Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ciri khas teori Nebula dalam pembentukan Tatasurya adalah ....

Ciri khas teori Nebula dalam pembentukan Tatasurya adalah ....
 

  1. adanya gravitasi bintang yang menarik partikel di sekitarnya

  2. adanya tabrakan dua bintang dan salah satunya hancur

  3. adanya proses penurunan suhu pada masa yang menjadi planet

  4. terjadi tarik menarik antar partikel pada ruang angkasa

  5. terjadi ledakan pada bintang raksasa

Iklan

I. Handayani

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah teori Nebula terjadi penurunan suhu, kabut yang dingin kemudian berputar dan berpilin sampai saatnya tiba membeku menjadi planet.

jawaban yang tepat adalah teori Nebula terjadi penurunan suhu, kabut yang dingin kemudian berputar dan berpilin sampai saatnya tiba membeku menjadi planet.

Iklan

Pembahasan

Teori pembentukan tata surya yang terkenal ada lima sebagai berikut : Teori nebula menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya kabut panas, yang kemudian berputar dan berpilin menjadi dingin setelah itu membeku dan membentuk planet-planet seperti saat ini. Teori awan debu menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya gas dan debu, lalu berubah bentuk menjadi planet-planet, pada teori ini juga pembentukan yang terjadi disebut cakram ditengahnya memiliki inti yang kuat yang akan menjadi pusatnya. Teori planetesimal menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya tarik menarik antara massa planet, kemudian dari tarik menarik itu menghasilkan zat-zat yang terseret keluar sebagian ada yang masuk kedalam massa yang kuat, sedangkan yang lain tetap mengambang diangkasa dan menjadi planet-planet yang ada sekarang. Teori pasang surut menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya Tarik menarik antara massa planet, perbedaannya yang ditarik pada teori ini adalah gelombang pasang yang berupa gas panas matahari . Teori bintang kembar menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya dua bintang kembar yang sama besar, kemudian tiba-tiba ada bintang yang lebih besar melewati dua bintang kembar tersebut, hingga akhirnya salah satu bintang kembar terpecah, bagian dari pecahan tersebut yang akhirnya membentuk planet-planet. Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah teori Nebula terjadi penurunan suhu, kabut yang dingin kemudian berputar dan berpilin sampai saatnya tiba membeku menjadi planet.

Teori pembentukan tata surya yang terkenal ada lima sebagai berikut :

  • Teori nebula menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya kabut panas, yang kemudian berputar dan berpilin menjadi dingin setelah itu membeku dan membentuk planet-planet seperti saat ini.
  • Teori awan debu menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya gas dan debu, lalu berubah bentuk menjadi planet-planet, pada teori ini juga pembentukan yang terjadi disebut cakram ditengahnya memiliki inti yang kuat yang akan menjadi pusatnya.
  • Teori planetesimal menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya tarik menarik antara massa planet, kemudian dari tarik menarik itu menghasilkan zat-zat yang terseret keluar sebagian ada yang masuk kedalam massa yang kuat, sedangkan yang lain tetap mengambang diangkasa dan menjadi planet-planet yang ada sekarang.
  • Teori pasang surut menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya Tarik menarik antara massa planet, perbedaannya yang ditarik pada teori ini adalah gelombang pasang yang berupa gas panas matahari.
  • Teori bintang kembar menyatakan bahwa tata surya terbentuk karena adanya dua bintang kembar yang sama besar, kemudian tiba-tiba ada bintang yang lebih besar melewati dua bintang kembar tersebut, hingga akhirnya salah satu bintang kembar terpecah, bagian dari pecahan tersebut yang akhirnya membentuk planet-planet.

Oleh karena itu jawaban yang tepat adalah teori Nebula terjadi penurunan suhu, kabut yang dingin kemudian berputar dan berpilin sampai saatnya tiba membeku menjadi planet.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

40

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Mengapa terbentuknya bumi tidak dapat dilepaskan dari proses terbentuknya tata surya?

7

3.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia