Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati tabel berikut! Dari tabel tampak bahwa konsentrasi kedua zat saat di vena renalis lebih rendah dibandingkan saat kedua zat berada di arteri renalis. Pada tabeltampak konsentrasi glukosa lebih tinggi daripada urea, tetapi mengapa seseorang yang sehat di dalam urinenya tidak mengandung glukosa tetapi mengandung urea?

Cermati tabel berikut!

Dari tabel tampak bahwa konsentrasi kedua zat saat di vena renalis lebih rendah dibandingkan saat kedua zat berada di arteri renalis. Pada tabel tampak konsentrasi glukosa lebih tinggi daripada urea, tetapi mengapa seseorang yang sehat di dalam urinenya tidak mengandung glukosa tetapi mengandung urea? 

Iklan

T. TA.KakRivani

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Pembahasan
lock

Vena Renalis membawa darah dari ginjal. Darah yang terbawa telah selesai melakukan filtrasi di dalam Glomerulus. Pada tabel, kadar gula yang terbawa kembali diVena Renalis tetaptinggi menunjukkan bahwa ginjal berhasil memfiltrasi glukosa dalam darah sehingga tidak kehilangan glukosa ke urine. Sedangkan kadar urea hanya sekitar 50% yang terfilrasi, seharusnya seluruh urea terfiltrasi masuk ke dalam urine dan tidak kembali ke darahkarena urea merupakan zat sisa metabolisme yang harus dibuang oleh tubuh melalui proses pembentukan urine didalam ginjal.

Vena Renalis membawa darah dari ginjal. Darah yang terbawa telah selesai melakukan filtrasi di dalam Glomerulus. Pada tabel, kadar gula yang terbawa kembali di Vena Renalis tetap tinggi menunjukkan bahwa ginjal berhasil memfiltrasi glukosa dalam darah sehingga tidak kehilangan glukosa ke urine. Sedangkan kadar urea hanya sekitar 50% yang terfilrasi, seharusnya seluruh urea terfiltrasi masuk ke dalam urine dan tidak kembali ke darah karena urea merupakan zat sisa metabolisme yang harus dibuang oleh tubuh melalui proses pembentukan urine didalam ginjal.

Latihan Bab

Apa itu Ekskresi?

Ekskresi pada Ginjal

Ekskresi pada Hati

Ekskresi pada Kulit

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

430

Mujahid

Bantu banget Makasih ❤️

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Sering mengonsumsi makanan cepat saji merupakan kebiasaan buruk yang dapat mengakibatkan gangguan pada organ ekskresi. Benarkah pernyataan tersebut? Jelaskan!

249

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2023 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia