Pertanyaan

Bacalah teks prosedur berikut ini


Minum banyak air adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk tetap sehat. Air mampu mendorong keluar racun dari tubuh, mengurangi radikal bebas yang berbahaya bagi kesehatan, dan juga memberi Anda lebih banyak energi. Namun, mungkin Anda merasa sulit untuk menelan dua liter air setiap hari dengan mudah. Terlalu banyak minum cenderung akan membuat air putih menjadi membosankan sehingga membuat Anda kesulitan untuk menelannya.

Jadi, untuk membantu Anda, berikut beberapa cara mudah dan sehat untuk minum air putih.

  1. Segelas Air Putih pada Pagi Hari
    Segera setelah Anda bangun tidur, minumlah segelas air putih. lni adalah cara terbaik untuk meningkatkan gerakan usus, mengeluarkan racun dari tubuh, dan meningkatkan kemungkinan terhindar dari penyakit. Anda bisa meminum jus, susu, atau teh setelah beberapa waktu.
  2. Bawa Air ketika Bepergian
    Pastikan Anda membawa sebotol air ketika bepergian. lngatlah selalu bahwa Anda harus minum air untuk kesehatan Anda. Selain menjaga Anda tetap terhidrasi, meminum air akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.
  3. Minum saat Berolahraga
    Salah satu waktu terbaik untuk minum air adalah saat kita berolahraga. Selingi olahraga Anda dengan istirahat kecil dan minum sedikit air. Hal ini dapat mempercepat latihan Anda dan juga agar tetap terhidrasi.
  4. Campurkan Air Putih
    Jika Anda terlalu bosan minum air putih sejak pagi, Anda bisa mencampurkannya dengan beberapa bahan campuran yang lezat, seperti lemon atau madu. lni adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan asupan air dengan cara yang sehat.
  5. Cairan Lain
    Air kelapa merupakan salah satu minuman terbaik yang membuat Anda tetap terhidrasi, menyediakan jumlah air yang diperlukan tubuh, dan membantu dalam penurunan berat badan. Jika Anda bosan minum air putih, minumlah air kelapa sebagai penggantinya.
  6. Minum Air Sebelum Makan
    Jika Anda sedang melakukan diet, Anda dapat mengonsumsi segelas air 10 atau 15 menit sebelum makan. Hal ini selain untuk mencegah retensi air, juga membuat Anda merasa lebih kenyang. Dengan demikian, Anda akan makan lebih sedikit.

Itulah beberapa cara sehat untuk minum lebih banyak air secara teratur. Penuhi kebutuhan air putih Anda untuk hidup sehat yang akan Anda rasakan manfaatnya di kemudian hari.space 

Sumber: https://www.teruskan.com, dengan pengubahanspace 

Cermatilah kutipan berikut! Pastikan Anda membawa sebotol air ketika bepergian. lngatlah selalu bahwa Anda harus minum air untuk kesehatan Anda. Selain menjaga Anda tetap terhidrasi, meminum air akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Jumlah kata kerja imperatif pada kutipan teks prosedur tersebut adalah....

Cermatilah kutipan berikut!

Pastikan Anda membawa sebotol air ketika bepergian. lngatlah selalu bahwa Anda harus minum air untuk kesehatan Anda. Selain menjaga Anda tetap terhidrasi, meminum air akan meningkatkan metabolisme tubuh Anda.

Jumlah kata kerja imperatif pada kutipan teks prosedur tersebut adalah....space 

  1. 1 buahspace 

  2. 2 buahspace 

  3. 3 buahspace 

  4. 4 buahspace 

  5. 5 buahspace 

N. Novitasari

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Pakuan

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan B.

jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

Pembahasan

Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur adalah sebagai berikut: Banyak menggunakan kata kerja perintah (imperatif) . Kata kerja imperatif dibentuk oleh akhiran -kan, -i , dan partikel -lah . Contoh: hindari, ceritakan(lah), jadilah, tunjukkan(lah), gunakan (lah) Menggunakan verba material dan verba tingkah laku . Verba material adalah kata kerja yang menunjukkan adanya tindakan fisik yang bisa dilihat secara nyata. Verba tingkah laku merupakan kata kerja yang mengacu pada adanya tindakan yang dilakukan dengan ungkapan. Maksud dari tindakan dengan ungkapan ini adalah sesuatu yang sulit dilihat secara langsung atau secara fisik. Contoh: mengiris (verba material), memahami (verba tingkah laku) Menggunakan kata penghubung (konjungsi) yang bermakna penambahan untuk mengurutkan kegiatan secara kronologis . Contoh: selain itu, kemudian, selanjutnya, berikutnya, oleh karena itu, lalu, setelah itu, di samping itu Menggunakan kata keterangan (adverbial untuk menyatakan rincian waktu, tempat,·dan cara yang akurat. Contoh: dengan, secara Menggunakan istilah atau kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahas . Contoh: kualifikasi, kandidat, skala Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaanalat, terdapat penggunaan gambaran rinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna . Contoh: 5 cm, 1 sdm , 9 menit, 3 kg Jumlah kata kerja imperatif pada kutipan teks prosedur tersebut adalah 2 buah , yaitu pasti kan dan ingat lah, karena mengandung perintah dan memiliki akhiran -kan dan -lah . Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.

Kaidah kebahasaan dalam teks prosedur adalah sebagai berikut:

  1. Banyak menggunakan kata kerja perintah (imperatif). Kata kerja imperatif dibentuk oleh akhiran -kan, -i, dan partikel -lah.
    Contoh: hindari, ceritakan(lah), jadilah, tunjukkan(lah), gunakan (lah)
  2. Menggunakan verba material dan verba tingkah laku. Verba material adalah kata kerja yang menunjukkan adanya tindakan fisik yang bisa dilihat secara nyata. Verba tingkah laku merupakan kata kerja yang mengacu pada adanya tindakan yang dilakukan dengan ungkapan. Maksud dari tindakan dengan ungkapan ini adalah sesuatu yang sulit dilihat secara langsung atau secara fisik.
    Contoh: mengiris (verba material), memahami (verba tingkah laku)
  3. Menggunakan kata penghubung (konjungsi) yang bermakna penambahan untuk mengurutkan kegiatan secara kronologis.
    Contoh: selain itu, kemudian, selanjutnya, berikutnya, oleh karena itu, lalu, setelah itu, di samping itu
  4. Menggunakan kata keterangan (adverbial untuk menyatakan rincian waktu, tempat,·dan cara yang akurat.
    Contoh: dengan, secara
  5. Menggunakan istilah atau kata-kata teknis yang berkaitan dengan topik yang dibahas.
    Contoh: kualifikasi, kandidat, skala
  6. Apabila prosedur itu berupa resep dan petunjuk penggunaan alat, terdapat penggunaan gambaran rinci tentang benda dan alat yang dipakai, termasuk ukuran, jumlah, dan warna.
    Contoh: 5 cm, 1 sdm , 9 menit, 3 kg

Jumlah kata kerja imperatif pada kutipan teks prosedur tersebut adalah 2 buah, yaitu pastikan dan ingatlah, karena mengandung perintah dan memiliki akhiran -kan dan -lah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan B.space 

126

0.0 (0 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan kutipan teks prosedur berikut! Makin dewasa seseorang, kemungkinan untuk terkena depresi akan makin besar. Hal tersebut dipicu oleh banyaknya masalah yang dihadapi orang tersebut. Masal...

737

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia