Roboguru

Cerita ulang biografi di atas apabila disusun menjadi urutan yang benar adalah …

Pertanyaan

Cerita ulang biografi di atas apabila disusun menjadi urutan yang benar adalah … 

  1. 1-2-3-4-5-6-7-8. undefined

  2. 8-7-6-4-5-3-2-1. undefined

  3. 1-2-6-7-3-4-8-5. undefined

  4. 6-7-8-1-2-3-4-5. undefined

  5. 1-2-4-3-6-5-8-7. 

Pembahasan Soal:

Biografi merupakan sebuah karya sastra yang diabadikan oleh penulis dan berisikan riwayat hidup seorang tokoh ternama.

Struktur teks biografi yaitu sebagai berikut:

  1. Orientasi atau setting (aim) berisi gambaran awal tentang tokoh atau pelaku di dalam teks biografi secara umum. Dengan kata lain, orientasi berisi informasi mengenai latar belakang kisah atau peristiwa yang akan diceritakan selanjutnya untuk membantu pendengar atau pembaca. Informasi yang dimaksud umumnya berkenaan dengan ihwal siapa, kapan, di mana, dan bagaimana.
  2. Kejadian atau peristiwa penting berisi rangkaian peristiwa yang disusun secara kronologis menurut urutan waktu, yang meliputi kejadian-kejadian utama yang dialami sang tokoh. Pada bagian ini juga diuraikan hal-hal yang menarik, mengesankan, mengagumkan, dan mengharukan yang dialami tokoh atau pelaku serta komentar-komentar pencerita pada beberapa bagiannya.
  3. Reorientasi berisi komentar evaluatif atau pernyataan simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya. Singkatnya, reorientasi berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi bersifat opsional, dalam arti boleh ada boleh juga tidak ada di dalam teks biografi.

Berdasarkan penjelasan di atas, susunan kalimat yang urut teks biografi di atas adalah:

  1. Prof. Dr. H. Jusuf Sjarif Badudu, yang lebih dikenal dengan nama Yus Badudu, dilahirkan pada tanggal 19 Maret 1926 di Gorontalo. (8)
  2. Ketika usianya menginjak 3 tahun,orangtuanya hijrah ke Poso, Sulawesi Tengah. (7)
  3. Di sanalah ia dibesarkan dan menamatkan sekolahnya.(6)
  4. Yus Badudu menjadi pengajar lebih dari 50 tahun, mulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi. (5)
  5. Pendidikan Sarjana ditempuhnya di Fakultas Sastra Universitas Padjadjaran di Bandung (1963), Postgraduate Study Linguistic di Leiden-Holland (1971–1973), dan memperoleh gelar doctor dalam ilmu-ilmu sastra dengan pengkhususan linguistik di Universitas Indonesia (1975). (4)
  6. Ia juga memberikan ceramah dan mengikuti seminar di dalam maupun di luar negeri. (3)
  7. Buku-buku yang ditulisnya kurang lebih 28 judul. (2)
  8. Diantaranya Pelik-pelik Bahasa Indonesia, Pembinaan Bahasa Indonesia di TVRI, Inilah Bahasa Indonesia yang Benar, Membina Bahasa Indonesia Baku, dan Kamus Umum Bahasa Indonesia yang disusunnya bersama Muhammad Zain. (1)

Jadi, jawaban yang benar adalah B. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

B. Sekar

Mahasiswa/Alumni Universitas Padjadjaran

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Urutan tepat kalimat-kalimat acak tersebut menjadi teks biografi runtut adalah ....

Pembahasan Soal:

   Teks biografi disebut juga dengan teks yang menuliskan kisah cerita seseorang yang memiliki nilai hidup yang patut diteladani. Umumnya hal yang ditonjolkan adalah kelebihan, kiprah, masalah dan bentuk pengorbanan besar mereka. Inti dari teks ini adalah memberi contoh baik kepada para pembaca. Teks ini ditulis oleh orang lain. Sedangkan biografi yang ditulis oleh diri sendiri, disebut dengan autobiografi.

    Susunan kalimat yang tepat pada teks biografi tersebut yaitu sebagai berikut.

5) Dalam peta kesusastraan Indonesia, Umar Kayam dikenal sebagai penulis prosa (cerpen dan novel) yang berhasil.
2) Meskipun tidak tergolong sebagai penulis yang produktif, ia dianggap telah melahirkan karya sastra (cerpen dan novel) yang berkualitas.
1) Dia baru mulai menulis karya sastra ketika mendapat kesempatan memperdalam ilmunya di Amerika.
3) Sebelumnya, sejak masih sebagai mahasiswa di Fakultas Sastra, Universitas Gadjah Mada, perhatiannya lebih difokuskan pada bidang seni lain, yaitu teater dan film.
4) Tahun 1954-1955 Umar Kayam dikenal sebagai aktivis Teater Fakultas Sastra, Pedagogik, dan Filsafat UGM.
6) Dia pernah menyutradarai lakon "Hanya Satu Kali” saduran Sitor Situmorang dan Robert Middelmans

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Variasi kalimat yang sesuai dengan kalimat nomor (4) tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Memvariasikan kalimat ialah mengubah kalimat yang sudah ada menjadi bentuk lain tanpa mengubah arti keaslian kalimatnya. Kalimat Namun, hanya beberapa bulan di ITB kemudian ia memutuskan untuk mengikuti jejak teman-temannya untuk bersekolah di Jerman dapat dibentuk menjadi dua kalimat baru yaitu Namun setelah kuliah beberapa bulan dan bergabung di dunia akademis. Habibie memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke Jerman seperti teman-temannya.

Jadi, jawaban yang tepat ialah pilihan D.space 

0

Roboguru

Bacalah teks biografi berikut!      Abdul Muis lahir pada tanggal 3 Juni 1886 di Solok, Sumatra Barat. Ayahnya bernama Datuk Tumeriggung Lareh, seorang tokoh masyarakat Sungai Puar. Setelah menyeles...

Pembahasan Soal:

Ringkasan harus mencakup pokok-pokok penting dalam teks dan seluruh kalimat utama dari setiap paragraf. Dalam sebuah paragraf harus berisikan pengenalan tokoh dari segi tempat tanggal lahir, latar belakang keluarga, dan pendidikan, berisikan peristiwa yang dialami tokoh dan keistimewaan tokoh yang dapat diteladani.

Ringkasan tepat untuk isi teks biografi tersebut adalah Abdul Muis lahir pada tanggal 3 Juni 1886 di Solok, Sumatra Barat. Dia anak dari Datuk Tumenggung Lareh. Dia menyelesaikan pendidikan di ELS, lalu melanjutkan ke sekolah kedokteran STOVIA, tetapi tidak selesai karena sakit. Abdul Muis berpindah-pindah kerja. la pernah bekerja sebagai klerk di Department van Onderwijs en Eredienst, Bank Rakyat, surat kabar Bintang Hindia, dan surat kabar de Prianger Bode. Setelah bosan berpindah-pindah pekerjaan ia mendirikan surat kabar Kaum Muda. Abdul Muis aktif berpolitik, yaitu sebagai anggota Sarikat Islam. Abdul Muis adalah tokoh pejuang yang sangat gigih dan pantang menyerah. la berjuang melalui surat kabar meski pernah dicekal Pemerintah Kolonial Hindia Belanda.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.undefined

0

Roboguru

Perhatikan kutipan biografi berikut! Asrul Sani adalah seorang sastrawan dan sutradara film ternama asal Indonesia. Ia lahir di Rao, Sumatra Barat, 10 Juni 1926 dan meninggal di Jakarta, 11 Januari ...

Pembahasan Soal:

Sebuah teks biografi dapat disajikan dengan bahasa yang berbeda. Dalam konteks biografi, penyajian teks dengan bahasa yang berbeda mempunyai maksud bahwa kita dapat menuliskan kembali sebuah teks biografi dengan menggunakan bahasa kita sendiri tanpa mengubah isi atau pokok-pokok informasi yang ada dalam teks biografi asli. Penyajian lain yang tepat sesuai dengan kutipan di atas terdapat pada pilihan jawaban A. Kutipan tersebut memuat informasi pokok pada kutipan yang terdapat dalam soal dengan menggunakan bahasa yang berbeda.

  • Pilihan B tidak tepat karena tidak terdapat informasi tentang latar belakang orang tua dari Asrul Sani.
  • Pilihan C tidak tepat karena tidak terdapat informasi tentang keterangan waktu meninggalnya Asrul Sani.
  • Pilihan D tidak tepat karena tidak terdapat informasi tentang keterangan waktu lahirnya Asrul sani.
  • Pilihan E tidak tepat karena tidak terdapat informasi tentang status Asrul Sani yang merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara.


Dengan demikian, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban A. undefined 

0

Roboguru

Perhatikan kutipan biografi berikut!   Taufiq Ismail mendapat gelar Datuk Panji Alam Khalifatullah, lahir di Bukittinggi, Sumatra Barat, 25 Juni 1935. Beliau adalah seorang penyair dan sastrawan Indo...

Pembahasan Soal:

Sebuah teks biografi dapat disajikan dengan bahasa yang berbeda. Dalam konteks biografi, menyajikan teks dengan bahasa yang berbeda mempunyai maksud bahwa kita dapat menuliskan kembali sebuah teks biografi dengan menggunakan bahasa kita sendiri tanpa mengubah isi atau pokok-pokok informasi yang ada dalam teks biografi asli. Penyajian lain yang tepat sesuai dengan kutipan di atas adalah Taufiq Ismail merupakan seorang penyair dan sastrawan yang lahir pada 25 Juni 1935 di Bukittinggi, Sumatra Barat dan mendapat gelar Datuk Panji Alam Khalifatullah. Ayahnya bernama A. Gaffar Ismail asal Banuhampu dan ibunya bernama Sitti Nur Muhammad Nur asal Pandai Sikek, Tanah Datar, Sumatra Barat. Ayah dari Taufik Ismail berprofesi sebagai seorang ulama dan pendiri PERMI. Masa SD Taufik Ismail dijalaninya di Kota Solo, Semarang, dan Yogyakarta, sedangkan SMP di Bukittinggi, dan SMA di Pekalongan. Kutipan tersebut memuat informasi pokok pada kutipan yang terdapat dalam soal dengan menggunakan bahasa yang berbeda.

  • Pilihan A tidak tepat karena terdapat informasi yang tidak sesuai dengan kutipan biografi.
  • Pilihan B tidak tepat karena terdapat informasi yang tidak sesuai dengan kutipan biografi dan bahasa yang digunakan tidak berbeda dari kutipan biografi.
  • Pilihan D tidak tepat karena terdapat informasi yang tidak sesuai dengan kutipan biografi.
  • Pilihan E tidak tepat karena tidak disajikan dengan bahasa yang berbeda dari kutipan biografi.


Dengan demikian, jawaban yang tepat terdapat pada pilihan jawaban C.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved