Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ciri khas Teori Pasang Surut dalam pembentukan Tatasurya adalah adanya ....

Ciri khas Teori Pasang Surut dalam pembentukan Tatasurya adalah adanya ....

  1. ledakan besar

  2. gravitasi bintang lain

  3. proses pendinginan kabut

  4. tabrakan dua bintang besar

  5. gaya centrifugal partikel Jagatraya

Iklan

A. Kusbardini

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Teori pasang surut dikemukakan oleh seorang fisikawan, astronom, dan matematikawan Inggris bernama Sir James Hopwood Jeans. Menurut Sir James, material benda-benda anggota tata surya seperti planet, meteor, satelit, asteroid, komet, dan lain-lain berasal dari bagian Matahari. Pada mulanya Matahari sudah ada, lalu ada bintang lain yang mengorbit di dekat Matahari. Peristiwa tersebut menyebabkan terjadinya pasang massa matahari karena tertarik gravitasi bintang . Saat bintang tersebut menjauh, material pasang massa matahari yang berbentuk cerutu kemudian ada yang surut dan bergabung kembali dengan Matahari, dan ada pula yang hancur membentuk partikel yang kecil-kecil yang kemudian menjadi cikal bakal terbentuknya planet, meteor, satelit, asteroid, komet, dan lain sebagainya. Material bekas hancuran tadi kemudian akan mengorbit ke Matahari dan bersama-sama Matahari membentuk tata surya. Jadi di antara kelima pilihan jawaban pada soal, maka pilihan jawaban yang paling tepat yaitu pilihan jawaban B. gravitasi bintang lain. Sementara itu, pilihan jawaban A adalah bagian dari teori big bang, pilihan jawaban C adalah bagian teori nebula (kabut), pilihan jawaban D adalah bagian teori bintang kembar, dan pilihan jawaban E adalah bagian teori big bang.

Teori pasang surut dikemukakan oleh seorang fisikawan, astronom, dan matematikawan Inggris bernama Sir James Hopwood Jeans. Menurut Sir James, material benda-benda anggota tata surya seperti planet, meteor, satelit, asteroid, komet, dan lain-lain berasal dari bagian Matahari. Pada mulanya Matahari sudah ada, lalu ada bintang lain yang mengorbit di dekat Matahari. Peristiwa tersebut menyebabkan terjadinya pasang massa matahari karena tertarik gravitasi bintang. Saat bintang tersebut menjauh, material pasang massa matahari yang berbentuk cerutu kemudian ada yang surut dan bergabung kembali dengan Matahari, dan ada pula yang hancur membentuk partikel yang kecil-kecil yang kemudian menjadi cikal bakal terbentuknya planet, meteor, satelit, asteroid, komet, dan lain sebagainya. Material bekas hancuran tadi kemudian akan mengorbit ke Matahari dan bersama-sama Matahari membentuk tata surya. Jadi di antara kelima pilihan jawaban pada soal, maka pilihan jawaban yang paling tepat yaitu pilihan jawaban B. gravitasi bintang lain.

Sementara itu, pilihan jawaban A adalah bagian dari teori big bang, pilihan jawaban C adalah bagian teori nebula (kabut), pilihan jawaban D adalah bagian teori bintang kembar, dan pilihan jawaban E adalah bagian teori big bang.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

19

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Teori Pasang Surut yang dikemukakan oleh Buffon dan diperbaiki oleh Jeans Jeffreys adalah teori terjadinya...

3

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia