Roboguru

Change the verb in brackets into the correct Simple Present Tense or Present Continuous Tense form! Diana (help) ____ the doctors to cure the patients.

Pertanyaan

Change the verb in brackets into the correct Simple Present Tense or Present Continuous Tense form!


Diana (help) ____ the doctors to cure the patients.

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Perintah soal meminta kita untuk mengubah verb di dalam tanda kurung menjadi verb dalam bentuk Simple Present Tense atau Present Continuous Tense yang tepat.

Simple Present Tense digunakan untuk mengungkapkan situasi yang masih atau selalu aktual kebenarannya. Sementara itu, Present Continuous Tense digunakan untuk mengungkapkan peristiwa yang sedang terjadi saat kalimat diucapkan.

Kalimat rumpang "Diana (help) ____ the doctors to cure the patients" dapat mengungkapkan sebuah situasi yang masih atau selalu aktual kebenarannya dan juga dapat mengungkapkan peristiwa yang sedang terjadi saat kalimat diucapkan. Jadi, kalimat rumpang ini dapat diubah ke dalam bentuk Simple Present Tense atau Present Continuous Tense.

Kalimat positif dalam Simple Present Tense berpola dasar S + V1(-e/-es), dan untuk mengisi bagian rumpang dalam "Diana (help) ____ the doctors to cure the patients," kita harus mencek apakah subyek kalimatnya termasuk dalam kategori he, she, it atau tidak. "Diana" termasuk dalam kategori she. Jadi, kita perlu menambahkan akhiran -s/-es pada verb "help." Jadi, dalam bentuk Simple Present Tense, kita mendapatkan "Diana helps the doctors to cure the patients."

Sementara itu, kalimat positif dalam Present Continuous Tense berpola dasar S + be + V-ing. Karena subyek kalimat "Diana" termasuk dalam kategori she, kita harus menggunakan "is" sehingga kalimatnya menjadi "Diana is helping the doctors to cure the patients."

Jadi, bagian rumpang pada soal di atas dapat diisi dengan dua macam jawaban, yaitu "helps" atau "is helping."

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Enty

Terakhir diupdate 11 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Fill in the blanks with Simple Present Tense or Present Continuous Tense! I ____ (not like) spaghetti.

Pembahasan Soal:

Soal ini meminta kita melengkapi kalimat dengan tense yang sesuai.

Dari konteks kalimatnya dapat disimpulkan bahwa kalimat ini adalah kalimat negatif Simple Present Tense yang bentuk auxiliary verb-nya bergantung pada subjek kalimatnya. Untuk subjek I, you, we, they dan subjek jamak lainnya kita menggunakan auxiliary verb do. Karena subjeknya adalah I, maka bentuknya menjadi don't like.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah: don't like.

0

Roboguru

Complete with the Present Simple or Present Continuous of the verbs in brackets. A: Hey, Mary. Can you explain this text to me? I ____ (not understand) it. B: Not now, Kevin. I ____ (work). A: Oh ...

Pembahasan Soal:

Simple Present Tense digunakan untuk kalimat fakta dan menjelaskan suatu kejadian yang dilakukan sehari-hari atau berulang-ulang, baik setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, dan seterusnya. Rumusnya adalah sebagai berikut:

(+) S + V1 (s/es)

(-) S + do not/does not + V1

(?) Do/Does + S + V1 ?

Penambahan "s/es" pada V1 diberikan jika subjek kalimat tersebut subjek tunggal (singular). Kata "do" digunakan untuk subjek jamak (plural) dan "does" untuk subjek tunggal (singular).

Present Continuous Tense digunakan untuk menyatakan suatu kejadian yang sedang terjadi sekarang atau sedang dalam proses. Tenses ini dapat juga digunakan untuk menyatakan rencana yang sudah pasti. Rumusnya adalah sebagai berikut:

(+) S + to be + V-ing

(-) S + to be + not + V-ing

(?) To be + S + V-ing ?

To be yang digunakan adalah "is" (untuk he/she/it), "am" (untuk I), dan "are" (untuk you/they/we).

Jawaban bagian rumpang A pertama yang benar adalah "do not understand" karena merupakan kalimat fakta. Jadi, jawaban yang benar adalah "I do not understand it".

Jawaban bagian rumpang B yang benar adalah "am working" karena merupakan kejadian yang sedang terjadi sekarang. Jadi, jawaban yang benar adalah "I am working".

Jawaban bagian rumpang A kedua yang benar adalah "never help" karena merupakan kalimat fakta. Jadi, jawaban yang benar adalah "You never help me".

0

Roboguru

Fill in the blanks with the correct form of the verbs, weather it is Simple Present Tense or Present Continuous Tense. Basic verbs are given in the bracket. Look at Andrew! He ____ (to shave) at the...

Pembahasan Soal:

Instruksi pertanyaan di atas meminta kita menuliskan kata di dalam kurung dengan bentuk yang tepat, baik dalam kalimat Simple Present Tense maupun Present Continuous Tense. Sebelum menemukan jawaban yang tepat akan dibahas terlebih dahulu kedua tenses tersebut dengan singkat.

Simple Present Tense adalah bentuk kalimat dengan predikat atau kata kerja berbentuk dasar (V1). Fungsi Simple Present Tense adalah untuk menyatakan sebuah informasi faktual atau kebiasaan. Kalimat ini ditandai dengan keterangan waktu, misalnya "every", atau keterangan pengulangan seperti "sometimes" dan "always".

Present Continuous Tense berfungsi untuk menceritakan sebuah kejadian atau kegiatan yang dilakukan atau sedang berlangsung sampai sekarang. Present Continuous Tense juga dipakai untuk menceritakan sebuah kejadian atau kegiatan yang akan dilakukan dalam waktu dekat atau sudah terencana dengan pasti. Keterangan waktu yang digunakan bisa berbentuk "now", "at the moment", dll.

Pada kalimat soal kita menemukan keterangan waktu"at the moment" sebagai petunjuk penggunaan Present Continuous Tense. Formula penulisan kalimat Present Continuous Tense adalah S + to be + V-ing + O. Subjek pada kalimat tersebut adalah "he". Bentuk orang ketiga tunggal ini memiliki to be berbentuk "is". Dengan demikian, kita bisa melengkapi kalimat soal tersebut menjadi "He is shaving at the moment."

Jadi, jawaban yang tepat adalah "is shaving"

0

Roboguru

Change the verb in brackets into the correct Simple Present Tense or Present Continuous Tense form! Citra (send) ____ her aunt some oranges.

Pembahasan Soal:

Perintah soal meminta kita untuk mengubah verb di dalam tanda kurung menjadi verb dalam bentuk Simple Present Tense atau Present Continuous Tense yang tepat.

Simple Present Tense digunakan untuk mengungkapkan situasi yang masih atau selalu aktual kebenarannya. Sementara itu, Present Continuous Tense digunakan untuk mengungkapkan peristiwa yang sedang terjadi saat kalimat diucapkan.

Kalimat rumpang "Citra (send) ____ her aunt some oranges" dapat mengungkapkan sebuah situasi yang masih atau selalu aktual kebenarannya (Citra dengan rutin mengirimkan jeruk kepada bibinya) dan juga dapat mengungkapkan peristiwa yang sedang terjadi saat kalimat diucapkan (Citra sedang mengirimkan jeruk kepada bibinya). Jadi, kalimat rumpang ini dapat diubah baik ke dalam bentuk Simple Present Tense maupun Present Continuous Tense.

Kalimat positif dalam Simple Present Tense berpola dasar S + V1(-s/-es), dan untuk mengisi bagian rumpang dalam "Citra (send) ____ her aunt some oranges," kita harus mencek apakah subyek kalimatnya termasuk dalam kategori he, she, it atau tidak. "Citra" termasuk dalam kategori she. Jadi, kita perlu menambahkan akhiran -s/-es pada verb "help." Jadi, dalam bentuk Simple Present Tense, kita mendapatkan "Citra sends her aunt some oranges."

Sementara itu, kalimat positif dalam Present Continuous Tense berpola dasar S + be + V-ing. Karena subyek kalimat "Citra" termasuk dalam kategori she, kita harus menggunakan "is" sehingga kalimatnya menjadi "Citra is sending her aunt some oranges."

Jadi, bagian rumpang pada soal di atas dapat diisi dengan dua macam jawaban, yaitu "sends" atau "is sending."

0

Roboguru

Change the verb in brackets into the correct Simple Present Tense or Present Continuous Tense form! Belva and Roni (sing) ____ the songs together.

Pembahasan Soal:

Perintah soal meminta kita untuk mengubah verb di dalam tanda kurung menjadi verb dalam bentuk Simple Present Tense atau Present Continuous Tense yang tepat.

Simple Present Tense digunakan untuk mengungkapkan situasi yang masih atau selalu aktual kebenarannya. Sementara itu, Present Continuous Tense digunakan untuk mengungkapkan peristiwa yang sedang terjadi saat kalimat diucapkan.

Kalimat rumpang "Belva and Roni (sing) ____ the songs together" dapat mengungkapkan sebuah situasi yang masih atau selalu aktual kebenarannya (Belva dan Roni secara rutin menyanyikan lagu-lagu itu bersama-sama) dan juga dapat mengungkapkan peristiwa yang sedang terjadi saat kalimat diucapkan (Belva dan Roni sedang menyanyikan lagu-lagu itu bersama-sama). Jadi, kalimat rumpang ini dapat diubah baik ke dalam bentuk Simple Present Tense maupun Present Continuous Tense.

Kalimat positif dalam Simple Present Tense berpola dasar S + V1(-s/-es), dan untuk mengisi bagian rumpang dalam "Belva and Roni (sing) ____ the songs together," kita harus mencek apakah subyek kalimatnya termasuk dalam kategori he, she, it atau tidak. "Belva and Roni" tidak termasuk dalam kategori he, she, it. Jadi, kita tidak perlu menambahkan akhiran -s/-es pada verb "sing." Jadi, dalam bentuk Simple Present Tense, kita mendapatkan "Belva and Roni sing the songs together."

Sementara itu, kalimat positif dalam Present Continuous Tense berpola dasar S + be + V-ing. Karena subyek kalimat "Belva and Roni" termasuk dalam kategori they, kita harus menggunakan "are" sehingga kalimatnya menjadi "Belva and Roni are singing the songs together."

Jadi, bagian rumpang pada soal di atas dapat diisi dengan dua macam jawaban, yaitu "sing" atau "are singing."

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved