Roboguru

Cermatilah kutipan novel berikut!        Matahari tengah bergembira siang itu. Lewat tengah hari menjelang sore begini, teriknya memancar riang ke seluruh penjuru kota. Mengeringkan jemuran, membakar jalanan, menyengat kulit penghuni Jakarta yang hilir mudik di bawahnya.      Matahari tidak pernah pandang bulu, mengistimewakan satu dari yang lainnya. Ia yang begitu tua mencurahkan cahayanya dengan adil. Termasuk ke dua ruangan sempit di kolong salah satu jalan tol di belantara Jakarta Utara. Tempat yang dituju jasmine.  Dikutip dari: Amalia Suryani dan Andryan Suhardi, 100 Jam, Jakarta, Gamedia Pustaka Utama, 2007  Gaya bahasa yang terdapat pada kutipan novel tersebut adalah ....

Pertanyaan

Cermatilah kutipan novel berikut! 
 

    Matahari tengah bergembira siang itu. Lewat tengah hari menjelang sore begini, teriknya memancar riang ke seluruh penjuru kota. Mengeringkan jemuran, membakar jalanan, menyengat kulit penghuni Jakarta yang hilir mudik di bawahnya. 
    Matahari tidak pernah pandang bulu, mengistimewakan satu dari yang lainnya. Ia yang begitu tua mencurahkan cahayanya dengan adil. Termasuk ke dua ruangan sempit di kolong salah satu jalan tol di belantara Jakarta Utara. Tempat yang dituju jasmine. 

Dikutip dari: Amalia Suryani dan Andryan Suhardi, 100 Jam, Jakarta, Gamedia Pustaka Utama, 2007 


Gaya bahasa yang terdapat pada kutipan novel tersebut adalah .... space 

  1. ironi space

  2. hiperbola space

  3. metafora space

  4. sarkasme space

  5. personifikasi 

Pembahasan:

Pembahasan 

Gaya bahasa adalah alat atau sarana yan digunakan pengarang untuk mencapai keindahan dalam karya sastra termasuk novel. Beberapa macam gaya bahasa :
Ironi adalah gaya bahasa yang berupa sindiran halus, berupa pemyataan yang maknanya bertentangan dengan makna sebenarnya. Contoh: Anda datang ketika rapat sudah akan berakhir. Jadi silakan tutup pintunya dari luar.
Hiperbola adalah gaya bahasa yang·mengandung pernyataan berlebihan dari kenyataan. Contoh: Kemarahanku sudah di ujung tanduk dan bisa meledak sekarang juga.
Metafora adalah gaya· bahasa yang membandingkan secara implisit yang tersusun singkat, padat, dan rapi. Contoh: Roni menjadi tulang punggung keluarga.
Sarkasme adalah suatu acuan yang lebih kasar dari ironi yang mengandung kepahitan dan celaan getir. Contoh: Mulutmu berbisa bagai mulut ular kobra.  
Personifikasi adalah gaya bahasa kiasan yang menggambarkan benda-benda mati atau barang-barang yang tidak bemyawa seolah-olah memiliki sifat kemanusiaan. Contoh: Angin malam membelai kulitnya seolah0olah berkata hari sudah larut.

Gaya bahasa pada kutipan novel adalah : Personifikasi
Bukti :  Matahari tengah bergembira siang itu,  teriknya memancar riang ke seluruh penjuru kota, Ia yang begitu tua mencurahkan cahayanya dengan adil

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Z. Silvia

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 05 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Apa yang dimaksud dengan gaya bahasa hiperbola?

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved