vitamin A (golden rice). Tujuan produk ini adalah mengurangi kekurangan vitamin A yang banyak menyerang anak - anak di dunia. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.undefined 

0

Roboguru

Pernyataan yang benar tentang pemanfaatan iradiasi di bidang pertanian adalah ....

Pembahasan Soal:

Iradiasi adalah penggunaan sinar tertentu, seperti sinar gamma, untuk mengubah atau merusak komposisi genetik suatu organisme. Dalam pertanian, iradiasi digunakan untuk memandulkan hama jantan sehingga tidak mampu bereproduksi. Hal ini digunakan untuk menekan populasi hama serangga.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Keberhasilan rekayasa genetika dalam beberapa tahun terakhir banyak mendatangkan dampak positif dalam berbagai bidang seperti kedokteran dan pertanian. Akan tetapi hal tersebut juga meningkatkan kekha...

Pembahasan Soal:

Produk rekayasa genetika dalam bidang pertanian salah satunya adalah tanaman transgenik. Tanaman transgenik ini selain memiliki banyak keunggulan, terdapat pula kelemahan dari tanaman transgenik itu sendiri. Kelemahan dari produk tanaman transgenik ini tentu saja berdampak pada lingkungan. Salah satunya, yang dikhawatirkan oleh ahli konservasi adalah berkurangnya jumlah plasma nutfah yang merupakan tanaman asli yang tumbuh secara alami, bahkan dapat menyebabkan kepunahan. 

Dengan demikian, produk rekayasa genetika dalam bidang pertanian mengkhawatirkan ahli konservasi karena dapat mengurangi populasi plasma nutfah.
 

0

Roboguru

Terbatasnya lahan pertanian dapat diatasi dengan cara bercocok tanam secara ….

Pembahasan Soal:

Salah satu manfaat bioteknologi pada bidang pertanian adalah dapat mengatasi masalah terbatasnya lahan pertanian. Terbatasnya lahan pertanian dapat diatasi dengan cara bercocok tanam secara vertikultur dan hidroponik. Vertikultur adalah sistem budidaya pertanian atau cara berkebun dengan media tanam yang dilakukan secara vertikal atau bertingkat. Hidroponik adalah metode penanaman tanaman tanpa menggunakan media tumbuh dari tanah. Bercocok tanam secara vertikultur dan hidroponik dapat diterapkan pada lahan yang sempit seperti pada wilayah perkotaan, atau kawasan yang padat penduduk yang lahan pertaniannya terbatas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved