Roboguru

Ceritakan 1 bentuk perjuangan mempertahankan NKRI?

Pertanyaan

Ceritakan 1 bentuk perjuangan mempertahankan NKRI?

Pembahasan Soal:

Pertempuran Surabaya merupakan pertempuran tentara dan milisi pro-kemerdekaan Indonesia dan tentara Britania Raya dan India Britania, tanggal 25 Oktober 1945, tentara sekutu mendarat di Tanjung perak, Surabaya. tentara di bawah pimpinan Brigandir Jendral Mallaby, kedatangan tentara tersebut di ikuti oleh NICA ( Netherlands Indies Civil Administation ). Mula-mula NICA melancarkan hasutan sehingga menimbulkan kekacauan di Surabaya. Tanggal 28 Oktober hingga 31 Oktober 1945 terjadi pertempuran yang hebat. Tanggal 10 November 1945 pukul 06.00, sekutu menggempur Surabaya dari darat, laut maupun udara. Dibawah pimpinan Gubernur Suryo dan Sutomo rakyat Surabaya tak mau menyerahkan sejengkal tanah pun kepada sekutu. Dalam pertempuran yg dahsyat itu beribu ribu pejuang Indonesia gugur dalam pertempuran tersebut. Untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan tersebut, pada setiap tanggal 10 November pemerintah menetapkan sebagai Hari Pahlawan.

Dengan demikian, pertempuran Surabaya merupakan pertempuran tentara dan milisi pro-kemerdekaan Indonesia dan tentara Britania Raya dan India Britania. Puncaknya terjadi pada tanggal 10 November 1945. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. Usai pertempuran ini, dukungan rakyat Indonesia dan dunia internasional terhadap perjuangan kemerdekaan Indonesia semakin kuat, 10 November diperingati setiap tahun sebagai Hari Pahlawan di Indonesia.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Putri

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Lampung

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini termasuk peristiwa perlawanan rakyat secara fisik terhadap Belanda yang berusaha menjajah Indonesia kembali, kecuali....

Pembahasan Soal:

Setelah Jepang menyerah kepada Sekutu, seluruh negara jajahan Jepang di Asia Tenggara diambil alih oleh pasukan Sekutu yaitu AFNEI (Allied Forces Netherlands East Indies). Tugas AFNEI adalah menerima penyerahan kekuasaan dari tangan Jepang, membebaskan tentara Sekutu yang ditahan Jepang, melucuti serta mengumpulkan orang-orang Jepang untuk dipulangkan ke negerinya. Kedatangan tentara Sekutu ternyata juga disertai dengan kedatangan NICA (Netherland Indies Civil Administration) yang bertujuan ingin kembali menegakkan kekuasaan Belanda di Indonesia. Tentara AFNEI bersama NICA sampai ke Indonesia pertama kali pada tanggal 16 September 1945 di Tanjung Priok. Kemudian, Indonesia melakukan berbagai upaya untuk mempertahankan kemerdekaan. Secara umum ada dua bentuk strategi perjuangan untuk mempertahankan kemerdekaan dari ancaman Belanda, yaitu:

  1. Perjuangan bersenjata, perjuangan ini dilakukan secara fisik dengan kekuatan bersenjata . Contohnya adalah Pertempuran Medan Area, Pertempuran Ambaraawa, Pertempuran Surabaya, Peristiwa Merah Putih di Manado, Pertempuran di Bandung, Pertempuran Margarana, dan Perlawanan Rakyat di Makasar.
  2. Perjuangan melalui diplomasi, perjuangan ini dilakukan dengan perundingan untuk menyelesaikan masalah. Upaya dengan melakukan perundingan dianggap lebih efektif karena tidak memakan banyak korban jiwa. Contohnya adalah Perundingan Linggarjati, Perundingan Renville, Perjanjian Roem-Royen dan Konferensi Meja Bundar.

Berdasarkan penjelasan di atas, maka jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Pemimpin pasukan Inggris yang tewas dalam pertempuran Surabaya adalah...

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 25 Oktober 1945, Brigade 49 di bawah pimpinan Brigadier Jenderal A.W.S. Mallaby mendarat di Surabaya. Brigade ini adalah bagian dari Divisi India ke-23, di bawah pimpinan Jenderal D.C. Hawthorn. Mereka mendapat tugas dari panglima Allied forces for Netherlands East Indies (AFNEI) untuk melucuti serdadu Jepang dan menyelamatkan para interniran Sekutu. Kedatangan mereka diterima secara enggan oleh pemimpin pemerintah Jawa Timur, Gubernur Suryo. Namun pada perkembangan selanjutnya, ternyata pihak Inggris mengingkari janjinya.

Pada malam hari tanggal 26 Oktober 1945, peleton dari Field Security Section di bawah pimpinan Kapten Shaw, melakukan penyergapan ke penjara Kalisosok. Mereka akan membebaskan Kolonel Huiyer—seorang Kolonel Angkatan Laut Belanda—beserta kawan-kawannya. Tindakan Inggris dilanjutkan pada keesokan harinya dengan menduduki Pangkalan Udara Tanjung Perak, Kantor Pos Besar, Gedung Internatio, dan objek-objek vital lainnya. Pada tanggal 27 Oktober 1945, terjadi kontak senjata yang pertama antara pemuda Indonesia dengan pasukan Inggris. Kontak senjata itu meluas, sehingga terjadi pertempuran pada tanggal 28, 29, dan 30 Oktober 1945. Dalam pertempuran itu, pasukan Sekutu dapat dipukul mundur, bahkan hampir dapat dihancurkan oleh pasukan Indonesia. Beberapa objek vital yang telah dikuasai oleh pihak Inggris berhasil direbut kembali oleh rakyat. Melihat kenyataan seperti itu, komandan pasukan Sekutu menghubungi Presiden Sukarno untuk mendamaikan perselisihan antara para pejuang Indonesia dengan pasukan Sekutu (Inggris) di Surabaya.

Pada tanggal 30 Oktober 1945, Bung Karno, Bung Hatta, dan Amir Syarifuddin datang ke Surabaya untuk mendamaikan perselisihan itu. Perdamaian berhasil dicapai dan ditandatangani oleh kedua belah pihak. Salah satu kesepakatannya adalah untuk menjaga keamanan di Surabaya dan sekitarnya. Karena dirasa perlu terus dilakukan komunikasi antara kedua pihak, maka dibentuklah Kontak Biro yang anggotanya tokoh-tokoh dari Indonesia seperti Residen Sudirman, Dul Arnawa dan Sungkana, sedangkan dari pihak Inggris antara lain Mallaby dan Shaw. Namun, setelah Sukarno, Hatta, dan Amir Syarifuddin beserta Hawthorn kembali ke Jakarta, ternyata masih terjadi pertempuran di beberapa tempat.

Pada tanggal 30 Oktober 1945, dengan berkendaraan beberapa mobil, para anggota Kontak Biro berusaha menuju gedung Internatio yang masih terjadi kontak senjata. Pada saat itu, gedung ini diduduki oleh tentara Inggris. Arek-arek Surabaya mengepung gedung itu dan menuntut agar gedung itu dikosongkan. Kedatangan Kontak Biro yang di dalamnya ada Mallaby itu, membuat arek-arek Surabaya menuntut agar Mallaby dan tentara Inggris menyerah. Kebetulan hari itu sudah mulai gelap. Ketika itu rombongan Mallaby sedang berada di tempat perhentian trem listrik, yang terletak beberapa belas meter sebelah utara Jembatan Merah tiba-tiba terdengar ledakan, waktu itu kira-kira pukul 20.30. Ternyata mobil yang ditumpangi Mallby meledak dan ditemukan Mallaby sendiri tewas. Tewasnya Brigjen Mallaby ini memancing kemarahan pasukan Inggris. Pada tanggal 9 November 1945, Mayjen E.C. Mansergh, sebagai pengganti Mallby mengeluarkan ultimatum agar pihak Indonesia di Surabaya meletakkan senjata selambat-lambatnya jam 06.00 tanggal 10 November 1945.

Dengan demikian, pemimpin pasukan Inggris yang tewas dalam pertempuran Surabaya adalah Brigjen AWS Mallaby.

1

Roboguru

Jelaskan peristiwa pertempuran Surabaya!

Pembahasan Soal:

Pertempuran Surabaya merupakan pertempuran tentara dan milisi pro-kemerdekaan Indonesia dan tentara Britania Raya dan India Britania. Pertempuran ini adalah perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme. Pertempuran tersebut meletus seusai salah seorang komandan dari pasukan Britania, yakni A. W. S. Mallaby, tewas dalam peristiwa baku tembak. Didorong oleh rasa tak terima, pasukan Britania membalas melakukan serangan. Perang tersebut berlangsung selama 3 pekan 3 hari, dari tanggal 27 Oktober sampai dengan 20 November 1945.  Puncaknya perang terjadi pada tanggal 10 November 1945.

Dengan demikian, pertempuran Surabaya adalah pertempuran yang meletus seusai salah seorang komandan dari pasukan Britania, yakni A. W. S. Mallaby, tewas dalam peristiwa baku tembak. Didorong oleh rasa tak terima, pasukan Britania membalas melakukan serangan pada tanggal 10 November. Perang tersebut berlangsung selama 3 pekan 3 hari, dari tanggal 27 Oktober sampai dengan 20 November 1945.

0

Roboguru

Hotel yang digunakan pada saat perang di surabaya dinamakan hotel?

Pembahasan Soal:

Peristiwa perobekan bendera Belanda (Merah-Putih-Biru) menjadi bendera Indonesia (Merah-Putih) di Hotel Yamato Surabaya (sekarang Hotel Majapahit Surabaya) pada tanggal 18 September 1945 yang didahului oleh gagalnya perundingan antara Sudirman (residen Surabaya) dan Mr. W.V.Ch Ploegman untuk menurunkan bendera Belanda.


Dengan demikian nama hotel tersebut dalah Yamato yang sekarang bernama Hotel Majapahit.space space 

0

Roboguru

Insiden Bendera di Hotel Yamato, Surabaya disebabkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Insiden bendera di Surabaya adalah insiden yang terjadi pada tanggal 19 September 1945 di Hotel Yamato, Tunjungan, Surabaya. Kejadiaan ini diawali oleh beberapa orang Belanda yang mengibarkan bendera Belanda (berwarna merah putih biru) di atap Hotel Yamato ketika Indonesia telah memproklamasikan kemerdekaannya. Seharusnya yang berkibar adalah bendera Merah Putih Indonesia. Tindakan ini kemudian memicu amarah rakyat Surabaya. Rakyat kemudian menyerbu hotel, menurunkan bendera Belanda, dan merobek warna biru bendera itu untuk dikibarkan kembali, sehingga yang berkibar adalah bendera Indonesia (berwarna merah putih).
Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah A.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved