Roboguru

F.W Junghuhn mengelompokan iklim berdasarkan faktor ...

Pertanyaan

F.W Junghuhn mengelompokan iklim berdasarkan faktor ...

  1. Suhu dan kelembaban

  2. Rata-rata bulan basah

  3. Bulan basah berturut-turut

  4. Tingkat evaporasi

  5. Ketinggian dan jenis vegetasi budidaya

Pembahasan Soal:

Franz Wilhelm Junghuhn merupakan seorang naturalis, doktor, botanikus, geolog dan juga pengarang berkebangsaan Jerman, kemudian Belanda. Beliau mengadakan penelitian di wilayah Sumatera Selatan dan juga di Dataran Tinggi Bandung untuk membandingkan iklim yang didasarkan pada ketinggian suatu tempat dan tanaman budidayanya. Klasifikasi iklim menurut Junghuhn yaitu :

  1. Zona iklim panas, berada pada ketinggian 0 - 600 meter di atas permukaan laut. Memiliki suhu berkisar antara 22 degree minus 26 degree straight C. Beberapa contoh tanaman yang dapat dibudidayakan di zona iklim panas yaitu kelapa, karet, tebu, padi, jagung, tembakau, dan cokelat.
  2. Zona iklim sedang, berada pada ketinggian 600 - 1500 meter di atas permukaan laut. Memiliki suhu berkisar antara 17 degree minus 22 degree straight C. Beberapa contoh tanaman yang dapat dibudidayakan di zona iklim sedang yaitu teh, stroberi, kol, sawi, tomat, kopi, dan selada.
  3. Zona iklim sejuk, berada pada ketinggian 1500 - 2000 meter di atas permukaan laut. Memiliki suhu berkisar antara 11 degree minus 17 degree straight C. Beberapa contoh tanaman yang dapat dibudidayakan di zona iklim sejuk yaitu sayur-sayuran, hutan tanaman industri, kopi, teh, dan kina.
  4. Zona iklim dingin, berada pada ketinggian lebih dari 2500 meter di atas permukaan laut. Memiliki suhu berkisar 6 degree minus 11 degree straight C. Pada zona iklim dingin tidak ada tanaman yang dapat dibudidayakan, tanaman yang dapat bertahan hidup di zona iklim dingin adalah lumut dan paku.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 07 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tanaman bunga cocok tumbuh di daerah sejuk dengan ketinggian 600 m. Di samping berkebun bunga, aktivitas yang bisa dikembangkan oleh penduduk setempat adalah ....

Pembahasan Soal:

Menurut zona ketinggiannya dibagi menjadi beberapa zona, serta tanaman yang cocok tumbuh di zona tersebut sebagai berikut:

  1. Zona iklim panas (0-700 mdpl) pada zona ini, suhu udara berkisar antara 22 derajat C – 26,3 derajat C. Tanaman pertanian yang cocok dibudidayakan adalah padi, tebu, kelapa, coklat, dan jagung.
  2. Zona iklim sedang (700-1500 mdpl) pada zona ini, suhu udara berkisar antara 17,1 derajat C – 22 derajat C. Tanaman pertanian yang cocok dibudidayakan adalah teh, kina, kopi, karet, dan cokelat.
  3. Zona iklim sejuk (1500-2500 mdpl) pada zoan ini, suhu udara berkisar 11,1 derajat C – 17,1 derajat C. Tanaman yang cocok adalah sayuran sejenis kentang.
  4. Zona iklim dingin (>2500 mdpl) pada zona ini, suhu udara berkisar 6,2 derajat C – 11,1 derajat C.

Tanaman yang cocok di daerah sejuk, dengan ketinggian 600 mdpl adalah perkebunan kelapa.

0

Roboguru

Pengklasifikasian iklim berdasarkan ketinggian tempat dan vegetasi yang dapat tumbuh serta berproduksi maksimal dikemukakan oleh...

Pembahasan Soal:

Friedrich Franz Wilhelm Junghuhn, ahli tanaman asal Jerman membagi iklim berdasarkan ketinggian tempat. Pembagian ini merupakan hasil temuannya terhadap jenis-jenis vegetasi yang tumbuh di wilayah dengan ketinggian berbeda-beda. Adapun klasifikasi iklim menurut Junghuhn adalah sebagai berikut.

  1. Daerah panas dengan ketinggian 0-600 mdpl, cocok untuk tanaman perkebunan, seperti kopi, karet, tembakau, cokelat, dan kelapa.
  2. Daerah sedang dengan ketinggian antara 600-1 .500 mdpl, cocok untuk tanaman perkebunan, seperti kopi, teh, kina, dan pinang.
  3. Daerah dingin dengan ketinggian 1 .500-2.500 mdpl, cocok untuk jenis tanaman cemara, cantigi dll
  4. Daerah sangat dingin dengan ketinggian lebih dari 2.500 mdpl cocok untuk tanaman lumut

Berdasarkan penjelasan diatas, pengklasifikasian iklim berdasarkan ketinggian tempat dan vegetasi yang dapat tumbuh dilakukan oleh Junghuhn.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined  

0

Roboguru

Pembagian iklim Junghuhn didasarkan pada....

Pembahasan Soal:

Klasifikasi iklim menurut Junghuhn merupakan pembagian iklim berdasarkan pada ketinggian suatu tempat dan sayuran atau tanaman yang ditanam pada tempat tersebut. Hal ini berkaitan bahwa setiap tanaman memiliki syarat tumbuh salah satunya ketinggian tempat, dataran tinggi umumnya cenderung lebih sejuk dibandingkan dengan dataran rendah yang kondisinya lebih panas maka tanaman yang ditanam pun akan berbeda pula.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Sebutkan jelaskan klasifikasi iklim!

Pembahasan Soal:

Iklim adalah keadaan rata-rata cuaca pada suatu tempat di permukaan bumi dalam rentan waktu yang panjang. Penggolongan iklim adalah sebagai berikut.

  1. Iklim matahari. Penggolongan ini berdasarkan garis lintang. Posisi ini menentukan intensitas sinar matahari yang diterima. Iklim matahari terbagi menjadi empat yaitu tropis, subtropis, sedang dan dingin.
  2. Iklim Koppen. Penggolongan iklim ditentukan berdasarkan curah hujan, suhu serta mempertimbangkan vegetasi dan persebaran jenis tanah. Iklim ini dibagi menjadi iklim A,B,C,D dan E.
  3. Iklim Junghun yaitu pembagiannya berdasarkan pada ketinggian tempat dan vegetasi.Iklim ini dibagi menjadi zona panas, sedang, sejuk dan dingin
  4. Iklim Schmidt-Ferguson berdasarkan rata-rata bulan basah dan kering dan membagi menjadi delapan tipe iklim.
  5. Iklim Oldeman menggunakan unsur curah hujan sebagai dasar klasifikasi iklim. Iklim ini dibagi menjadi A,B,C,,D dan E

0

Roboguru

Faktor yang paling berpengaruh terhadap persebaran tumbuhan/tanaman, menurut Junghuhn adalah .....

Pembahasan Soal:

Faktor yang paling berpengaruh terhadap persebaran tumbuhan/tanaman menurut Junghuhn adalah ketinggian tempat.

Franz Wilhem Junghuhn seorang berkebangsaan Jerman mengklasifikasikan iklim di Indonesia berdasarkan ketinggian dan jenis vegetasi yang tumbuh di daerah tersebut.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved