Iklan

Iklan

Pertanyaan

Ciri-ciri iklim: ketinggian tempat 1.500- 2.500 meter di atas permukaan laut; temperatur udara antara 17,1 ° C - 11,1 ° C; terdapat jenis tumbuhan: sayuran, kopi, teh, dan kina. Iklim yang sesuai ciri tersebut menurut Junghuhn adalah....

Ciri-ciri iklim:

  1. ketinggian tempat 1.500 - 2.500 meter di atas permukaan laut;
  2. temperatur udara antara 17,1 °C - 11,1 ° C;
  3. terdapat jenis tumbuhan: sayuran, kopi, teh, dan kina.

Iklim yang sesuai ciri tersebut menurut Junghuhn adalah....

  1. iklim panas

  2. iklim hangat

  3. iklim sedang

  4. iklim sejuk

  5. iklim dingin

Iklan

A. Aghnia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Klasifikasi Iklim Menurut Junghuhn: Zona Iklim Panas Kelompok pertama dari klasifikasi iklim Jughuhn ini adalah zona iklim panas. Zona iklim panas merupakan iklim yang berada di tempat dengan ketinggian antara 0 - 600 meter di atas permukaan air laut. Di daerah dengan ketinggin ini, rata- rata suhu yang kita rasakan antara 22 C - 26,3 C. Iklim di daerah ini merupakan iklim yang paling panas dari pada daerah yang lainnya, maka dari itulah tidak semua tanaman bisa kita tanam, terlebih tanaman- tanaman yang membutuhkan udara dingin. Beberapa tanaman yang cocok kita tanam di wilayah iklim seperti ini misalnya padi, jagung, kopi, tembakau, tebu, karet, kelapa dan tanaman cokelat. Tanaman- tanaman ini biasanya kita temukan di wilayah pulau Sumatera, seperti Sumatera Selatan yang menjadi lokasi penelitian oleh Junghuhn. Zona Iklim Sedang Kelompok kedua dari zona pembagian iklim menurut Jughuhn adalah zona iklim sedang. Zona iklim sedang merupakan iklim yang berada di tempat yang memiliki ketinggian antara 600 -1.500 meter di atas permukaan air laut. Di daerah ini suhu udara yang akan kita rasakan rata- rata amtara 17,1 C - 22 C. Iklim ini dirasa lebih dingin daripada iklim yang sebelumnya, maka dari itulah jenis tanaman yang cocok ditanam di daerah inipun sudah berbeda dengan daerah sebelumnya, meskipun beberapa tanaman masih bisa hidup di wilayah ini. Adapun beberapa jenis tanaman yang cocok kita tanaman di wilayah yang memiliki iklim sedang antara lain adalahteh, kopi, cokelat, kina, dan tembakau. Zona Iklim Sejuk Kelompok ketiga dari zona pembagian iklim menurut Junghuhn adalah zona iklim sejuk. Iklim ini tentu saja lebih dingin daripada iklim sebelumnya, dan tempatnya pun juga lebih tinggi daripada sebelumnya. Zona iklim sejuk ini merupakan iklim yang berada di tempat dengan ketinggian antara 1.500 -2500 meter di atas permukaan air laut. Di tempat ini, rata- rata suhu udara yang akan kita rasakan antara 11,1 C - 17,1 C, di tempat ini ada beberapa tanaman sayur- sayuran seperti kol, sawi, selada dan lainnya. Tanaman- tanaman ini dapat kita jumah di wilyaah dataran tinggi,Bandung. Zona Iklim Dingin Zona iklim keempat dan yang terakhir dari klasifikasi iklim Junghuhn adalah zona iklim dingin. Iklim dingin ini berada di tempat yang memiliki ketinggian yang lebih dari 2.500 meter di atas permukaan air laut. Di tempat ini, rata- rata suhu udara yang akan kita rasakan sekitar 6,2 C - 11,1 C. Di wilayah iklim dingin ini tidak akan kita temukan tanaman budidaya. Tanaman yang dapat hidup di iklim dingin ini misalnya adalah lumut. Sesuai dengan ciri iklim, maka termasuk ke dalam iklim sejuk.

Klasifikasi Iklim Menurut Junghuhn:

Zona Iklim Panas

Kelompok pertama dari klasifikasi iklim Jughuhn ini adalah zona iklim panas. Zona iklim panas merupakan iklim yang berada di tempat dengan ketinggian antara 0 - 600 meter di atas permukaan air laut. Di daerah dengan ketinggin ini, rata- rata suhu yang kita rasakan antara 22 degreeC - 26,3 degreeC. Iklim di daerah ini merupakan iklim yang paling panas dari pada daerah yang lainnya, maka dari itulah tidak semua tanaman bisa kita tanam, terlebih tanaman- tanaman yang membutuhkan udara dingin. Beberapa tanaman yang cocok kita tanam di wilayah iklim seperti ini misalnya padi, jagung, kopi, tembakau, tebu, karet, kelapa dan tanaman cokelat. Tanaman- tanaman ini biasanya kita temukan di wilayah pulau Sumatera, seperti Sumatera Selatan yang menjadi lokasi penelitian oleh Junghuhn.

Zona Iklim Sedang

Kelompok kedua dari zona pembagian iklim menurut Jughuhn adalah zona iklim sedang. Zona iklim sedang merupakan iklim yang berada di tempat yang memiliki ketinggian antara 600 -1.500 meter di atas permukaan air laut. Di daerah ini suhu udara yang akan kita rasakan rata- rata amtara 17,1 degreeC - 22 degreeC. Iklim ini dirasa lebih dingin daripada iklim yang sebelumnya, maka dari itulah jenis tanaman yang cocok ditanam di daerah inipun sudah berbeda dengan daerah sebelumnya, meskipun beberapa tanaman masih bisa hidup di wilayah ini. Adapun beberapa jenis tanaman yang cocok kita tanaman di wilayah yang memiliki iklim sedang antara lain adalah teh, kopi, cokelat, kina, dan tembakau.

Zona Iklim Sejuk

Kelompok ketiga dari zona pembagian iklim menurut Junghuhn adalah zona iklim sejuk. Iklim ini tentu saja lebih dingin daripada iklim sebelumnya, dan tempatnya pun juga lebih tinggi daripada sebelumnya. Zona iklim sejuk ini merupakan iklim yang berada di tempat dengan ketinggian antara 1.500 - 2500 meter di atas permukaan air laut. Di tempat ini, rata- rata suhu udara yang akan kita rasakan antara 11,1 degreeC - 17,1 degreeC, di tempat ini ada beberapa tanaman sayur- sayuran seperti kol, sawi, selada dan lainnya. Tanaman- tanaman ini dapat kita jumah di wilyaah dataran tinggi, Bandung.

Zona Iklim Dingin

Zona iklim keempat dan yang terakhir dari klasifikasi iklim Junghuhn adalah zona iklim dingin. Iklim dingin ini berada di tempat yang memiliki ketinggian yang lebih dari 2.500 meter di atas permukaan air laut. Di tempat ini, rata- rata suhu udara yang akan kita rasakan sekitar 6,2 degreeC - 11,1 degreeC. Di wilayah iklim dingin ini tidak akan kita temukan tanaman budidaya. Tanaman yang dapat hidup di iklim dingin ini misalnya adalah lumut.

Sesuai dengan ciri iklim, maka termasuk ke dalam iklim sejuk.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

622

Mila Gw

Pembahasan lengkap banget

Khaila

Pembahasan lengkap banget Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

rahma

Mudah dimengerti Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Menurut klasifikasi Junghuhn, zona iklim dengan ketinggian, 1.500-2.500 cocok ditanami tanaman ....

108

3.3

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia