Roboguru

Cermati kutipan teks cerita sejarah berikut!     Mataram lagi dirundung duka yang amat mendalam dengan kepergian Ki Ageng Mataram. Rakyat Mataram serasa tak bisa menyadari ditinggal pemimpin mereka selama-lamanya. Masih terbayang, di benak mereka kebaikan hati, ketegasan, dan kewibawaan Ki Ageng Mataram amat mereka cintai. Kini tubuh lelaki tua itu yang senantiasa berusaha menyejahterakan rakyat Mataram, teguh mendukung dan menghamparkan kesetiaannya kepada Sultan Hadiwijaya itu, membujur kaku. Berduyun-duyun rakyat Mataram mengiring kepergian petinggi mereka dengan dukacita dan bershaf-shaf mereka memenuhi masjid untuk turut menyalatkan serta menguburkan. Jasad Ki Ageng Mataram pun disemayamkan di barat masjid.     Rakyat Mataram masih berduka meski jasad Ki Ageng Mataram telah bersatu dengan tanah, asal penciptaannya. Selaku petinggi baru, Danang Sutawijaya berusaha mengusir kedukaan itu dan menatap masa depan untuk menata Mataram, melanjutkan usaha keras yang jelah dirintis ayahandanya. (Dikutip dari: Gamal Komandoko, Panembahan Senopati: Geger Ramalan Sunan Giri, Yogyakarta, Diva Press, 2009) Jelaskan watak tokoh Ki Ageng Mataram dalam kutipan teks cerita sejarah tersebut!

Pertanyaan

Cermati kutipan teks cerita sejarah berikut!


    Mataram lagi dirundung duka yang amat mendalam dengan kepergian Ki Ageng Mataram. Rakyat Mataram serasa tak bisa menyadari ditinggal pemimpin mereka selama-lamanya. Masih terbayang, di benak mereka kebaikan hati, ketegasan, dan kewibawaan Ki Ageng Mataram amat mereka cintai. Kini tubuh lelaki tua itu yang senantiasa berusaha menyejahterakan rakyat Mataram, teguh mendukung dan menghamparkan kesetiaannya kepada Sultan Hadiwijaya itu, membujur kaku. Berduyun-duyun rakyat Mataram mengiring kepergian petinggi mereka dengan dukacita dan bershaf-shaf mereka memenuhi masjid untuk turut menyalatkan serta menguburkan. Jasad Ki Ageng Mataram pun disemayamkan di barat masjid.

    Rakyat Mataram masih berduka meski jasad Ki Ageng Mataram telah bersatu dengan tanah, asal penciptaannya. Selaku petinggi baru, Danang Sutawijaya berusaha mengusir kedukaan itu dan menatap masa depan untuk menata Mataram, melanjutkan usaha keras yang jelah dirintis ayahandanya.

(Dikutip dari: Gamal Komandoko, Panembahan Senopati: Geger Ramalan Sunan Giri, Yogyakarta, Diva Press, 2009)


Jelaskan watak tokoh Ki Ageng Mataram dalam kutipan teks cerita sejarah tersebut! space 

Pembahasan Video:

Pembahasan:

Teks cerita sejarah adalah teks yang di dalamnya menjelaskan atau menceritakan tentang fakta atau kejadian masa lalu yang menjadi asal muasal sesuatu yang memiliki nilai sejarah. Dalam teks cerita sejarah terdapat unsur intrinsik, salah satunya tokoh dan penokohan, yaitu pelaku dan watak yang dimiliki pelaku.

Watak tokoh Ki Ageng Mataram dalam kutipan teks cerita sejarah tersebut adalah sosok yang dicintai oleh rakyatnya. Semasa hidupnya, Ki Ageng sangat baik hati, tegas, dan punya wibawa. Hal itu dibuktikan pada kalimat ketiga pada paragraf pertama.undefined 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Cermati kutipan novel berikut!   Di luar keramaian pasar pagi, tepat di perempatan jalan, aku berpapasan dengan Pak Anwar, penjual kendi tanah liat, yang memiliki kios di seberang pasar ini. "Eh,...

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved