Pertanyaan

Cermati kutipan novel berikut! Di luar keramaian pasar pagi, tepat di perempatan jalan, aku berpapasan dengan Pak Anwar, penjual kendi tanah liat, yang memiliki kios di seberang pasar ini. "Eh, Mas Pratman, dari mana?" tegurnya ramah, seperti biasa. Namun, keramahan itu memudar ketika melihat wajahku yang gelisah. Keningnya langsung berkerut. "Kenapa, Mas? Kok kelihatannya sedang panik?" Aku menoleh ke belakang. Di antara tubuh orang-orang yang berseliweran di sana, sempat kulihat dua orang yang mengawasiku itu berjalan cepat ke arahku. Pak Anwar seperti tahu apa yang terjadi. "Ada apa ini? Apa Mas sedang...dikuntit seseorang?" Aku tak bisa mengelak, selain mengangguk. "Maaf aku harus pergi, Pak," ujarku cepat. "Larilah ke dalam kiosku! Lurus saja hingga ke pintu belakang! Pintu itu langsung tembus ke arah sungai," tukasnya serius, tapi tetap wajar menjaga gerak-gerik. Aku mengangguk dan segera berlari masuk ke dalam kios. Tak lagi aku menoleh ke belakang. Dua puluh langkah kemudian, di balik pintu belakang kios ini, aku sudahbisa memasuki kampung sebelah, di mana sungai panjang terlihat. (Dikutip dari: Yudhi Herwibowo, Sang Penggesek Biola:Sebuah Roman WageRudolf Supratman, Tangerang Selatan, Imania, 2018 ) Watak penolong tokoh Pak Anwar tampak dalam kutipan kalimat nomor ....

Cermati kutipan novel berikut!

 

  1. Di luar keramaian pasar pagi, tepat di perempatan jalan, aku berpapasan dengan Pak Anwar, penjual kendi tanah liat, yang memiliki kios di seberang pasar ini.
  2. "Eh, Mas Pratman, dari mana?" tegurnya ramah, seperti biasa. Namun, keramahan itu memudar ketika melihat wajahku yang gelisah. Keningnya langsung berkerut. "Kenapa, Mas? Kok kelihatannya sedang panik?"
  3. Aku menoleh ke belakang. Di antara tubuh orang-orang yang berseliweran di sana, sempat kulihat dua orang yang mengawasiku itu berjalan cepat ke arahku.
  4. Pak Anwar seperti tahu apa yang terjadi. "Ada apa ini? Apa Mas sedang... dikuntit seseorang?"
  5. Aku tak bisa mengelak, selain mengangguk. "Maaf aku harus pergi, Pak," ujarku cepat.
  6. "Larilah ke dalam kiosku! Lurus saja hingga ke pintu belakang! Pintu itu langsung tembus ke arah sungai," tukasnya serius, tapi tetap wajar menjaga gerak-gerik.
  7. Aku mengangguk dan segera berlari masuk ke dalam kios. Tak lagi aku menoleh ke belakang. Dua puluh langkah kemudian, di balik pintu belakang kios ini, aku sudah bisa memasuki kampung sebelah, di mana sungai panjang terlihat.

(Dikutip dari: Yudhi Herwibowo, Sang Penggesek Biola:Sebuah Roman Wage Rudolf Supratman, Tangerang Selatan, Imania, 2018)


Watak penolong tokoh Pak Anwar tampak dalam kutipan kalimat nomor ....space 

  1. 2space 

  2. 4space 

  3. 5space 

  4. 6space 

  5. 7space 

M. Ayu

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah pilihan D.

jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined

Pembahasan

Watak adalah sifat atau karakter tokoh. Watak penolong tokoh Pak Anwar tampak dalam kutipan kalimat nomor 6. Pak Anwar menolong Mas Pratman dari orang asing yang menguntitnya dengan menunjukkan jalan ke sungai melalui kiosnya. Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.

Watak adalah sifat atau karakter tokoh. Watak penolong tokoh Pak Anwar tampak dalam kutipan kalimat nomor 6. Pak Anwar menolong Mas Pratman dari orang asing yang menguntitnya dengan menunjukkan jalan ke sungai melalui kiosnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.undefined

585

5.0 (1 rating)

Iklan

Pertanyaan serupa

Cermati kutipan novel sejarah berikut! Langit di timur mulai merona ketika kami mendekati sasaran dari tiga jurusan. Aku, Jun, dan Kiram sudah memberi penjelasan yang terinci tentang keadaan kompl...

2rb+

3.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia