Roboguru

Ciri-ciri iklim: ketinggian tempat 1.500 - 2.500 meter di atas permukaan laut; temperatur udara antara 17,1 °C - 11,1 ° C; terdapat jenis tumbuhan: sayuran, kopi, teh, dan kina. Iklim yang sesu

Ciri-ciri iklim:

  1. ketinggian tempat 1.500 - 2.500 meter di atas permukaan laut;
  2. temperatur udara antara 17,1 °C - 11,1 ° C;
  3. terdapat jenis tumbuhan: sayuran, kopi, teh, dan kina.

Iklim yang sesuai ciri tersebut menurut Junghuhn adalah....

  1. iklim panas

  2. iklim hangat

  3. iklim sedang

  4. iklim sejuk

  5. iklim dingin

Jawaban:

Klasifikasi Iklim Menurut Junghuhn:

Zona Iklim Panas

Kelompok pertama dari klasifikasi iklim Jughuhn ini adalah zona iklim panas. Zona iklim panas merupakan iklim yang berada di tempat dengan ketinggian antara 0 - 600 meter di atas permukaan air laut. Di daerah dengan ketinggin ini, rata- rata suhu yang kita rasakan antara 22 degreeC - 26,3 degreeC. Iklim di daerah ini merupakan iklim yang paling panas dari pada daerah yang lainnya, maka dari itulah tidak semua tanaman bisa kita tanam, terlebih tanaman- tanaman yang membutuhkan udara dingin. Beberapa tanaman yang cocok kita tanam di wilayah iklim seperti ini misalnya padi, jagung, kopi, tembakau, tebu, karet, kelapa dan tanaman cokelat. Tanaman- tanaman ini biasanya kita temukan di wilayah pulau Sumatera, seperti Sumatera Selatan yang menjadi lokasi penelitian oleh Junghuhn.

Zona Iklim Sedang

Kelompok kedua dari zona pembagian iklim menurut Jughuhn adalah zona iklim sedang. Zona iklim sedang merupakan iklim yang berada di tempat yang memiliki ketinggian antara 600 -1.500 meter di atas permukaan air laut. Di daerah ini suhu udara yang akan kita rasakan rata- rata amtara 17,1 degreeC - 22 degreeC. Iklim ini dirasa lebih dingin daripada iklim yang sebelumnya, maka dari itulah jenis tanaman yang cocok ditanam di daerah inipun sudah berbeda dengan daerah sebelumnya, meskipun beberapa tanaman masih bisa hidup di wilayah ini. Adapun beberapa jenis tanaman yang cocok kita tanaman di wilayah yang memiliki iklim sedang antara lain adalah teh, kopi, cokelat, kina, dan tembakau.

Zona Iklim Sejuk

Kelompok ketiga dari zona pembagian iklim menurut Junghuhn adalah zona iklim sejuk. Iklim ini tentu saja lebih dingin daripada iklim sebelumnya, dan tempatnya pun juga lebih tinggi daripada sebelumnya. Zona iklim sejuk ini merupakan iklim yang berada di tempat dengan ketinggian antara 1.500 - 2500 meter di atas permukaan air laut. Di tempat ini, rata- rata suhu udara yang akan kita rasakan antara 11,1 degreeC - 17,1 degreeC, di tempat ini ada beberapa tanaman sayur- sayuran seperti kol, sawi, selada dan lainnya. Tanaman- tanaman ini dapat kita jumah di wilyaah dataran tinggi, Bandung.

Zona Iklim Dingin

Zona iklim keempat dan yang terakhir dari klasifikasi iklim Junghuhn adalah zona iklim dingin. Iklim dingin ini berada di tempat yang memiliki ketinggian yang lebih dari 2.500 meter di atas permukaan air laut. Di tempat ini, rata- rata suhu udara yang akan kita rasakan sekitar 6,2 degreeC - 11,1 degreeC. Di wilayah iklim dingin ini tidak akan kita temukan tanaman budidaya. Tanaman yang dapat hidup di iklim dingin ini misalnya adalah lumut.

Sesuai dengan ciri iklim, maka termasuk ke dalam iklim sejuk.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved