Roboguru

Coba Anda perhatikan dan amati peta silsilah keluarga Ratu Victoria dari Inggris berikut.    Gambar 7.2 Peta silsilah keluarga Ratu Victoria. Sumber: users.rcn.com/jkimbal/.ma.ultranet/Bio/ogyPages/Q/Queen_Victoria·.jpg Bagaimanakah penentuan jenis kelamin pada manusia?

Pertanyaan

Coba Anda perhatikan dan amati peta silsilah keluarga Ratu Victoria dari Inggris berikut.space space 

space space 

Gambar 7.2 Peta silsilah keluarga Ratu Victoria.

Sumber: users.rcn.com/jkimbal/.ma.ultranet/Bio/ogyPages/Q/Queen_Victoria·.jpg

Bagaimanakah penentuan jenis kelamin pada manusia?space space 

Pembahasan Soal:

Kromosom adalah struktur yang menyerap zat warna yang berada di dalam nukleus yang berperan dalam menyimpan informasi genetik. Kromosom dibedakan menjadi dua yaitu kromosom tubuh (autosom) dan kromosom seks (gonosom). Penentuan jenis kelamin pada manusia adalah berdasarkan gonosomnya yaitu jika XX adalah perempuan dan XY adalah laki-laki.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. El

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Genotipe yang menunjukkan jenis kelamin perempuan adalah

Pembahasan Soal:

Genotipe adalah istilah yang dipakai untuk menyatakan keadaan genetik dari suatu individu atau sekumpulan individu populasi. Genotipe dapat merujuk pada keadaan genetik suatu lokus maupun keseluruhan bahan genetik yang dibawa oleh kromosom (genom) yang dapat berupa homozigot atau heterozigot. Pada manusia terdapat 2 jenis kromosom seks, yaitu kromosom X dan kromosom Y. Seorang wanita memiliki kromosom seks “XX” sedangkan seorang pria memiliki kromosom seks “XY”. Dengan demikian, genotipe yang menunjukkan jenis kelamin perempuan yaitu XX.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat yaitu C.

0

Roboguru

Jenis kelamin manusia ditentukan oleh . . . .

Pembahasan Soal:

Jenis kelamin manusia ditentukan oleh tipe XY. Pada manusia, kromosom dibedakan menjadi kromosom tubuh (autosom) dan kromosom kelamin (gonosom). Setiap sel tubuh manusia mengandung 46 kromosom yang terdiri dari 44 (22 pasang) autosom dan 2 gonosom (satu pasang). Pada wanita, kromosom kelamin berupa dua kromosom X, sedangkan pada pria berupa sebuah kromosom X dan sebuah kromosom Y.space space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Jumlah kromosom diploid seekor kucing adalah 38. Berapakah jumlah kromosom yang terdapat pada gamet jantan?

Pembahasan Soal:

Gonosom atau yang biasa disebut kromosom kelamin atau kromosom seks. Gonosom dapat menentukan jenis kelamin makhluk hidup. Organisme yang memiliki kromosom kelamin dengan tipe XY dapat ditemukan pada mamalia termasuk manusia, beberapa jenis serangga, serta beberapa jenis tumbuhan berumah dua (hanya memiliki satu jenis kelamin dalam satu pohon). Jika diketahui jumlah kromosom diploid seekor kucing adalah 38 maka jumlah kromosom yang terdapat pada gamet jantan adalah 19 buah (1/2 dari kromosom total) yang terdiri dari 18 autosom dan 1 kromosom seks atau sperma (19) = 18 A + X atau 18 A + Y.

0

Roboguru

Lalat buah (Drosophila) jantan memiliki dua macam sel gamet haploid dengan rumus kromosom ... dan ....

Pembahasan Soal:

Lalat buah (Drosophila) jantan memiliki dua macam sel gamet haploid dengan rumus kromosom 3AX dan 3AY. Lalat ini memiliki 8 buah atau 4 pasang kromosom yang terdiri atas 3 pasang kromosom tubuh dan 1 pasang kromosom kelamin. Kromosom kelamin atau kromosom seksnya terdiri atas kromosom X dan kromosom Y. Pada waktu terjadi gametogenesis, lalat buah betina hanya dapat menghasilkan satu macam gamet (set telur) haploid dengan rumus kromosom 3AX sehingga disebut homogamet. Sementara itu, lalat jantan dapat menghasilkan dua macam gamet (sel spermatozoa) haploid dengan rumus kromosom 3AX dan 3AY sehingga disebut heterogamet

Dengan demikian, jawaban yang tepat ialah 3AX dan 3AY. 

0

Roboguru

Genotipe yang menunjukan jenis kelamin perempuan adalah....

Pembahasan Soal:

Pada manusia, jenis kelamin ditentukan berdasarkan tipe XY. Gonosom Y merupakan faktor penentu jenis kelamin laki-laki. Jika sel tubuh seesorang mengandung gonosom Y, berarti orang tersebut berjenis kelamin laki-laki, meskipun memiliki beberapa kromosom X. Contohnya, XY (laki-laki normal) dan XXY (laki-laki sindrom Klinefelter) . Sementara itu, jika sel tubuh seseorang hanya mengandung satu macam gonosom X (tanpa Y), orang tersebur berjenis kelamin wanita. Contohnya, XX (wanita normal), XXX (wanita super), atau X (wanita sindrom Turner).

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved