Iklan

Iklan

Pertanyaan

Cermati kutipan novel berikut! Sebagai pimpinan, baik Sayid maupun Syuhainie, tidak pernah menunjukkan lelaku mentang-mentang berkuasa. Mereka tidak sok berkuasa, yang harus dilayani dan didengarkan dengan patuh. Kalaupun mereka mengamuk atau marah-marah, tentulah demi kepentingan dan masa depan kami-anak-anak muda-yang sedang getol-getolnya belajar. Tak ada kesan menggurui. Tak ada mimik merasa paling bisa. Begitu akrab, begitu hangat. Laksana abang-adik saja. Pada akhirnya, setelah melebar ke mana-mana, Sayid mewariskan nasihat yang kelat kujadikan "azimat hati", tiga hal utama yang harus kulakukan sepanjang hayat" "memikirkan", "merasakan", dan "melakukan". dikutip dari: Khrisna Pabicha, Surat Dahlan, Jakarta, Noura Books, 2013 Amanat dalam kutipan novel tersebut adalah...

Cermati kutipan novel berikut!

Sebagai pimpinan, baik Sayid maupun Syuhainie, tidak pernah menunjukkan lelaku mentang-mentang berkuasa. Mereka tidak sok berkuasa, yang harus dilayani dan didengarkan dengan patuh. Kalaupun mereka mengamuk atau marah-marah, tentulah demi kepentingan dan masa depan kami-anak-anak muda-yang sedang getol-getolnya belajar. Tak ada kesan menggurui. Tak ada mimik merasa paling bisa. Begitu akrab, begitu hangat. Laksana abang-adik saja. Pada akhirnya, setelah melebar ke mana-mana, Sayid mewariskan nasihat yang kelat kujadikan "azimat hati", tiga hal utama yang harus kulakukan sepanjang hayat" "memikirkan", "merasakan", dan "melakukan".

dikutip dari: Khrisna Pabicha, Surat Dahlan, Jakarta, Noura Books, 2013

 

Amanat dalam kutipan novel tersebut adalah...

  1. Kita harus memberikan nasihat kepada siapa pun yang ingin mengubah hidupnya

  2. Kita harus menyayangi kawan-kawan di lingkungan kerja seperti keluarga

  3. Kita harus memberi ucapan selamat kepada teman yang berhasil menjadi wartawan

  4. Kita harus berkawan dengan siapa saja tanpa membedakan atasa dan bawahan

  5. Kita harus meminta smeua anak buah untuk patuh pda aturan yang dibuat.

Iklan

I. Amalia

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Kutipan novel tersebut membahas tentang seorang pimpinan yang tidak pernah merasa paling berkuasa atau paling bisa, mereka tetap terlihat akrab dengan pegawai-pegaiwainya tanpa meandang atasan dan bawahan. Berdasarkan hal tersebut, amanat yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D.

Kutipan novel tersebut membahas tentang seorang pimpinan yang tidak pernah merasa paling berkuasa atau paling bisa, mereka tetap terlihat akrab dengan pegawai-pegaiwainya tanpa meandang atasan dan bawahan. Berdasarkan hal tersebut, amanat yang tepat terdapat pada pilihan jawaban D.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

65

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Novi juga ikut menyibukkan diri di dapur, pekerjaan yang menyebabkan ia sesak nafas karena bahan bakar untuk memasak itu bukan gas, juga bukan minyak tanah, tetapi kayu. Asapnya mengakibatkan tenggoro...

35

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia