RoboguruRoboguru
SD

Cermatilah kalimat berikut! Yang paling aku benci ketika naik Garuda adalah kalau kebetulan di dekat jendela sebelahku duduk seorang lelaki tua, sendirian saja, yang begitu duduk langsung ngorok. Kalimat tersebut menggunakan majas ….

Pertanyaan

Bacalah teks cerpen ini dengan saksama untuk menjawab soal nomor 15 s.d. 17!


Yang paling aku nikmati ketika naik Garuda adalah membayangkan diriku sebagai dewa yang ke mana-mana berkendaraan burung perkasa itu. Tapi ada hal lain, yang paling aku khawatirkan adalah kalau di ketinggian sekian puluh kilometer mendadak mesinnya mati dan kami rame-rame nyangsang di hutan atau nyemplung di laut. 

Jadi, supaya merasa tenang, begitu menginjak anak tangga paling bawah aku buru-buru berdoa seingatku saja mengikhlaskan seluruhnya: tubuh, nyawa, dan kenangan yang ada dalam benakku.

Yang paling aku benci ketika naik Garuda adalah kalau kebetulan di dekat jendela sebelahku duduk seorang lelaki tua, sendirian saja, yang begitu duduk langsung ngorok. Tawaran permen, minuman, dan roti oleh pramugari (yang susah-susah kerja melalui seleksi) sama sekali tak dipedulikannya. Mungkin tak dirasakannya juga ketika Garudaku menembus cuaca buruk atau disedot udara kosong. Mungkin ia juga tidak berdoa ketika penumpang lain ndremimil setelah mengeluarkan kitab saku yang isinya doa.

Dan yang bikin aku kapok adalah ketika lelaki tua di sampingku itu tidak lagi terdengar ngorok, dan ketika Garudaku sudah mendarat dan ketika kami berebut bangkit mengambil barang bawaan ia tetap tak beranjak dari tempat duduknya. Tampaknya ia sudah bebas dari ikatan dunia, tak mempedulikan kami lagi. Sejak itu aku benar-benar kapok naik Garuda. "Tapi Bapak mau naik apa hayo?" tanya orang kantor yang suka membelikan tiket.space  


Naik Garuda, Sapardi Djoko Damono

Cermatilah kalimat berikut!


Yang paling aku benci ketika naik Garuda adalah kalau kebetulan di dekat jendela sebelahku duduk seorang lelaki tua, sendirian saja, yang begitu duduk langsung ngorok.


Kalimat tersebut menggunakan majas ….space  
 

  1. personifikasispace  

  2. metaforaspace  

  3. metonimiaspace  

  4. alegorispace  

  5. hiperbolaspace  

A. Rizky

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Indonesia

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan C.space  

Pembahasan

Cerpen adalah karya sastra fiksi yang menceritakan suatu peristiwa cenderung singkat dan padat serta memiliki kesan tertentu dan memungkinkan pembaca untuk menyelesaikan bacaannya dalam sekali duduk.

Unsur intrinsik adalah unsur-unsur yang terdapat dalam cerita dan memengaruhi isi cerita. Salah satu unsur instrinsik cerpen adalah gaya bahasa atau majas, yaitu bahasa kias yang dipergunakan untuk menciptakan kesan tertentu bagi penyimak atau pembacanya. 

Salah satu jenis majas perbandingan adalah majas metonimia. Majas ini menyatakan suatu hal dengan dengan memakai kata lain yang punya keterkaitan (misalnya sebuah merek dagang).

Kata Garuda pada kalimat tersebut merupakan salah satu merek dagang maskapai penerbangan Indonesia.


Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space  

950

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Nek Yam berharap sekali dapat merengkuh mimpi indah itu. Ingin kakinya terjejak di tanah Jakarta meski cuma sekali selama masa hayatnya. Saying, niat itu tak pernah terwujud. Apalagi kini kondisinya s...

909

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia