Roboguru

Cermatilah ilustrasi berikut! (1) Peristiwa yang ...

Cermatilah ilustrasi berikut!

(1) Peristiwa yang terjadi                              : kebakaran yang melalap ratusan rumah

(2) Orang yang mengalami peristiwa              : warga RW 08 Cipinang Besar Selatan

(3) Tempat terjadinya peristiwa                      : RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta timur.

(4) Waktu peristiwa terjadi                            : Senin, 31 Oktober 2011, pukul 22.00 WIB

(5) Penyebab peristiwa terjadi                       : diduga dari ulah warga yang membakar sampah

(6) Proses terjadi                                         : Api kemudian merembet ke rumah kosong yang berada disebelahnya, kemudian membesar dan membakar ratusan rumah lainnya yang terbuat dari papan dan triplek.

Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tesebut adalah ....

  1. Kebakaran yang melalap puluhan toko di RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta timur diduga karena warga yang membakar sampah. Api kemudian merembet ke rumah kosong yang berada di sebelahnya. Api berhasil dipadamkan dengan 13 unit mobil Pemadam Kebakaran.

  2. Kebakaran yang melalap ratusan pertokoan di RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta timur diduga karena warga yang membakar sampah. Api kemudian merembet ke rumah kosong yang berada di sebelahnya, kemudian membesar dan membakar puluhan toko lainnya yang terbuat dari papan dan triplek.

  3. Kebakaran yang melalap sebuah rumah di RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta timur diduga karena warga yang membakar kembang api. Tragedi itu terjadi pada Senin (31/10/2011) malam, tidak ada korban jiwa. Api berhadil dipadamkan dengan 13 unit mobil Pemadam Kebakaran.

  4. Kebakaran yang melalap ratusan rumah di RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta timur diduga karena warga yang membakar sampah. Api kemudian merembet ke rumah kosong yang berada di sebelahnya. Tragedy itu terjadi pada Senin (31/10/2011) malam, tidak ada korban jiwa. Api berhasil dipadamkan dengan 13 unit mobil Pemadam Kebakaran.

  5. Kebakaran yang melalap puluhan toko di RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta timur diduga karena warga yang membakar sampah. Api kemudian merembet ke rumah kosong yang berada di sebelahnya. Api berhasil dipadamkan dengan 13 unit mobil Pemadam Kebakaran.

  6. Kebakaran yang melalap ratusan pertokoan di RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta timur diduga karena warga yang membakar sampah. Api kemudian merembet ke rumah kosong yang berada di sebelahnya, kemudian membesar dan membakar puluhan toko lainnya yang terbuat dari papan dan triplek.

  7. Kebakaran yang melalap sebuah rumah di RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta timur diduga karena warga yang membakar kembang api. Tragedi itu terjadi pada Senin (31/10/2011) malam, tidak ada korban jiwa. Api berhadil dipadamkan dengan 13 unit mobil Pemadam Kebakaran.

  8. Kebakaran yang melalap ratusan rumah di RW 08 Cipinang Besar Selatan, Jatinegara, Jakarta timur diduga karena warga yang membakar sampah. Api kemudian merembet ke rumah kosong yang berada di sebelahnya. Tragedy itu terjadi pada Senin (31/10/2011) malam, tidak ada korban jiwa. Api berhasil dipadamkan dengan 13 unit mobil Pemadam Kebakaran.

Jawaban:

Teks berita yang sesuai dengan ilustrasi tersebut adalah (B) Peristiwa tergelincirnya pesawat kembali terjadi di Bandara Adi Sutjipto. Kali ini menimpa Sarijaya Air yang membawa 131 penumpang dan awak pesawat. Peristiwa tersebut terjadi Rabu, 28 Desember 2011 sekitar pukul 17.15. Peristiwa itu terjadi karena cuaca buruk. Teks berita tersebut sudah sesuai dengan ilustrasi.

Pilihan jawaban (A), (C), dan (D) kurang tepat karena ketiganya terdapat kalimat pesawat berhenti di lapangan rumput sekitar 200 meter dari ujung landasan. Kalimat tersebut tidak terdapat pada ilustrasi. Jadi, jawaban (A), (C), dan (D) salah dan jawaban yang tepat adalah (B).

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved