Roboguru

Ciri pokok bioteknologi modern adalah ....

Pertanyaan

Ciri pokok bioteknologi modern adalah ....space

  1. memanfatkan mikroorganismeundefined

  2. rekayasa gen atau DNAundefined

  3. menghasilkan barangundefined

  4. prosesnya dalam suasana anaerobundefined

Pembahasan Soal:

Bioteknologi modern menggunakan sebagian bagian dari mikroorganisme berupa DNA atau enzim, teknologi yang digunakan canggih. Pemanfaatan mikroorganisme ditambah dengan menggunakan teknologi modern. Pada bioteknologi modern, manipulasi tidak hanya dilakukan pada kondisi lingkungan serta media kultur, tetapi pada susunan gen dalam kromosom. Hal ini seiring dengan kemajuan pengetahuan manusia yang telah sampai pada tingkat molekular. Contohnya bayi tabung, kloning. Dengan demikian pada bioteknologi modern melakukan rekayasa gen atau DNA.

Oleh karena itu, pilihan jawaban yang benar adalah B.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 29 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Prinsip pada bioteknologi industri adalah ....

Pembahasan Soal:

Prinsip bioteknologi industri yaitu menghasilkan barang atau jasa dalam skala industri yaitu dalam jumlah besar dengan memanfaatkan organisme atau bagian-bagiannya. Prinsip tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Bioteknologi merupakan cabang ilmu biologi yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup berupa bakteri, fungi, virus, hewan, tumbuhan, enzim, dan lainnya untuk menghasilkan barang dan jasa. Bioteknologi kini sudah berkembang mencangkup bidang ilmu lain seperti biokimia, komputer, biologi molekuler, mikrobiologi, genetika, kimia, farmasi, dan lainnya. Kemajuan bioteknologi juga diikuti dengan perkembangan teknologinya. Aplikasi bioteknologi memiliki manfaat untuk memodifikasi fungsi biologis suatu organisme dengan menambahkan gen dari organisme lain atau merekayasa gen asli organisme tersebut.

Terdapat dua jenis bioteknologi, yaitu:

  • Bioteknologi konvensional, merupakan bioteknologi yang memanfaatkan makhluk hidup secara langsung. Mikroorganisme yang digunakan berperan dalam  proses biokimia, dan proses genetika alami untuk memproduksi alkohol, asam asetat, gula, atau bahan makanan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan bioteknologi konvensional.
  • Bioteknologi modern, merupakan bioteknologi yang mengacu pada prinsip ilmuah yang akan menghasilkan produk secara efektif dan efisien. Bioteknologi modern mencangkup berbagai bidang kajian, seperti rekeyasa genetika, penciptaan sumber energi, pembuatan vaksin dan antibiotik,  kultur jaringan, DNA rekombinan, klonning, bayi tabung, dan lainnya. 

Pemanfaatan bioteknologi dalam bidang industri:

  1. Pada industri MSG, dengan memanfaatkan Asam Glutamat yang merupakan asam amino yang berberan sebagai bahan utama monosodium glutamat (MSG).
  2. Berperan dalam produksi Lisin, yang merupakan jenis asam amino yang tidak dapat disintesis oleh hewan, jenis asam amino tersebut diproduksi dengan bantuan bakteri Carynobacterium glutamat.
  3. Pada industri yang memproduksi makanan dan minuman yang mengandung asam sitrat. Asam Sitrat merupakan perasa getir atau pahit pada cita rasa makanan dan merupakan unsur pokok dalam berbagai jenis jeruk. Dan diproduksi oleh Aspergillus niger
  4. Berperan dalam produksi beberapa Enzim.

Jadi, dengan demikian jawaban yang benar adalah D.

0

Roboguru

Rekayasa genetika sangat bermanfaat untuk kehidupan manusia, antara lain . . . .

Pembahasan Soal:

Rekayasa genetik adalah kegiatan manipulasi gen untuk mendapatkan produk baru dengan cara membuat DNA baru. Manipulasi materi genetik dilakukan dengan cara menambah atau menghilangkan gen tertentu. Penerapan rekayasa genetik sangat membantu dalam memenuhi kebutuhan hidup manusia, diantaranya menyediakan kebutuhan pangan masa depan dengan kualitas yang lebih baik, contohnya yaitu Golden rice. Dijadikan alternatif sumber energi yang dapat diperbarui, misalnya biomass dan biofuel yang dapat menggantikan sumber energi konvensional. Kemudian perawatan kesehatan yang lebih baik, seperti produksi insulin dan antibodi monoklomal dalam skala besar. Serta efisiensi pertanian yang lebih baik dan penggunaan pestisida kimia yang relatif lebih sedikit.undefined 

0

Roboguru

Tindakan berikut ini yang dilakukan dalam bioteknologi modern adalah…

Pembahasan Soal:

Bioteknologi modern merupakan metode bioteknologi yang didasarkan pada manipulasi DNA (rekayasa genetika), selain prinsip mikrobiologi dan biokimia. Metode ini dilakukan dengan cara memodifikasi gen-gen spesifik dan menyisipkannya pada organisme lain seperti mikroba, hewan dan tumbuhan. Ciri-ciri bioteknologi modern sebagai berikut.

  • Menggunakan teknologi yang lebih modern dan canggih 
  • Memanfaatkan prinsip rekayasa genetika
  • Cara pengerjaannya rumiit, perlu kehati-hatian dan menggunakan prinsip metode ilmiah
  • Biaya yang relatif lebih mahal
  • Dapat menghasilkan sifat baru pada organisme yang dapat di produksi secara masal dan waktu yang singkat

Jadi jawaban yang tepat adalah B

 

0

Roboguru

Penemuan teknik DNA fingerprinting atau sidik DNA yang digunakan untuk menginvestigasi suatu kejahatan atau tindak criminal merupakan bioteknologi bidang ....

Pembahasan Soal:

DNA fingerprint atau yang dikenal dengan sidik jari DNA adalah salah satu metode yang digunakan untuk mengidentifikasi kekhasan pola DNA setiap individu khususnya dalam bidang forensik. DNA fingerprint setiap individu berbeda-beda sehingga dapat digunakan sebagai bukti forensik pada kasus kejahatan. Tes DNA fingerprint ini bisa digunakan DNA yang terdapat pada inti sel atau DNA mitokondria. 

0

Roboguru

Salah satu contoh bioteknologi modern yang digunakan dalam ilmu kesehatan, pertanian, dan pengolahan limbah adalah....

Pembahasan Soal:

Bioteknologi modern salah satu jenis bioteknologi yang menggunakan prinsip rekayasa genetika dalam penggunaannya. Rekayasa genetika sangat membantu dalam bidang kesehatan, pertanian, hingga pengolahan limbah karena dapat menghasilkan produk sesuai keinginan atau tujuan manusia itu sendiri seperti menggunakan bakteri dalam menghasilkan hormon insulin.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved